PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i3.235Keywords:
Penggunaan Teknologi Digital, Pembelajaran Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Media Pembelajaran, Keterlibatan Siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pesatnya perkembangan teknologi informasi yang digunakan dalam pemanfaatan secara utama dalam dunia pendidikan guna meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen semu, melibatkan dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi digital dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran umum. Data mengenai hasil belajar dikumpulkan melalui sesudah pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan yang penting antara kedua kelompok, di mana siswa yang mengikuti pembelajaran dengan bantuan teknologi digital menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan metode umum. Selain itu, penggunaan teknologi digital juga terbukti dapat meningkatkan pemahaman materi, motivasi belajar, dan keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penerapan teknologi digital dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa di tingkat sekolah menengah pertama.Penelitian ini meneliti penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VII, VIII, IX di sekolah SMP Perintis Bersama Sejahtera Medan Amplas sebanyak 43 siswa diambil dengan cara menghitung langsung yang terdiri dari 3 Ruangan.
Downloads
References
Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109–125. Https://Doi.Org/10.18860/Dsjpips.V1i2.1488
Anti, D. R., Andriani, S., & Budiman, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (Ioc) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Mts Mathla’ul Anwar Panjang. Journal Of Mathematics Education And Science, 5(2), 87–92. Https://Doi.Org/10.32665/James.V5i2.301
Dayeni, F., Irawati, S., & Yennita, Y. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35
Fakhrurrazi, Nurhafni, Ula, M., Setiawan, A. L., & Arpika, A. M. (2023). Pelatihan Dan Pengelolaan Teknologi Informasi Berkelanjutan Dalam Peningkatan Pengembangan Desa Digital Pada Bidang Pelayanan Publik Dan Kearsipan Di Gampong Reuleut Timur. Ajad : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 213–221. Https://Doi.Org/10.59431/Ajad.V3i3.196
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.
Julyanti, E. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 7–11. Https://Doi.Org/10.36987/Jpms.V7i1.1942
Kisno, K., Fatmawati, N., Rizqiyani, R., Kurniasih, S., & Ratnasari, E. M. (2023). Pemanfaatan Teknologi Artificial Intelligences (Ai) Sebagai Respon Positif Mahasiswa Piaud Dalam Kreativitas Pembelajaran Dan Transformasi Digital. Ijigaed: Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education, 4(1), 44–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32332/Ijigaed.V4i1.7878
Ma’arif, A. I., & Nursikin, M. (2024). Pendidikan Nilai Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 326–335. Https://Doi.Org/10.59698/Afeksi.V5i2.254
Mardinata, E., Cahyono, T. D., & Muhammad Rizqi, R. (2023). Transformasi Digital Desa Melalui Sistem Informasi Desa (Sid): Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Dan Kesejahteraan Masyarakat. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 73–81. Https://Doi.Org/10.38043/Parta.V4i1.4402
Maryam, S., & Fatmawati, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Iklan, Slogan, Poster Kelas Viii Smpn 2 Siak Kecil. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 1052–1062. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V10i1.3435
Musta’in, M. M. (2022). Ekonomi Kreatif Berbasis Digital Dan Kemandrian Masyarakat Era Society 5.0 Editor: Agung Anggoro Seto (Number March).
Nas, S. (2019). Pengaruh Adversity Quotient, Motivasi Belajar, Dan Persepsi Siswa Tentang Cara Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smpn Se-Kecamatan Wara Utara Kota Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30605/Pedagogy.V3i2.1191
Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jrpd (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207–213.
Prayuda, R. Z. (2022). Kepemimpinan Digital Kepala Sekolah Pada Era Digital : A Mini Review Article. International Journal Of Social, Policy And Law, 3(1), 13–18.
Prema Swandewi, N. P., Wisna Ariawan, I. P., & Gede Erni Sulindawati, N. L. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Instruksional, Literasi Digital, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sosial Teknologi, 4(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.59188/Jurnalsostech.V4i1.1094
Purba, N. A., Pane, E. P., Saragih, V. R., & Surbakti, R. (2023). Peningkatan Kemampuan Digitalisasi Guru Se-Kecamatan Jorlang Hataran Melalui Penguatan Literasi Teknologi Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Ikra-Ith Abdimas, 7(3), 59–66.
Putra, I. M. C. W., Astawan, I. G., & Antara, P. A. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis Pbl Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 10(1), 155–163. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V10i1.47031
Saefullah, A., Aisha, N., Lesmana, A. S., Holiza, N. E., & Ibad, K. (2023). Peran Orang Tua, Masyarakat Dan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sdn 03 Sukadana. Journal On Education, 5(4), 13057–13066. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i4.2305
Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412–6418. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3223
Setyorini, D., & Syahlani, A. (2019). Analisis Jalur (Path Analysis) Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 16(02), 177–193. Https://Doi.Org/10.36406/Jam.V16i02.241
Subagio, L., Karnasih, I., & Irvan, I. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Discovery-Learning Dan Problem-Based-Learning Berbantuan Geogebra. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 15–26. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33369/Jpmr.V6i2.15733
Wulandari, W., & Sakti, H. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 70–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jtp.V4i1.2260
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten