KEGIATAN “FESTIVAL ANAK NEGERI” SEBAGAI WADAH PENGEMBANGAN BAKAT SISWA DI TENGAH PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.385Kata Kunci:
Bakat, Festival Anak Negeri, Siswa SDAbstrak
Pembelajaran daring di tengah pandemi menyebabkan banyak kendala, misalnya adalah tidak terfasilitasinya pengembangan bakat pada siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, Komunitas Angkring Sinau bekerja sama dengan Komunitas Aksara untuk mengadakan Festival Anak Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perancangan kegiatan, jenis-jenis lomba, dan implikasi Festival Anak Negeri pada pengembangan bakat siswa SD. Penelitian ini dirancang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Miles dan Huberman. Teknik tersebut memiliki tiga bagian, yakni reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan hasil bahwa; (1) Perencanaan pelaksanaan kegiatan Festival Anak Negeri meliputi pembentukan panitia, menentukan cabang dan tema lomba, menentukan sasaran dan juri, menentukan teknis lomba, serta menyebarluaskan informasi; (2) Cabang lomba dalam Festival Anak Negeri terdiri dari lomba mewarnai, lomba baca puisi, lomba mendongeng, dan lomba cerdas cermat Matematika; serta (3) Festival Anak Negeri telah berhasil mengembangkan bakat siswa SD, hal itu dibuktikan dengan respons dan kualitas karya peserta. Ke depannya kegiatan semacam ini akan dijalankan secara konsisten dengan target peserta yang lebih luas beserta penambahan jenis perlombaan, agar dampak yang dirasakan para peserta semakin nyata.
Unduhan
Referensi
Admin Publik. 2021. Apa Pentingnya Perencanaan dalam Manajemen?. http://adminpublik.uma.ac.id/2021/02/09/apa-pentingnya-perencanaan-dalam-manajemen/. Diakses pada 20 Agustus 2021.
Angelicha, T. 2017. Pengembangan Bakat Peserta Didik di Indonesia. Paper. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana. https://www.researchgate.net/publication/320695005_pengembangan_bakat_peserta_didik_di_indonesia.
Anggraini, I. A., W.D. Utami, & S.B. Rahma. 2020. Mengidentifikasi Minat Bakat Siswa Sejak Usia Dini Di SD Adiwiyata. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan. 2(1): 161-169.
Anwar &Rosmita. 2020. Festival Anak Saleh di Desa Leang-Leang Kabupaten Maros. Wahatul Mujtama: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 54-66.
Catatanpringadi. 2020. Teknik Membaca Puisi yang Baik. www.catatanpringadi.com/teknik-membaca-puisi-yang-baik/. Diakses pada 22 Agustus 2021.
Huda, K. & Munastiwi, E. 2020. Strategi Orang Tua dalam Mengembangkan Bakat dan Kreativitas di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(2).
Husnaini, N. & Jumrah. 2019. Kegiatan Mewarnai sebagai Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3(2): 112- 133.
Kuntjojo. 2019. Metodologi Penelitian. Kediri: ______.
Nugrahani, F. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Jakarta: ____.
Nugrahani, F., & Al-Ma’ruf, I. A. 2015. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
PPPPTK Matematika. 2011. Peran, Fungsi, Tujuan, dan Karakteristik Matematika Sekolah. www.p4tkmatematika.kemdikbud.go.id/artikel/2011/10/05/peran-fungsi-tujuan-dan-karakteristik-matematika-sekolah/. Diakses pada 22 Agustus 2021.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Rukiyah. 2018. Dongeng, Mendongeng, dan Manfaatnya. Jurnal Anuva, 2(1): 99-105.
Santoso, S, Agustini, N.L.P.E., & Tantri, A.A.S. 2021. Moral Analysis in The Videos of Dongeng Kita Channel and Its Relevance to Indonesian Learning. Al-Ishlah : Jurnal Pendidikan, 13(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.441.
Santoso, S., Wahyuni, N. M. S. I., & Artika, I. W. 2021. Features and themes of poetry in KOPI (komunitas puisi Indonesia) facebook group. KEMBARA: Jurnal Keilmuan, Bahasa, Sastra dan Pengajarannya (e-Journal), 7(1), 34-52. https://doi.org/10.22219/kembara.v7i1.15870.
Sari, I. K., Setiawan, B., & Saddhono, K. 2013. Penerapan Metode Quantum Learning dengan Teknik Pengelompokkan (Clustering) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basastra, 2(1).
Sirait, S. dkk. 2021. Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kompetensi Mewarnai dan Hitung Cepat di PAUD Ar-Ridha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. 2016. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Syah, R.H. 2020. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
UNICEF Indonesia. 2020. Rencana Kembali ke Sekolah di Masa Covid-19. https://indonesia.ureport.in/opinion/4283/ Diakses pada 20 Agustus 2021.
Zulvira, R. dkk. 2021. Karakteristik Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1). file:///c:/users/windows%2010/downloads/1187-article%20text-2372-1-10-20210603.pdf.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten