UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CTL SISWA KELAS II SDN TANJUNG PRIOK 01

Penulis

  • Elsa Adelia Fitriyani Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Aullia Azzahrah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Nidya Chandra Muji Utami Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Engga Dallion Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.959

Kata Kunci:

Membaca, Sekolah Dasar, CTL.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan realisasi metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SDN Tanjung Priok 01. Bentuk penelitian yang dijalankan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin, dengan subjek para siswa kelas II sebanyak 32 orang (16 laki-laki dan 16 perempuan) berlokasi di SDN Tanjung Priok 01 Jakarta Utara. Data diperoleh berdasarkan pengamatan, tes dan dokumentasi. Kemudian, dianalisis pada tiap siklusnya dengan merefleksi pencapaian keberhasilan berbentuk persentase dan diperkuat oleh kesimpulan pada akhir pembelajaran. Adapun KKM dalam pelajaran Bahasa Indonesia yaitu 80. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan dibuktikan oleh pemerolehan rerata nilai kemampuan membaca siklus I yakni 85,78 (baik), lalu terjadi peningkatan kembali sejumlah 92,50 (baik sekali) pada siklus II. Adapun ketuntasan klasikal pada nilai awal sebesar 70% (hanya 13 siswa tuntas) sehingga diterapkan siklus I dengan peningkatan sebesar 84% (27 siswa tuntas). Kemudian, peningkatan pada siklus II sebesar 92,5% (30 siswa tuntas). Kesimpulan dari keseluruhan analisis hasil penelitian adalah metode CTL dalam pembelajaran berhasil membawa peningkatan terhadap kemampuan membaca permulaan di SDN Tanjung Priok 01 pada siswa kelas II. Dengan demikian, metode CTL dapat digunakan untuk penelitian lainnya agar pembelajaran menjadi lebih bervariasi sehingga dapat menyempurnakan pembelajaran di sekolah dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S., Yarmi, G., Sumantri, M. S., & Iasha, V. (2020). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pendekatan Whole Language di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 637–643. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.393

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). PENGARUH IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD GUGUS II KUTA UTARA. 3(2).

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.

Damayanti, N. (2020). PENGARUH METODE PQ4R TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR (STUDI LITERATUR). Desember, 1(2), 186.

Dewi Hapsari, E. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa (Vol. 20, Issue 1).

Gustiawati, R., Arief, D., Zikri, A., Kunci, K., Ajar, B., & Permulaan, M. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN CERITA FABEL PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 4, Issue 2). https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hadi, S. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI JENJANG SEKOLAH DASAR.

Hadiana, L. H., Hadad, S. M., Marlina, I., & Subang, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 2).

Hakim, R., Ritonga, M., & Susanti, W. (2020). Implementation of Contextual Teaching and Learning in Islamic Education at Madrasah Diniyah. Jour of Adv Research in Dynamical & Control Systems, 12. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12I2/S20201455

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151–164. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.633

Hanura. (2020). STUDI EKSPERIMEN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA STUDI LITERATUR.

Herawati. (2021). IMPROVING BEGINNING READING ABILITY WITH LETTERS CARDS IN CLASS 1 STUDENTS OF STATE ELEMENTARY SCHOOL 005 KEPENUHAN.

Holmlund, T. D., Lesseig, K., & Slavit, D. (2018). Making sense of “STEM education” in K-12 contexts. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0127-2

JALALUDIN. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Prinsip dan Praktik Instrumen Pengumpulan Data).

Karim, A. (2017). ANALISIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DI SMPN 2 TELUK JAMBE TIMUR, KARAWANG. In Jurnal Formatif (Vol. 7, Issue 2).

MURYANTI, D. (2019). SKRIPSI PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN.

Oktaviyanti, I., Amanatulah, D. A., Nurhasanah, N., & Novitasari, S. (2022). Analisis Pengaruh Media Gambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5589–5597. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2719

Panjaitan, D. J. (2016). PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA (Vol. 1, Issue 1).

Suleman, D., Hanafi, Y. R., & Rahmat, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Di Kelas II SDN 3 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 713. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.713-726.2021

Sumarno. (2020). Penggunaan Metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar.

Walimah, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Guru Dan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1532–1538. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.966

Wang, G. (2020). On the Application of Cooperative Learning in College English Teaching. International Education Studies, 13(6), 62. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p62

Ying, Z. (2018). Application of Cooperative Learning Theory in Comprehensive English Course Teaching.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Fitriyani, E. A., Azzahrah, A., Utami, N. C. M., & Dallion, E. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE CTL SISWA KELAS II SDN TANJUNG PRIOK 01. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 224–232. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.959

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.