ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I A SD NEGERI 1 MANGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Aenor Rofek Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Pramita Tri Fernanda Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Jamila Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia
  • R. Moh Abdul Qodir Prabu Universitas Abdurachman Saleh Situbondo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1052

Kata Kunci:

Membaca, Peserta Didik, Guru.

Abstrak

Siswa masih ada yang mengalami kesulitan dalam membaca. Siswa yang mengalami kesulitan tersebut akan mengalami kesulitan dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Sumber utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas I A SD Negeri 1 Mangaran dan sumber kedua adalah guru pengajar atau wali kelas. Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa kesulitan membaca dipengaruhi oleh kurangnya bimbingan dan perhatian dari orang tua maupun guru yang berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pemberian bimbingan khusus kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca akan berdampak pada kemampuan membaca dan peningkatan hasil belajar siswa.Penilaian kemampuan membaca terdapat 4 kriteria yakni yang pertama kelancaran membaca, ketepatan dalam membaca, pelafalan yang tepat, dan intonasi. Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa yang lancar dalam membaca kalimat terdapat tujuh siswa menengah atau cukup baik, tujuh siswa sangat baik dalam membaca dari jumlah siswa 19 orang yang masuk. Juga dapat kita simpulkan bahwa kemampuan membaca kelas I A SD Negeri 1 Mangaran masih dikategorikan cukup baik, karena jumlah siswa yang lancar membaca belum mencapai 80%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman pada Siswa Sekolah Dasar. 3(5), 2336–2344.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. In Jakarta: Rineka cipta.

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29–37.

Astuti, Y. W. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Penerapan Metode Directed Reading Thinking Activity (Drta) Siswa Kelas V Sdn 2 Wakul Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 3(1), 1–14.

Dalman. (2014). Dalman.pdf. In Jakarta : PT Grafindo Persada.

Damaiyanti, R., Satrijono, H., Hutama, F. S., Ningsih, Y. F., & Alfarisi, R. (2021). Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 8(2), 75.

Gumono, G. (2014). Profil Kemampuan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar Di Provinsi Bengkulu. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(2), 201–211.

Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika, 9(1), 2.

Khaerawati, Z., & Oktaviyanti, I. (2023). Level Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar di Kelas Tinggi. Jurnal Educatio, 9(2), 637–643.

Kharizmi, M. (2015). Feldpostbrief des Staatlichen Gymnasiums Dresden-Neustadt. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 11–21.

Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(2), 161–175.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. In Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muliawanti, S. F., Amalian, A. R., Nurasiah, I., Hayati, E., & Taslim, T. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 860–869.

Muriani, Y., MS, Z., & Suseno, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 1.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sunanih, S. (2017). Kemampuan Membaca Anak Sekolah Dasar Kelas Rendah Bagian Dari Pengembangan Bahasa. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 38–46.

Tahmidaten. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Puspitaningtyas, A. R., Rofek, A. ., Fernanda, P. T. ., Jamila, N. ., & Prabu, R. M. A. Q. . (2023). ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I A SD NEGERI 1 MANGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 444–450. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1052

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.