RESOLUSI KONFLIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PRESPEKTIF TEORI TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Penulis

  • Sidik Puryanto Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1136

Kata Kunci:

Pembelajaran Jarak Jauh; Resolusi Konflik; Teori Teknologi Komunikasi

Abstrak

Pembelajaran jarak jauh telah menjadi tren global dalam dunia pendidikan, tetapi konflik muncul sebagai salah satu tantangan utama dalam konteks ini. Artikel ini menggambarkan konflik-konflik yang mungkin timbul dalam pembelajaran jarak jauh, seperti konflik teknis, keterbatasan fisik/intelektual, hubungan antara siswa dan pengajar, antar siswa, dengan institusi pendidikan, serta konflik psikologis dan evaluasi. Menggunakan prespektif teori teknologi komunikasi, penelitian ini menunjukkan bagaimana media komunikasi berperan dalam memengaruhi konflik dan resolusinya. Teori medium richness menggambarkan kekayaan media dalam menyampaikan informasi dan interaksi, yang berpengaruh terhadap resolusi konflik. Pendekatan sociotechnical systems (STS) menekankan pentingnya mengintegrasikan teknologi, manusia, dan lingkungan dalam mengatasi konflik. Teori ekologi media (ME) mengilustrasikan bagaimana media memengaruhi persepsi dan perilaku individu. Strategi resolusi konflik berdasarkan teori teknologi komunikasi mencakup komunikasi efektif, pelatihan teknologi, pedoman dan prosedur, pemantauan media, serta peningkatan interaksi sosial. Resolusi konflik dalam pembelajaran jarak jauh penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, motivasi siswa, hubungan antara siswa dan pengajar, kesejahteraan mental, dan kredibilitas institusi pendidikan. Meskipun strategi teknologi penting, faktor manusia dan lingkungan juga berperan dalam mencegah dan menyelesaikan konflik. Dalam kesimpulannya, strategi resolusi konflik yang didasarkan pada teori teknologi komunikasi dapat membantu institusi pendidikan untuk menciptakan pengalaman pembelajaran jarak jauh yang lebih positif bagi siswa dan pengajar, dengan memperhatikan baik aspek teknologi maupun manusia-lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ball-Rokeach, S., and D. M. (1976). Dependency model of mass media effects. Communications Research, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1177/009365027600300101

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Caruth, G. D., & Caruth, D. L. (2013). Distance education in the united states: From correspondence courses to the internet. Turkish Online Journal of Distance Education, 14(2), 141–149.

Daft, R. L., & Lengel, R. H. (1986). Management Science 1986 Daft.pdf. Management Science, 32(5), 554–571.

E. Trist and K. Bamforth. (1951). Some Social and Psychological Consequences of the Longwall Method of Coal Getting. Human Relations, 4(1).

Furkan, Sya, A., Purwanto, A., & Astra, I. made. (2021). EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN Tantangan Guru dalam Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3877–3883. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.743

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138

Limbong, M., Kailolla, L., Supono, T., & Retno, T. M. (2021). PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD PANGUDI LUHUR. 3(2).

Mamahit, H. C. (2021). Stres Akademik selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Siswa Kelas 8 SMP Kolese Kanisius Jakarta. Psiko Edukasi, 19(2), 194–205.

Nurul Retno Nurwulan, D., & Selamaj, G. (2020). Working University Students in Riau Archipelago : Dual Role and Depression. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 5(2), 123–135.

Nurwulan, N. R., Nurhayati, A., Yanti, M. P., Putri, R. A., Trinita, U., & Varza, P. E. (2021). Konflik Pada Grup Diskusi Mahasiswa Saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 8(2), 110–117. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i2.106

Patra Ritiauw, S., Maftuh, B., & Malihah, E. (2018). Model of Conflict Resolution Education Based on Cultural Value of qPelaq in Social Studies Learning. 147(Icsse 2017). https://doi.org/10.2991/icsse-17.2018.66

Rahayu, G. D. S., Maftuh, B., & Malihah, E. (2021). An Investigation of Conflict Resolution Strategies for the Students of Elementary School Teacher Education Study in Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Mimbar Sekolah Dasar, 8(3), 281–294. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v8i3.35483

Ribeiro, M., Ellerbroek, J., & Hoekstra, J. (2022). Distributed Conflict Resolution at High Traffic Densities with Reinforcement Learning. Aerospace, 9(9). https://doi.org/10.3390/aerospace9090472

Ritiauw, S. P., & Maftuh, Bunyamin. dan Malihah, E. (2017). THE DEVELOPMENT OF DESIGN MODEL OF CONFLICT RESOLUTION EDUCATION BASED ON CULTURAL VALUES OF PELA. Cakrawala Pendidikan, 36(3), 2017.

Sanjaya, D. B., Suartama, I. K., Suastika, I. N., & Sukadi. (2022). The effect of the conflict resolution learning model and portfolio assessment on the students learning outcomes of civic education. International Journal of Instruction, 15(1), 473–488. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15127a

Schroeder, J. (2014). Conflict Resolution in Online Education 1 Literature Review: Conflict Resolution in Post-Secondary Online Education.

Tirajoh, C. V, Munayang, H., & Kairupan, B. H. R. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik:JBM, 13(1), 49. https://doi.org/10.35790/jbm.13.1.2021.31715

Weken, M. E., Mongan, A. E., & Kekenusa, J. S. (2020). Relationship between Workload, Role Conflict, and Social Support with Work Stress on Teachers at Manado 1 State High School During the Covid-19 Pandemic. Journal of Public Health and Community Medicine, 1(2020), 80–88.

Zam, E. M. (2021). PERAN LITERASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. 1(1), 9–18.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Puryanto, S. (2023). RESOLUSI KONFLIK PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM PRESPEKTIF TEORI TEKNOLOGI KOMUNIKASI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 645–652. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1136

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.