INITIATION-RESPONSE-FEEDBACK (IRF) ANALYSIS IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION AT THE EIGHTH GRADE OF UPTD SMP NEGERI 4 MANDREHE IN 2022/2023

Penulis

  • Sophyan Gusniwati Gulo Universitas Nias, Sumatera Utara, Indonesia
  • Afore Tahir Harefa Universitas Nias, Sumatera Utara, Indonesia
  • Kristof Martin E. Telaumbanua Universitas Nias, Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1137

Kata Kunci:

Inisiasi-Respon-Feedback, Classroom Interaction

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Initiation-Response-Feedback (IRF) dalam interaksi kelas bahasa Inggris dan untuk mengetahui interaksi kelas yang dominan antara guru dan siswa di kelas VIII UPTD SMP Negeri 4 Mandrehe tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII B dengan jumlah siswa 21 orang dan 1 orang guru bahasa Inggris. Temuan penelitian ini menyimpulkan bahwa guru-siswa kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 4 Mandrehe dalam interaksi kelas bahasa Inggris melalui IRF (Inisiasi-Respon-Umpan balik) adalah yang dominan diterapkan dalam interaksi kelas dalam inisiasi adalah pertanyaan konvergen yaitu sebanyak 32 (51%). Pada respon, ditemukan bahwa yang dominan diterapkan dalam interaksi kelas dalam respon adalah respon siswa yang sama ada 41 (64%), yang terakhir adalah Umpan balik ditemukan bahwa yang dominan diterapkan dalam interaksi kelas dalam umpan balik adalah mengakui jawaban yang benar 24 (62%) guru memuji siswa untuk jawaban yang benar. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti merekomendasikan agar guru menggunakan pertanyaan yang bervariasi, hal ini dapat mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif. Kemudian, guru harus memberikan umpan balik kepada siswa yang menjawab pertanyaan untuk menunjukkan bahwa guru menghargai partisipasi mereka dalam interaksi kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustine, S., Asi, N., & Luardini, M. A. (2021). Language Use in EFL Classroom Interaction: A Sociolinguistic Study. International Journal of Language Education. https://doi.org/10.26858/ijole.v5i4.23598

Fujiati, H., & Hartono, R. (2020). The Implementation of Curriculum 2013 in Teaching Speaking Skill At MAN 2 Bima. English Education Journal, 10(3), 292–300.

Havik, T., & Westergård, E. (2020). Do Teachers Matter? Students’ Perceptions of Classroom Interactions and Student Engagement. Scandinavian Journal of Educational Research. https://doi.org/10.1080/00313831.2019.1577754

Made, N., & Sari, N. (2022). An Analysis of Classroom Interaction in SMP Negeri 2 Tejakula. Inspiring: English Education Journal.

Putri, K. I., & Putri, H. P. (2021). The Analysis of Classroom Interaction in English Class using Foreign Language Interaction. Modality Journal: International Journal of Linguistics and Literature, 1(2), 78. https://doi.org/10.30983/mj.v1i2.5117

Richard, J. C. C., & Lockharts. (1994). Reflective Teaching in second language classrooms. Cambridge University Press.

Rustandi, A., & Mubarok, A. H. (2008). Analysis of IRF (Imitation-Response-Feedback) on Classroom Interaction in EFL Speaking Class. 282.

Safitri, A., & Jufrizal. (2021). Teacher’s Questions and Students’ Responses in EFL Classroom Interaction. Proceedings of the Eighth International Conference on English Language and Teaching (ICOELT-8 2020), 579, 60–62. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210914.011

Sagita, I. (2018). Teacher Talk and Learner Talk in The Classroom Interaction (An Interaction Analysis to an English Language Class at SMP N 2 Sindang). Wiralodra English Journal. https://doi.org/10.31943/wej.v2i1.27

Saswati, R. (2018). Analysis of Classroom Interaction Uing IRF Pattern : A Case Study of EFL Conversation Class. 03(01), 29–37.

Simpuruh, I., Mahmud, M., Salija, K., & Halim, A. (2020). Code-crossing in indonesian efl classroom interaction. International Journal of Language Education. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i3.13969

Solheim, K., Roland, P., & Ertesvåg, S. K. (2018). Teachers’ perceptions of their collective and individual learning regarding classroom interaction. Educational Research. https://doi.org/10.1080/00131881.2018.1533790

Sundari, H. (2017). Classroom Interaction in Teaching English as Foreign Language at Lower Secondary Schools in Indonesia. Advances in Language and Literary Studies. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.8n.6p.147

Diterbitkan

2023-12-12

Cara Mengutip

Gulo, S. G., Harefa, A. T. ., & Telaumbanua, K. M. E. . (2023). INITIATION-RESPONSE-FEEDBACK (IRF) ANALYSIS IN ENGLISH CLASSROOM INTERACTION AT THE EIGHTH GRADE OF UPTD SMP NEGERI 4 MANDREHE IN 2022/2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 675–683. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1137

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.