UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI A SD N 08 PULAU PUNJUNG MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD ( STUDENT TEAM ASISTED DIVISION
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.121Kata Kunci:
Cooperative, STAD, learning outcomes, MathematicsAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VI A SD Negeri 08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Telah dilaksanakan penelitian tindakan kelas di SD Negeri 08 Pulau Punjung dengan tujuan meningkatkan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pembelajaran selama ini berlangsung secara konvensional, hal ini mengakibatkan hasil pembelajaran belum maksimal sesuai dengan harapan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan selama dua siklus dengan setiap siklus dua kali pertemuan. Setiap kali pertemuan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sebagai alat pengumpul data adalah tes hasil belajar, lembar kerja siswa dan lembar observasi dengan langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi untuk setiap siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua dengan ditandai adanya peningkatan hasil evaluasi belajar siswa setiap siklus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 69,37 menjadi 81,33. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I dan siklus II yaitu sebesar 12 poin. Selain itu peningkatan persentase ketuntasan klasikal juga terjadi sebesar 46,63 %. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Asisted Division) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika Siswa Kelas VI A SD N 08 Pulau Punjung.
Unduhan
Referensi
[2] J. A. Van De Walle, Matematika Sekolah Dasar Dan Menengah. Jakarta: Erlangga, 2008.
[3] NCTM, Principles and standars for school mathematics. Reston.: VA: NCTM, 2000.
[4] A. Arends, I. R., & Kilcher, Teaching for student learning: becoming an accomplished teacher. New York: Routledge, 2010.
[5] et al. Cai, J., Effective mathematics teaching from teachers’ perspectives: National and cross-national studies. Rotterdam: Sense Publisher, 2009.
[6] Agus Suprijono, Cooperative learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
[7] D. Erman Suherman, Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: UPI, 2003.
[8] E. J. Johnson, David W., Johnson, Roger T., & Holubec, Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama. Penerjemah: Narurita Yusron. Bandung: Nusa Media, 2010.
[9] Trianto, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.
[10] E. R. Slavin, Cooperative learning : Theory, research and practice (2nd ed). London: Allyn and Bacon, 1995.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten