ANALYSIS OF TEACHER BARRIERS IN THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM MERDEKA IN SECONDARY SCHOOLS

Penulis

  • Andra Saputra Institut Seni Indonesia Padang Panjang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Nurhizrah Gistituati Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Ambiyar Ambiyar Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Alwen Bentri Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Ishak Aziz Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia
  • Abna Hidayati Universitas Negeri Padang, Sumatra Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1228

Kata Kunci:

Analisis, Hambatan, Kurikulum Merdeka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor hambatan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Adapun faktor hambatan yang dianalisis ditinjau dari beberapa aspek yang disesuaikan dengan literatur  yaitu; Aspek pemahaman guru terhadap filosofi dan tujuan Kurikulum Merdeka, aspek keterampilan pedagogis guru, aspek kesiapan teknologi guru, aspek kolaborasi antar guru, aspek dukungan administratif, aspek partisipasi orang tua, aspek ketersediaan sumber daya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif survei dengan desain studi kasus, penelitian ini melibatkan guru-guru terpilih sebagai partisipan, yang memberikan wawasan mendalam melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan aspek pemahaman guru terhadap filosofi dan tujuan Kurikulum Merdeka dengan persentase 83,60%, aspek keterampilan pedagogis guru dengan persentase 85,20%, aspek kesiapan teknologi guru dengan persentase 79,33%, aspek kolaborasi antar guru dengan persentase 84,27%, aspek dukungan administrative dengan persentase 85,73%, aspek partisipasi orang tua dengan persentase 86,27%, aspek ketersediaan sumber daya dengan persentase 85,33%. Penelitian ini menyediakan landasan bagi perubahan kebijakan dan pendekatan pendidikan untuk mengatasi hambatan-hambatan ini. Kesimpulan menekankan perlunya pelatihan yang lebih baik, dukungan administratif yang konsisten, dan kolaborasi yang diperkuat antara guru, pihak sekolah, dan orang tua untuk memastikan suksesnya implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ade Ahmad Mubarok, S. A. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Landasan Pengembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 3(2), 103–125. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i2.324

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. (2017). Teknologi Dalam Pendidikan : Literasi Digital dan Self-Directed Learning pada Mahasiswa Skripsi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 28–38. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4458

Akhlanudin. (2022). Dukung Kurikulum Merdeka, Kota Padang Antusias dengan Projek Profil Pelajar Pancasila. Https://Gema.Uhamka.Ac.Id. https://gema.uhamka.ac.id/2022/08/03/dukung-kurikulum-merdeka-kota-padang-antusias-dengan-projek-profil-pelajar-pancasila/

Ani, O., & Hidayati, N. (n.d.). Pengaruh Diklat Teknis Substantif Penyusunan Rpp Terhadap Pemahaman Guru Min 01 Sidoarjo The Effect Of Substantive Technology For Preparation Of Rpp On Understanding Of Teachers Min 01 Sidoarjo.

Anih, E. (2015). Manajemen Implementasi Kebijakan Pengembangan Kurikulum Di Perguruan Tinggi Berbasis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(1), 1–21.

Asmawati, A., Novia, A., & Daud, F. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Digital ISpring bagi Guru Sekolah Menengah kabupaten Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

F. Haris and M. F. Amsal. (2020). Peningkatan Kualitas Guru Pjok Dalam Menghasilkan Karya Ilmiah Dan Pengetahuan Informasi Teknologi Di Sdn Kecamatan Koto Ix Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. EDUTECH, 1(1). https://ejournal.upi.edu/index.php/edutech/article/view/23494

Junanto, T., & Afriani, R. (2016). Implementasi Digital-Age Literacy Dalam Pendidikan Abad 21 Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2016–2113. https://media.neliti.com/media/publications/173402-ID-none.pdf

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan T. R. I. (2022). Latar Belakang Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6824331505561-Latar-Belakang-Kurikulum-Merdeka

Kunandar. (2010). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) danSukses dalam Sertifikasi Guru. RajaGrafindo Persada.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Mariyana, R. (2016). Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1), 1. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v12i1.3296

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40.

Permenpan-RB. (n.d.). JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA (p. 16). PERMENPAN NOMOR PER 16 M.PAN-RB 11 2009. https://jdih.bkn.go.id/ildis/www/storage/document/PERMENPAN NOMOR PER 16 M.PAN-RB 11 2009@JABATAN FUNGSIONAL GURU DAN ANGKA KREDITNYA.pdf

Purfitasari, S., Prihatin, T., & Mulyono, S. E. (2019). Digital Pedagogy sebagai Pendekatan Pembelajaran di Era. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 2(9), 0–5.

Sahputra, E., Reswan, Y., & Baihaqi, I. (2020). Multimedia Interaktif Pengenalan Tatacara Sholat Berbasis Animasi 3D Untuk Siswa Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Media Infotama, 16(1), 32–36. https://doi.org/10.37676/jmi.v16i1.1118

Sholeh, M., & Sutanta, E. (2019). Pendampingan Pengembangan Bahan Ajar dengan Videoscribe pada Guru Smk Tembarak Temanggung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 1–9. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Triyatno, Endang Fauiziati, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Prespektif Filsafat Progresivisme John Dewey Triyatno1,. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(2), 17–23.

Usman, K., Yusrizal, I., & Ibrahimii, S. (2016). Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Man 1 Takengon. 4(3), 30–40.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-19

Cara Mengutip

Saputra, A., Gistituati, N. ., Ambiyar, A., Bentri, A. ., Aziz, I., & Hidayati, A. . (2024). ANALYSIS OF TEACHER BARRIERS IN THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM MERDEKA IN SECONDARY SCHOOLS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 50–57. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1228

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.