IMPLEMENTASI INOVASI KURIKULUM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5): TINJAUAN TERHADAP EFEKTIVITAS DAN DAMPAKNYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1291Kata Kunci:
Inovasi, Kurikulum, SLR, P5, Efektivitas, Dampak.Abstrak
Penelitian ini membahas implementasi inovasi kurikulum proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) serta tinjauan terhadap efektivitas dan dampaknya dalam pembentukan karakter siswa. Metode yang digunakan adalah Tinjauan Sistematis Literatur (SLR) yang melibatkan analisis terhadap sepuluh artikel terkait. Banyak dari peneliti sebelumnya yang telah membahas Kurikulum Merdeka namun, masih sedikit yang membahas P5 secara spesifik terutama bagaimana efektifitas dan dampak terhadap pembentukan karakter siswa. Penelitian ini memiliki tujuan menganalisis implementasi kurikulum merdeka P5 di Indonesia. Meskipun kegiatan P5 berbasis proyek masih baru dalam kurikulum merdeka, namun hasilnya menunjukkan efektivitas yang baik. Antusiasme siswa terhadap banyaknya proyek yang diciptakan oleh guru atau pun pemerintah sangat besar. Temuan penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut tentang pentingnya inovasi dalam kurikulum untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hasil dari analisis tinjauan pustaka pendekatan interaktif, kolaboratif yang berbasis proyek yang digunakan dalam P5 berhasil meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan praktik implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan siswa. Namun, terdapat tantangan seperti ketersediaan sumber daya dan perlunya pengawasan serta evaluasi yang berkala perlu diperhatikan dalam upaya menjaga kualitas implementasi kurikulum P5.
Unduhan
Referensi
Bawadi, S., Novaliyosi, N., Pujiastuti, H., Yuhana, Y., & Hendrayana, A. (2023). Implementation of Teacher and Student Independent Curriculum in Mathematics Learning: Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 602–609. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1292
Fauziyah. (2018). Peningkatan Pemahaman Nilai Pancasila melalui Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Pra-Sekolah Dasar.
Gunawan, D. M. R., & Suniasih, N. W. (2022). Profil Pelajar Pancasila dalam Usaha Bela Negara di Kelas V Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 133–141. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45372
Habsy, B. A., Pratiwi Mujiono, A., Dhamara Sofyati Halmahera, A., Indah Sari Rohmawati, L., Ainun Nikmah, L., Hilman, L., & Bimbingan dan Konseling, D. (2023). Menelaah Profil Pelajar Pancasila dan Perwujudannya dalam Pendidikan yang Berpihak pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 32079–32093.
Hidayati, A., Ibrahim, I., Asri, D., Imelda, I., & Wati, I. P. (2024). Implementasi P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Di Mi Ikhlasiyah Palembang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Agama Islam, 2(3), 18–34. https://doi.org/10.61132/jmpai.v2i3.199
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048
Juandi, D. (2021). Heterogeneity of problem-based learning outcomes for improving mathematical competence: A systematic literature review. Journal of Physics: Conference Series, 1722(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1722/1/012108
Kaswanto, H. M. M. (2018). Pendidikan Pancasila di Sekolah Menengah Atas dalam Mengembangkan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.
Kemendikbud. (2018). Permendikbud Republik Indonesia tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal (Permendikbud Nomor 20 Pasal 6 Tahun 2018) (pp. 8–12). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Maghfiroh, N., & Sholeh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi Dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1185–1196.
Maharani, A. I., Isharoh, & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549
Nadrah, N. (2023). Implementation Of The Kurikulum Merdeka At The Senior High School. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 3(3), 1260–1268. https://doi.org/10.55227/ijhess.v3i3.634
Peraturan Presiden RI. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Tentang penguatan Pendidikan Karakter (Pepres Nomor 87 Pasal 6 Tahun 2017).
Pratikno, Y., Hermawan, E., & Arifin, A. L. (2022). Human Resource ‘Kurikulum Merdeka’ from Design to Implementation in the School: What Worked and What not in Indonesian Education. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(1), 326–343. https://doi.org/10.25217/ji.v7i1.1708
Putri, V. A. R. & A. (2019). Pemikiran ki hadjar dewantara tentang pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(6), 1514–1519.
Rahayu, S., Wahid, A. H., & Zahro, M. N. (2023). Independent Learning Curriculum Policies and Challenges in Building Children’s Character. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 693–704. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v7i2.5464
Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam Kurikulum Prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683
Rusilowati, A., Hidayah, I., Nugrahani, R., Abidin, Z., Hutagalung, F., Sofchah, T., & Ariyanti, S. (2024). CHILD-FRIENDLY SCHOOL AND ITS RELATIONSHIP WITH THE MERDEKA CURRICULUM IN FORMING THE STUDENTS’ CHARACTER THROUGH SCIENCE LEARNING. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 13(1), 137–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v13i1.44482
Sabon, Y. O. S., Istiyono, E., & Widihastuti, W. (2022). Developing “Pancasila Student Profile” instrument for self-assessment. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 26(1), 37–46. https://doi.org/10.21831/pep.v26i1.45144
Sakti, H. G., Rizka, M. A., Ayu, I. W., & Ariany, F. (2023). Development of Student Pancasila Character Instruments : A Evidence of The EFA, CFA and RASCH Models. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 9(4), 1092. https://doi.org/10.33394/jk.v9i4.9178
Setiayadi, B. (2020). Kurikulum: Konsep, Penerapan dan Pengembangan. Purwokerto: Pena Persada.
Syaharani, D. M., & Fathoni, A. (2023). The Implementation of P5 Local Wisdom Themes in the Independent Curriculum in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.56422
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Widiana, I. W., Kristiantari, M. G. R., & Widiani, N. K. (2023). Project Based Assessment with a Phenomenon-Based Learning Approach on Achieving the Pancasila Student Profile in Elementary School. International Journal of Elementary Education, 7(4), 586–593. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i4.69642
Widodo, B. (2021). Implementasi Education 4.0 dan Merdeka Belajar dalam Matematika di Perguruan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 910–916. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45178
Zein, M., Iskandar, E., Moenada, M. S., & Thahir, M. (2023). Webtoon-based online comics in measuring the Pancasila student profile at Madrasah Tsanawiyah in Riau Province. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(4), 2073–2084. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i4.25759
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten