ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR

Penulis

  • Sherla Salsabila Adawiyah Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.128

Kata Kunci:

Berpikir Kritis, Logaritma, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini terrfokus terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada soal logaritma. Subjek yang digunakan untuk penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban. Kemampuan berpikir kritis ialah kemampuan yang harus siswa miliki untuk mampu menginterpretasi, menganalisis, mengevaluasi, dan memberikan keputusan atau kesimpulan. Penelitian ini fokus pada kemampuan siswa berpikir kritis dalam menyelesaikan permasalahan Logaritma. Pendekatan kualitatif dengan teknik  pengumpulan data merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Data hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari dokumen hasil Penilaian Akhir Semester (PAS). Sedangkan data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui tes. Berpikir kritis bukan dilihat dari hasil akhir, melainkan proses yang dilakukan siswa, bagaimana menginterpretasikan soal hingga keputusan atau simpulan yang didapat. Dari hasil penelitian, data yang diperoleh berdasarkan analisis kemampuan siswa dalam berpikir kritis pada materi logaritma memperlihatkan hasil  bahwa  8 siswa termasuk kategori siswa kemampuan berpikir kritisnya sangat tinggi, 10 siswa kategori kemampuan berpikir kritisnya tinggi, 2 siswa termasuk kategori siswa kemampuan berpikir kritisnya sedang, 5 siswa termasuk kategori siswa kemampuan berpikir kritisnya rendah, dan 5 siswa termasuk kategori siswa  kemampuan berpikir kritisnya sangat rendah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bandem, I. gede. (2020). https://e-journal.stkip- amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang. 11(2).
Basrowi & Suwandi. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 32. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Cahyo, R. (2010). Faktor-faktor Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK N I Punggelan Banjarnegara. Skripsi, 1–102.
Dewi, L., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Jurnal pendidikan matematika dan ipa. 10(2), 301.
Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PESTASI BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(Motivasi belajar IPA pada siswa SD), 81. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+penelitian+ipa&oq=#=gs_qabs&u=%23p%3D3OVZRkhFVKUJ
Hapnita, W., Abdullah, R., Gusmareta, Y., & Rizal, F. (2018). Faktor Internal Dan Eksternal Yang Dominan Mempengaruhi Hasil Belajar Menggambar Dengan Perangkat Lunak Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Padang Tahun 2016/2017. CIVED (Journal of Civil


Engineering and Vocational Education), 5(1). https://doi.org/10.24036/cived.v5i1.9941
Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jkmp, 02(01), 45. http://lppmunidra.ac.id
Kurniawati, R. (2013). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ktitis Matematik Siswa SMA Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). 8-15. Repository.upi.edu a-research.upi.edu/operator/upload/s_mat_0807552_chapter_ii.pdf
Leonard, & Amanah, N. (2014). ADVERSIry QUOTIENTAND CRITICAT TI { INIONG ABILITY. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64.
Maryanti, wiwin eni. (2018). 済無No Title No Title. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence.
Rahmawati, F., Pamungkas, M., Ardiyanto, B., Fadhilatullathifi, Z., Gunawan, & Safitri, D. (2020). Identification of student's misconceptions in chemical bonding topic using fout-tier diagnostic test. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 114–124. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042059
Sabirin, M. (2014). Representasi Dalam Pembelajaran Matematike. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 33–44.
Sahrudin, A. (2014). Implementasi strategi Pembelajaran Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 1-12.
Setyowati, A., & Subali, B. (2011). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 89–96. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i2.1078
Sintya Devi, P., & Wira Bayu, G. (2020). id 2 Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/26525
Suhartini, S., & Martyanti, A. (2007). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, 2(2), 105-111. https:doi.org/10.31629/jgv2i2.198
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Unduhan

Diterbitkan

2020-12-28

Cara Mengutip

Adawiyah, S. S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI DALAM MENYELESAIKAN SOAL LOGARITMA DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 1(2), 127–134. https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.128

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.