PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

Penulis

  • Theresya Sinaga Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia
  • Nancy Naomi Aritonang Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1280

Kata Kunci:

Self-Confidence, Kecemasan, Berbicara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Self-Confidence Terhadap Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Baru Di Universitas Hkbp Nommensen Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dari hasil penelitian dan analisa data yang dilalukan pada mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan dapat ditarik kesimpualn sebagai berikut:Hasil analisis dengan uji korelasi Spearman’s rho menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar r = -0,195 dengan signifikansi p = 0,009 (p < 0,05). Hal ini menandakan terdapat hubungan yang negatif dan signifikan, meskipun dalam kategori sangat lemah, antara kepercayaan diri dengan kecemasan berbicara di depan umum. Hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan dinyatakan diterima, sedangkan hipotesis nol (H0) ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh signifikan. Hasil data empiris menunjukkan bahwa tingkat self-confidence atau kepercayaan diri responden lebih tinggi dibandingkan dengan nilai hipotetik yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki kepercayaan diri yang baik dan berada di atas perkiraan teoritis, sehingga dapat disimpulkan bahwa mayoritas responden mampu menghadapi situasi yang menjadi fokus penelitian dengan keyakinan yang cukup tinggi. Sementara itu, tingkat kecemasan responden berada pada kategori yang sesuai dengan nilai teoritis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan responden berada pada kategori sedang pada aspek kognitif (71,2%), afektif (72,3%), dan perilaku (74,6%), meskipun masih terdapat sebagian kecil responden yang berada pada kategori tinggi. Sementara itu, tingkat self-confidence responden juga berada pada kategori sedang di hampir semua aspek, yaitu kepercayaan diri (73,4%), optimis (71,2%), objektif (55,9%), dan tanggung jawab (75,7%). Hal ini menunjukkan bahwa responden memiliki kemampuan mengelola kecemasan secara cukup baik dan memiliki self-confidence yang memadai, namun masih memerlukan penguatan terutama pada aspek keyakinan diri, optimisme, serta pengelolaan emosi agar dapat mencapai kondisi yang lebih optimal

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Theresya Sinaga, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Nancy Naomi Aritonang, Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Fakultas Psikologi, Universitas HKBP Nommensen Medan, Indonesia

Referensi

Agustine, A., & Aini, I. N. (2022). ANALISIS PERBEDAAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP PADA SAAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DAN LURING. Prosiding Sesiomadika, 4(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7637

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jpmr.v3i2.7520

Ash Shiddiq, L. T. H., Abdussamad, Z., & Miswaty, T. C. (2023). An Analysis of Moral Message in Movie “LUCA” Using Semiotic Approach by Roland Barthes. Humanitatis : Journal of Language and Literature, 10(1), 51–62. https://doi.org/10.30812/humanitatis.v10i1.3432

Diniyah, A. N., Akbar, G. A. M., Akbar, P., Nurjaman, A., & Bernard, M. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang. Journal on Education, 1(1), 14–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.5

ELLEN, R. (2022). HYPNOTERAPI DALAM MENGURANGI GANGGUAN KECEMASAN (ANXIETY DISORDER) PADA WANITA DEWASA DI GRAHA INSPIRASI LAMPUNG. UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Fardani, Z., Surya, E., & Mulyono, M. (2021). Analisis kepercayaan diri (self-confidence) siswa dalam pembelajaran matematika melalui model problem based learning. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 39–51. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/paradikma.v14i1.24809

Hapsoh, H., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan komunikasi matematis dan self-confidence siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel di desa sukaresmi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i2.2226

Hawkins, R. (2021). The Use of Drama to Help Children Build Confidence and Self Image. https://digitalscholarship.tsu.edu/frj/21

Jones, J. M. (2016). The Looking Glass Lens: Self-concept Changes Due to Social Media Practices. The Journal of Social Media in Society, 4(1), 100–125.

Juliyanti, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematis Dan Konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 75–83. https://doi.org/10.31000/prima.v4i2.2591

Jumrah, Anggriani, S., & Hardiyanti, S. (2022). Pengaruh Self-Confidence terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Irsyad Journal of Mathematics Education, 1(2), 89–95.

Kisac, I., & Budak, Y. (2014). Metacognitive Strategies of the University Students with Respect to their Perceived Self-confidence Levels about Learning. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2), 3336–3339. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.759

Kurniasih, H. D., Mastur, Z., & Juhana, J. (2023). Project Based Learning (PjBL) Models with Folklore Nuance to Enhance Students’ Writing Skills and Self-Confidence. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 5(2), 451–465. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.3087

Kurniyati, & Bakara, D. M. (2020). Pijat Endorfin Terhadap Nyeri Punggung Bawah dan Kecemasan Endorphin Massage Against Lower Back Pain and Anxiety in Third Trimester Pregnant Women in Rejang Lebong Regency. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan).

Maulidya, N. S., & Nugraheni, E. A. (2021). Analisis Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Ditinjau dari Self Confidence. 05(03), 2584–2593.

Milena, P. C., Nugraheni, P., & Yuzianah, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa SMA Ditinjau dari Hasil Belajar. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 133–140. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v11i2.4023

Niyah, R., Nursit, I., & Zauri, A. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Koneksi Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Peserta Didik Pada Materi Bangun …. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan …, 17(12), 1–12.

Nur Hidayah. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari self confidence siswa kelas x ma al asror kota semarang.

Panonsih, R. N., Detty, A. U., Effendi, A., & Arianofela, R. (2020). Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan dengan Kecemasan pada Gay, Transgender, LSL Bandar Lampung. ARTERI : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(3), 212–218. https://doi.org/10.37148/arteri.v1i3.62

Putra, I. M., & Masrukan. (2024). Telaah Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Confidence Pada Pembelajaran LAPS-Heuristik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 670–675.

Putri, D. R., Nasir, F., & Maharani, A. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self Confidence Siswa Pada Materi Spldv. JARME: Journal of Authentic Research on Mathematics Education, 5(1), 55–65.

Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335

Saputra, R. J., Sofyan, D., & Mardiani, D. (2023). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari self-confidence siswa pada materi bangun ruang sisi datar Pendahuluan Dalam pembelajaran matematika sering terjadi masalah dalam hal rendahnya prestasi. 02(01), 79–92.

Sari, M., & Oktafia, M. (2024). Penggunaan Model Pembelajaran Knisley Berbasis Kontruktivisme dalam Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 18–26. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i1.4283

Setiowati, W. (2020). Pengaruh terapi Murottal Al-Qur’an surah Maryam terhadap tingkat kecemasan pada ibu hamil trimester III. Jurnal Kesehatan STIKES Darul Azhar Batulicin, 9(1).

Sholikhah, S., & Lestari, A. D. (2021). PENGARUH TERAPI GUIDED IMAGERY TERHADAP KECEMASAN PSIKOLOGIS PADA LANJUT USIA DI PANTI WERDHA MENTAL KASIH YAYASAN SUMBER PENDIDIKAN AGAMA ALLAH (SPMAA) DESA TURI KEC. TURI KAB. LAMONGAN. Surya: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Kesehatan, 13(3), 283–287. https://doi.org/https://doi.org/10.38040/js.v13i3.359

Siddiq, F. H., & Suhana. (2023). Pengaruh Computer Self-Efficacy terhadap Burnout pada Dosen Kota Bandung di Era Pandemi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 227–234. https://doi.org/10.29313/bcsps.v3i1.5226

Yang, L., & Zhang, H. (2022). The Chain Mediating Effect of Network Behavior and Decision Self-Efficacy between Work Skills and Perceived Employability Based on Social Cognitive Theory. Computational Intelligence and Neuroscience, 2022, 1–12. https://doi.org/10.1155/2022/5240947

Yaniawati, P., Kariadinata, R., Sari, N., Pramiarsih, E., & Mariani, M. (2020). Integration of e-learning for mathematics on resource-based learning: Increasing mathematical creative thinking and self-confidence. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(6), 60–78.

Zou, D., & Zhang, R. (2021). Flipped primary EFL classrooms: impact, feasibility, and potential. ELT Journal, 75(3), 267–277. https://doi.org/10.1093/elt/ccab017

Diterbitkan

2025-08-24

Cara Mengutip

Sinaga, T., & Aritonang, N. N. (2025). PENGARUH SELF-CONFIDENCE TERHADAP KECEMASAN BERBICARA DI DEPAN UMUM PADA MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 1558–1567. https://doi.org/10.56667/de_journal.v4i1.1280

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.