REALISME MAGIS DAN MOTIF MISTISISME DALAM NOVEL KARYA SIMPLEMAN BESERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1309Kata Kunci:
Karakteristik Realisme Magis, Novel KKN di Desa Penari, Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMAAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik realisme magis yang ternarasikan dalam novel KKN di Desa Penari (KDP) karya Simpleman dan mengimplikasikan novel KDP dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini memanfaatkan teori realisme magis Faris. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif analitik dan metode analisis isi (content analysis). Sumber data dalam penelitian yakni novel KDP karya Simpleman, sedangkan data yang dianalisis berupa satuan sintaksis dan wacana yang memuat karakteristik realisme magis dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel KDP karya Simpleman, realisme magis dikaji melalui interaksi yang tidak terpisahkan antara karakteristik-karakteristik seperti irreducible element, phenomenal world, unsettling doubt, merging realism, dan disruption of time, space, and identity, yang keseluruhan saling memengaruhi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel KDP karya Simpleman, penggunaan karakteristik realisme magis Faris bertujuan untuk mengukuhkan kepercayaan masyarakat Jawa terhadap mitos dan hal-hal magis sebagai pusat cerita, serta untuk memperkenalkan kompleksitas budaya dan kepercayaan lokal kepada pembaca, bahkan merombaknya. Sementara itu, implikasi karakteristik realisme magis dalam novel KDP di SMA dapat dilakukan dengan tujuan pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik dan menganalisis nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, A. (2019). Metode Penelitian Sastra. Graniti.
Cresswell, J. W., & Poth, C. N. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design (Choosing Among Five Approaches: Second Edition. SAGE Publications.
Failasufa, F., & Nuryatin, A. (2022). problematika, pembelajaran, bahasa Indonesia, sastra. Diglosia, 6(2), 539–544.
Faris, W. B. (2004). Ordinary Enchantments Magical Realism and the Remystification of Narrative. Vanderbilt University Press.
Frince S, M., Gusar, M. R. S., & Hutagalung, N. (2023). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR APRESIASI PROSA BERBASIS KEARIFAN LOKAL MENGGUNAKAN MOBILE LEARNING PADA MAHASISWA Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia , Universitas HKBP Nommensen , Medan , Indonesia. 4(03), 12–19.
Lestari, N. M. N., Yasa, I. N., & Dewantara, I. P. M. (2021). Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Teks Sastra Drama Di Kelas Xi Sma Negeri 4 Singaraja. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 256–264. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.277
Maulidiyah, I. (UIN S. H. J. (2023). Karakteristik Realisme Magis Dalam Novel Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia di MA / SMA Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/76833
Mulder, N. (2001). Mistisisme Jawa Ideologi di Indonesia. LKiS Yogyakarta.
Mulia, S. W. (2015). Realisme Magis dalam Novel Simple Miracles Doa dan Arwah Karya Ayu Utami. Surabaya: Universitas Airlangga.
Nida, K. (2020). Pergeseran Nilai Unggah-Ungguh oleh Generasi Muda dalam Masyarakat Jawa (Studi Kasus Masyarakat Desa Getassrabi Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus). Sosial Budaya, 17(1), 46–55.
Pramono, J., Mulawarman, W. G., & Hanum, I. S. (2022). Analisis Novel Orang-Orang Biasa Tinjauan Sosiologi Sastra. Ilmu Budaya: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Budaya, 6(3), 1193–1217.
Ratna, N. K. (2006). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Pustaka Pelajar.
Ratna, N. K. (2011). Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Pustaka Pelajar.
Setiawan, A., & Musaffak, M. (2019). Eksistensi Mistisisme Dalam Novel Amba Karya Laksmi Pamuntjak. KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 5(2), 146. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no2.146-156
Simpleman. (2019). KKN di Desa Penari. PT Bukune Kreatif Cipta.
Subqi, I, D. (2018). Islam dan Budaya Jawa. PT Taujih.
Suwija, I. N. (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Daerah Sesuai Kurikulum Merdeka Belajar. Sandibasa: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 122–135. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/view/2007%0Ahttps://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/sandibasa/article/download/2007/1452
Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Kanwa Publisher.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten