PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH: STUDI KASUS SCHOOL WELL BEING SISWA SMP DIDAERAH 3T (TERLUAR, TERPENCIL TERDEPAN)

Penulis

  • Yasni Febiwanti Mbado Universitas Cendekia Mitra Indonesia
  • Roy Gustaf Tupen Ama Universitas Cendekia Mitra Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1310

Kata Kunci:

Iklim Sekolah, School Well Being, Siswa SMP

Abstrak

Tujuan Penelitian Ini Yaitu Untuk Menemukan Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah: Studi Kasus School Well Being Siswa SMP Di daerah 3t (Terluar, Terpencil Terdepan). Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan memilih 150 siswa SMP ‘X’ di Rote sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun karakteristik partisipan penelitian ini terdiri dari peserta didik SMP, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 12–16 tahun dan bersekolah di wilayah 3T (terluar, terpencil, terdepan) daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi iklim sekolah yang mengacu pada teori Konold dan skala school well being yang mengacu pada teori Konu & Rimpela. Data dianalisis dengan teknik korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang substansial (F = 147,068, Partial Eta Square = 0,497, dan p = 0,000 (p <0,05)) antara Persepsi  siswa tentang iklim sekolah dengan  school well being . Sumbangan efektifnya persepsi iklim sekolah terhadap school well being sebesar 49,7%. Implikasi dari penelitian ini agar isu tentang school well being dapat diperhatikan dan diperbaiki untuk kepentingan pendidikan khususnya di daerah 3T sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan menghasilkan prestasi yang cemerlang.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldridge, J. M., Fraser, B. J., Fozdar, F., Ala’i, K., Earnest, J., & Afari, E. (2016). Students’ perceptions of school climate as determinants of wellbeing, resilience and identity. Improving Schools, 19(1), 5–26. https://doi.org/10.1177/1365480215612616

Anderman, E. M. (2002). School effects on psychological outcomes during adolescence. Journal of Educational Psychology, 94(4), 795–809. https://doi.org/10.1037/0022-0663.94.4.795

Anggreni, R. (2023). ANALYSIS OF TEACHER DISCRIMINATION AGAINST STUDENTS OF SOCIAL STUDIES DEPARTMENT IN CENTRAL KALIMANTAN. Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47668/jrrei.v1i1.708

Anjarsari D, Efendy M, & Sulthoni. (2018). The implementation of inclusion education assistance for elementary, junior high, and senior high school in sidoarjo regency. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1.

Arslan, G., & Coşkun, M. (2023). School Belongingness in Academically At-Risk Adolescents: Addressing Psychosocial Functioning and Psychological Well-Being. Journal of Happiness and Health, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47602/johah.v3i1.9

Azwar S. (2017). Metode Penelitian Psikologi.

Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439

Borualogo IS, & Nuraripiniati N. (2020). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Subjective Well Being Siswa SMP di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.29313/.v6i2.22343

Cornell D, Shukla K, & Konold TR. (2016). Authoritative School Climate and Student Academic Engagement, Grades, and Aspirations in Middle and High Schools. AERA Open, 2(2). https://doi.org/10.1177/2332858416633184

Hidayah N, Hardika, Hotifah Y, Susilawati S, & Gunawan I. (2017). Psikologi Pendidikan.

Konu, & Rimpela. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. HEALTH PROMOTION INTERNATIONAL, 17(1).

Kuswoyo, Nurul Hidayah, & Ahmad Muhammad Diponegoro. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal guru, student engagement dan Efikasi diri terhadap School well-being siswa SMPN 1 Semanu kabupaten Gunungkidul. Jurnal Syntax Transformation, 2(3).

Nurcahyaningsari D, & Maryati Lila I. (2019). School Well Being pada Siswa SMP.

Rira, & Sinding. (2023). Revitalisasi mutu pendidikan di wilayah 3T. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2).

Schleicher, A. (2019). 2018 Wawasan dan Interpretasi.

Tian, L., Liu, B., Huang, S., & Huebner, E. S. (2013). Perceived Social Support and School Well-Being Among Chinese Early and Middle Adolescents: The Mediational Role of Self-Esteem. Social Indicators Research, 113(3), 991–1008. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0123-8

Ulfa, M. (2023). Marginalisasi Pendidikan Siswa Di Daerah 3T: Studi Kasus SMPN 3 Tempurejo. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.13

Walgito B. (2010). Pengantar Psiklogi Umum.

Yuni, M., Cahyono, M., Genia, T., & Theresia, E. (2021). Peran Student Well-Being dan School Climate terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMP Yayasan “X” Bandung. Humanitas, 5(1), 1–16.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-11

Cara Mengutip

Mbado, Y. F., & Ama, R. G. T. . (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH: STUDI KASUS SCHOOL WELL BEING SISWA SMP DIDAERAH 3T (TERLUAR, TERPENCIL TERDEPAN). Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 283–293. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1310

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.