PERSEPSI SISWA TERHADAP IKLIM SEKOLAH: STUDI KASUS SCHOOL WELL BEING SISWA SMP DIDAERAH 3T (TERLUAR, TERPENCIL TERDEPAN)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1310Kata Kunci:
Iklim Sekolah, School Well Being, Siswa SMPAbstrak
Tujuan Penelitian Ini Yaitu Untuk Menemukan Persepsi Siswa Terhadap Iklim Sekolah: Studi Kasus School Well Being Siswa SMP Di daerah 3t (Terluar, Terpencil Terdepan). Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kuantitatif dan memilih 150 siswa SMP ‘X’ di Rote sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Adapun karakteristik partisipan penelitian ini terdiri dari peserta didik SMP, berjenis kelamin laki-laki dan perempuan, berusia 12–16 tahun dan bersekolah di wilayah 3T (terluar, terpencil, terdepan) daerah Rote, Nusa Tenggara Timur. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala persepsi iklim sekolah yang mengacu pada teori Konold dan skala school well being yang mengacu pada teori Konu & Rimpela. Data dianalisis dengan teknik korelasi pearson product moment untuk mengetahui hubungan antara variabel yang diteliti. Hasil Penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang substansial (F = 147,068, Partial Eta Square = 0,497, dan p = 0,000 (p <0,05)) antara Persepsi siswa tentang iklim sekolah dengan school well being . Sumbangan efektifnya persepsi iklim sekolah terhadap school well being sebesar 49,7%. Implikasi dari penelitian ini agar isu tentang school well being dapat diperhatikan dan diperbaiki untuk kepentingan pendidikan khususnya di daerah 3T sehingga siswa dapat belajar dengan baik dan menghasilkan prestasi yang cemerlang.
Unduhan
Referensi
Aldridge, J. M., Fraser, B. J., Fozdar, F., Ala’i, K., Earnest, J., & Afari, E. (2016). Students’ perceptions of school climate as determinants of wellbeing, resilience and identity. Improving Schools, 19(1), 5–26. https://doi.org/10.1177/1365480215612616
Anderman, E. M. (2002). School effects on psychological outcomes during adolescence. Journal of Educational Psychology, 94(4), 795–809. https://doi.org/10.1037/0022-0663.94.4.795
Anggreni, R. (2023). ANALYSIS OF TEACHER DISCRIMINATION AGAINST STUDENTS OF SOCIAL STUDIES DEPARTMENT IN CENTRAL KALIMANTAN. Journal on Research and Review of Educational Innovation, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47668/jrrei.v1i1.708
Anjarsari D, Efendy M, & Sulthoni. (2018). The implementation of inclusion education assistance for elementary, junior high, and senior high school in sidoarjo regency. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1.
Arslan, G., & Coşkun, M. (2023). School Belongingness in Academically At-Risk Adolescents: Addressing Psychosocial Functioning and Psychological Well-Being. Journal of Happiness and Health, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47602/johah.v3i1.9
Azwar S. (2017). Metode Penelitian Psikologi.
Borualogo, I. S., & Gumilang, E. (2019). Kasus Perundungan Anak di Jawa Barat: Temuan Awal Children’s Worlds Survey di Indonesia. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 15–30. https://doi.org/10.15575/psy.v6i1.4439
Borualogo IS, & Nuraripiniati N. (2020). Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Subjective Well Being Siswa SMP di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 6(2). https://doi.org/10.29313/.v6i2.22343
Cornell D, Shukla K, & Konold TR. (2016). Authoritative School Climate and Student Academic Engagement, Grades, and Aspirations in Middle and High Schools. AERA Open, 2(2). https://doi.org/10.1177/2332858416633184
Hidayah N, Hardika, Hotifah Y, Susilawati S, & Gunawan I. (2017). Psikologi Pendidikan.
Konu, & Rimpela. (2002). Well-being in schools: a conceptual model. HEALTH PROMOTION INTERNATIONAL, 17(1).
Kuswoyo, Nurul Hidayah, & Ahmad Muhammad Diponegoro. (2021). Pengaruh komunikasi interpersonal guru, student engagement dan Efikasi diri terhadap School well-being siswa SMPN 1 Semanu kabupaten Gunungkidul. Jurnal Syntax Transformation, 2(3).
Nurcahyaningsari D, & Maryati Lila I. (2019). School Well Being pada Siswa SMP.
Rira, & Sinding. (2023). Revitalisasi mutu pendidikan di wilayah 3T. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 1(2).
Schleicher, A. (2019). 2018 Wawasan dan Interpretasi.
Tian, L., Liu, B., Huang, S., & Huebner, E. S. (2013). Perceived Social Support and School Well-Being Among Chinese Early and Middle Adolescents: The Mediational Role of Self-Esteem. Social Indicators Research, 113(3), 991–1008. https://doi.org/10.1007/s11205-012-0123-8
Ulfa, M. (2023). Marginalisasi Pendidikan Siswa Di Daerah 3T: Studi Kasus SMPN 3 Tempurejo. COMPETITIVE: Journal of Education, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.58355/competitive.v2i1.13
Walgito B. (2010). Pengantar Psiklogi Umum.
Yuni, M., Cahyono, M., Genia, T., & Theresia, E. (2021). Peran Student Well-Being dan School Climate terhadap Prestasi Akademik pada Siswa SMP Yayasan “X” Bandung. Humanitas, 5(1), 1–16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










