PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) IPAS BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA KELAS IV DI SDN 06 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA

Penulis

  • M. Anggrayni PGSD, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Wiwik Okta Susilawati PGSD, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Ady Batuzzulfa PGSD, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Dhara Atika Putri PGSD, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia
  • Feby Kharisna PGSD, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1417

Kata Kunci:

Pengembangan E-Modul, IPAS, PJBL, Model ADDIE

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa Modul Elektronik (E-Modul) IPAS Berbasis Model Project Based Learning (PJBL), guna untuk menambahkan bahan ajar yang menarik, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R & D). Model yang digunakan, yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), yaitu analisis kebutuhan, analisis materi, analisis bahan ajar yang digunakan di sekolah dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap perancangan (design), yaitu tahap perancangan E-Modul dan tahap perancangan instrumen penelitian. Tahap pengembangan, (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (implementation) yaitu tahap uji coba praktikalitas, dan tahap evaluasi (evaluation), yaitu tahap evaluasi dilakukan efektivitas yang dilaksakan di SDN 06 Sitiung. Hasil penelitian validasi E-Modul IPAS pada uji validasi oleh 5 orang ahli mendapatkan skor rata-rata 86.6% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang dinilai dari angket respon pendidik mendapatkan skor rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis dan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 91% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas E-Modul IPAS didapatkan dari hasil uji efektivitas berupa soal tes yang diisi oleh peserta didik dan mendaptkan presentase 85.7% dengan kategori sangat efektif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. 3, 14504–14516.

Anggrayni, M., Amril, & Vilda Agustina. (2023). Pengembangan Asesmen Diagnostik Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sdn 01 Sitiung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812–5820. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1375

Anggrayni, M., & Apreasta, L. (2022). THE DEVELOPMENT OF INTEGRETED THEMATIC BOOK USING PROBLEM BASED LEARNING FOR 5 GRADE STUDENT IN PRIMARY SCHOOL PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK TERPADU. 10(1), 69–76.

Anggrayni, M., Putri, S. R., & Fitriani, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 631–637. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.995

Anggrayni, M., Ratnawati, R., & Fransiska, D. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Capcut PadaMata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 169–179. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.496

Febriani, N., & Widiyanto, R. (2024). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291

Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Manasikana, A., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–8.

Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Putrini, L. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 2(2), 183–193.

Muthmainnah, M., Mansur, H., & Chamidah, N. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 812–817.

Okta Susilawati, W., Sonia Yulia Friska, Dwi Okta Pratiwi, & Ahmad Ilham Asmaryadi. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lk) Pendidikan Pancasila Kelas Iv Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 01 Padang Laweh. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6133–6147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1393

Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 523–530. https://conference.unikama.ac.id/artikel/

Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519

Susilawati, W. O. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 5933–5942.

Susilawati, W. O., Apreasta, L., & Septiani, H. (2023). Pengembangan Tes Formatif dan Sumatif Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV Di Tingkat Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8402–8415.

Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Anggrayni, M., Susilawati, W. O. ., Batuzzulfa, A. ., Putri, D. A. ., & Kharisna, F. . (2025). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) IPAS BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA KELAS IV DI SDN 06 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 881–889. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1417

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.