PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) IPAS BERBASIS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) PADA KELAS IV DI SDN 06 SITIUNG KABUPATEN DHARMASRAYA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1417Kata Kunci:
Pengembangan E-Modul, IPAS, PJBL, Model ADDIEAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa Modul Elektronik (E-Modul) IPAS Berbasis Model Project Based Learning (PJBL), guna untuk menambahkan bahan ajar yang menarik, dan meningkatkan hasil belajar peserta didik sehingga mencapai tujuan pembelajaran. Jenis penelitian dan pengembangan ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R & D). Model yang digunakan, yaitu pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis (analyze), yaitu analisis kebutuhan, analisis materi, analisis bahan ajar yang digunakan di sekolah dan analisis karakteristik peserta didik. Tahap perancangan (design), yaitu tahap perancangan E-Modul dan tahap perancangan instrumen penelitian. Tahap pengembangan, (development) yaitu tahap pengembangan dilakukannya uji validitas oleh ahli. Tahap implementasi (implementation) yaitu tahap uji coba praktikalitas, dan tahap evaluasi (evaluation), yaitu tahap evaluasi dilakukan efektivitas yang dilaksakan di SDN 06 Sitiung. Hasil penelitian validasi E-Modul IPAS pada uji validasi oleh 5 orang ahli mendapatkan skor rata-rata 86.6% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas yang dinilai dari angket respon pendidik mendapatkan skor rata-rata 95% dengan kategori sangat praktis dan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 91% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas E-Modul IPAS didapatkan dari hasil uji efektivitas berupa soal tes yang diisi oleh peserta didik dan mendaptkan presentase 85.7% dengan kategori sangat efektif.
Unduhan
Referensi
Anggrayni, M. (2023). Pengembangan Modul Ajar Mata Pelajaran IPAS Dalam Kurikulum Merdeka Pada Kelas IV Sekolah Dasar. 3, 14504–14516.
Anggrayni, M., Amril, & Vilda Agustina. (2023). Pengembangan Asesmen Diagnostik Ipas Dalam Kurikulum Merdeka Kelas Iv Sdn 01 Sitiung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5812–5820. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1375
Anggrayni, M., & Apreasta, L. (2022). THE DEVELOPMENT OF INTEGRETED THEMATIC BOOK USING PROBLEM BASED LEARNING FOR 5 GRADE STUDENT IN PRIMARY SCHOOL PENGEMBANGAN BUKU AJAR TEMATIK TERPADU. 10(1), 69–76.
Anggrayni, M., Putri, S. R., & Fitriani, F. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Ipas Pada Kurikulum Merdeka Di Kelas Iv Sdn 09 Sitiung. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 631–637. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.995
Anggrayni, M., Ratnawati, R., & Fransiska, D. (2023). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Capcut PadaMata Pelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 169–179. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.496
Febriani, N., & Widiyanto, R. (2024). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291
Hadiyanti, A. H. D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344
Manasikana, A., & Listiadi, A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Android Pada Materi Jurnal Penyesuaian Dan Jurnal Koreksi Untuk Kelas XII Akuntansi Di SMKN 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–8.
Mayuni, K. R., Rati, N. W., & Putrini, L. P. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. 2(2), 183–193.
Muthmainnah, M., Mansur, H., & Chamidah, N. (2023). Jurnal Pendidikan MIPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(September), 812–817.
Okta Susilawati, W., Sonia Yulia Friska, Dwi Okta Pratiwi, & Ahmad Ilham Asmaryadi. (2023). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lk) Pendidikan Pancasila Kelas Iv Dalam Kurikulum Merdeka Di Sdn 01 Padang Laweh. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 6133–6147. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1393
Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 523–530. https://conference.unikama.ac.id/artikel/
Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Perkembangan Sosial Aud Berbasis Karakter Menggunakan Software Flipbook Maker. Inspiratif Pendidikan, 10(2), 1. https://doi.org/10.24252/ip.v10i2.23519
Susilawati, W. O. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 5933–5942.
Susilawati, W. O., Apreasta, L., & Septiani, H. (2023). Pengembangan Tes Formatif dan Sumatif Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV Di Tingkat Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 8402–8415.
Susilawati, W. O., Friska, S. Y., & Yustika, S. I. (2023). Pengembangan E-Modul Pendidikan Pancasila Kelas IV dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3(2), 7976–7987.
Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten