PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1468Kata Kunci:
Pengembangan, Model Pembelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Berbasis Digital, Sekolah DasarAbstrak
Keunggulan konsep kurikulum merdeka membuat lembaga-lembaga pendidikan berlomba-lomba untuk mengimplementasikan kurikulum baru ini dengan berbagai kreatifitas dan kebaharuan versi masing-masing. Beberapa permasalahan, diakibatkan kurang mampunya pendidik memanage dan mengintegrasikan regulasi, gagasan, dan formulasi pembaharuan kompetensi peserta didik yang diharapkan. Untuk merealisasikan gagasan baik ini, tentu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat diimplementasikan di kelas, guna mewujudkan profil pelajar Pancasila. Pengembangan model pembelajaran berdampak positif dalam kemampuan peserta didik. Dengan rancangan pembelajaran yang tepat, peserta didik dapat mendapatkan pengalamana yang lebih bermakna dan mengakomodir kebutuhan peserta didik. Penelitian ini merupakupakan penelitian RND yang dilakukan untuk mengembangkan Model Pembelajaran Projek Pengutan Profil Pelajar Pancasila berbasis Digital di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE pada 3 SD di Bojpnegoro dengan melibatkan 120 siswa. Penelitian ini menghasilkan 8 sintaks ideal dalam pelaksanaan pembelajaran projek penguatan profil pelajar Pancasila berbasis digital yakni Introduse dan Persiapan, Menentukan Projek, Menyepakati Projek, Membuat Timeline sesuai Kesepakatan, Monitoring, Penyusunan Hasil, Diseminasi Hasil, dan Evaluasi Hasil. Kegiatan ini divalidasi oleh ahli pembelajaran, ahli kurikulum Merdeka, dan ahli materi, dengan hasil baik. Implementasikan model pembelajaran ini menunjukkan bahwa keterlibatan siswa dalam penentuan proyek dan pembuatan timeline sangat berpengaruh pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan proyek.
Unduhan
Referensi
Ana, A. N. F., Safrizal, & Sunarti. (2023). Analisis Kesulitan Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 4(2), 96–110. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v4i2.8043
Brown, P., & Lee, S. (2022). Enhancing Cultural Values through Technology-Integrated Learning. International Journal of Educational Technology.
Cantika, I., Supawi, M., & Hasbullah. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama pada Proyek Profil Pelajar. JMI : JURNAL MILLIA ISLAMIA, 02(1), 266–276.
Hari, Y. (2022). Penelitian Dan Pengembangan Model ADDIE Dan R2D2. Pasuruan: Lembaga Akademika & Research Institute.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Farhatunnisa, G., & Mayanti, I. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Johnson, D., & Smith, R. (2021). Integrating Digital Technology in Project-Based Learning. Journal of Educational Technology & Society.
Lee, K., & Park, S. (2022). Cultural Contextualization in Digital Learning for Elementary Students. Computers & Education.
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran. Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia. Retrieved from https://ditpsd.kemdikbud.go.id/upload/filemanager/download/kurikulum-merdeka/Kepmen No 262 Perubahan 56 Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pemulihan Pembelajaran.pdf
Nakamura, T. (2023). Character Education Through Technology in Asia. Asia-Pacific Education Researcher.
Nugroho, F. P. (2017). Faktor-Faktor yang mempengaruhi Daya Serap Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Pendidikan Dan Ekonomi, 7(6), 533–544.
Nur’aini, S. (2023). Implementasi Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P2RA) dalam Kurikulum Prototife di Sekolah / Madrasah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 84–97.
Prasetyo, A. (2022). Project-Based Learning for Character Development in Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Karakter.
Rahmawati, E. (2021). Effectiveness of Digital Learning in Elementary Education. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia.
Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296
Safrizal, S., Sastri, W., Anastasha, D. A., & Syarif, M. I. (2022). Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4805–4812. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2679
Saraswati, D. (2023). Strengthening Local Values in Education Through Projects. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Wulandari, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Melaksanakan Pembelajaran Daring melalui Workshop Google Workspace pada Guru Madrasah Aliyah Kab. Bojonegoro. Progressive of Cognitive and Ability, 2(2), 48–56.
Wulandari, S. (2022). Integration of Pancasila and Rahmatan Lil ’Alamin Profiles in Madrasah Aliyah Al Iman Ponorogo Curriculum. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 2(2), 66–86. https://doi.org/10.21154/edusia.v2i2.633
Yosi, F., & Oktaviani, Y. (2023). Relevansi Empat Pilar Pendidikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil’ Alamin (P5PPRA). PenaEmas, 1(2), 55–65.
Yulia, N. M., Fithriyah, D. N., & Ilmi, M. M. (2023). Pengembangan Pembelajaran Inkuiri Berbasis Etnopedagogi untuk Mengoptimalkan Kemampua Literasi dan Moderasi Beragama Siswa Sekolah Dasar. Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(September 2023), 243–257. https://doi.org/https://doi.org/10.52431/murobbi.v7i2.2014
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten