PENGARUH ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN KINERJA GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SMK IT IBNU KATSIR JEMBER

Penulis

  • Muhammad Zainol Arifin Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Neviyani Neviyani Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Shendy Andrie W Universitas PGRI Argopuro Jember, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1482

Kata Kunci:

Administrasi Pendidikan, Kinerja Guru, Disiplin Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh Administrasi Pendidikan dan Kinerja Guru terhadap Disiplin Belajar di SMK IT Ibnu Katsir Jember. Menggunakan metode kuantitatif dengan survei analitik dan desain cross-sectional, sampel penelitian terdiri dari 31 siswa kelas X dan IX. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Administrasi Pendidikan (X1) memiliki pengaruh negatif terhadap Disiplin Belajar (Y), dengan nilai signifikansi 0,916 (lebih besar dari α = 0,05) dan nilai t hitung -0,107 (lebih kecil dari t tabel 2,048). Sebaliknya, Kinerja Guru (X2) memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap Disiplin Belajar, dengan nilai signifikansi 0,004 (kurang dari α = 0,05) dan nilai t hitung 3,432 (lebih besar dari t tabel 2,084). Selain itu, Administrasi Pendidikan dan Kinerja Guru secara simultan memberikan pengaruh positif terhadap Disiplin Belajar, dengan nilai signifikansi 0,003 (kurang dari α = 0,05) dan nilai F hitung 10,721 (lebih besar dari F tabel 3,33). Penelitian ini menyoroti peran penting Kinerja Guru dalam meningkatkan Disiplin Belajar, sementara Administrasi Pendidikan tidak menunjukkan dampak signifikan jika berdiri sendiri.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azhari. (2016). Manajemen pembiayaan pendidikan, fasilitas pembelajaran, dan mutu sekolah. In Jurnal Administrasi Pendidikan.

Halleyda, N. (2021). TUDENT FRIENDS COUNSELOR “KOSASI” OPTIMIZE STUDENT’S LEARNING DISCIPLINE IN DISTANCE LEARNING AT SMPN 2 JATISRONO. Jarlitbang, 6(1), 87–98.

Hanik, E. U., Istiqomah, N., Hanifah, A. N., Trisnawati, W., & Syifa, L. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Kedisiplinan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Civil Officium: Journal of Empirical Studies on Social Science, 8(1), 14–19.

Haryuni, S. (2013). Penerapan Bimbingan Konseling Pendidikan Dalam Membentuk Kedisiplinan Layanan Bimbingan Pengembangan Diri. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 389–416.

Kholilah. (2005). Hubungan antara prestasi siswa tentang administrasi pendidikan terhadap prestasi Belajar siswa di sekolah menengah atas (SMA) negeri 2 Tangerang.

Kurniawan. (2018). Budaya tertib siswa di sekolah. In CV Jejak (Jejak Publisher).

Made, N., & Dianis, F. (2023). Optimalisasi Perencanaan Administratif dalam Administrasi Pendidikan untuk Peningkatan Mutu Layanan Pendidikan di Indonesia. Jayapangus Press, 3(1), 464–478.

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101–106.

Padil. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 25–36.

Prananda, G., Kharismadewi, Y., Ricky, Z., & Friska, S. Y. (2021). The COVID-19 Pandemic Impact on Elementary Students Online Learning Motivation. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 153–160.

Purbiyanto, R. (2018). PENGARUH DISIPLIN BELAJAR, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.

Purniawati. (2018). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Disiplin Belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. In (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Rohman, F. (2018). PERAN PENDIDIK DALAM PEMBINAAN DISIPLIN SISWA DI SEKOLAH / MADRASAH. Ihya Al-Arabiyah, 4(1), 72–94.

Sobri, M., Yogyakarta, U. N., Belajar, K., Sobri, M., & Yogyakarta, U. N. (2015). PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI MADRASAH ALIYAH DI KECAMATAN PRAYA. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43–56.

Sriwidianti, E. (2024). PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA ERA NEW NORMAL. Berajah JournalJurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 6(1).

Syukur, A., & Universitas. (2021). RUANG LINGKUP DAN FUNGSI ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Jurnal El-Fakhru, 1(1), 28–45.

Yani. (2023). Administrasi pendidikan. In CV. Tatakata Grafika.

Zakiah, N., Fahrezi, M., Nursikah, I., & Azhari, M. T. (2024). Dinamika Kepemimpinan Perguruan Tinggi : Tantangan dan Strategi Manajemen untuk Menanggapi Perubahan Cepat di Era Globalisasi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(1), 3146–3153.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-28

Cara Mengutip

Arifin, M. Z. ., Neviyani, N., & Andrie W, S. . (2025). PENGARUH ADMINISTRASI PENDIDIKAN DAN KINERJA GURU TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SMK IT IBNU KATSIR JEMBER. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 849–855. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1482

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.