IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR DI KOTA BIMA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1587Kata Kunci:
Evaluasi, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstrak
Evaluasi kurikulum merdeka bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kurikulum tersebut diimplementasikan dengan baik dan untuk mengidentifikasi bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah, praktik pembelajaran dan faktor-faktor pendukung, serta hambatan dan tantangan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan model evaluasi penerapan CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan pendekatan mixed method. Subjek wawancara terdiri dari kepala program, guru senior, dan siswa. Kepala program dipilih karena memiliki wawasan strategis mengenai perencanaan dan tujuan program. Data hasil wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka secara umum sudah tergolong baik pada semua aspek CIPP, namun masih perlu ditingkatkan untuk mencapai kriteria sangat baik. Praktik implementasi kurikulum juga sudah cukup memuaskan, didukung oleh keantusiasan guru dan kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar dan mengembangkan inovasi. Faktor-faktor pendukung, seperti kesiapan tenaga pendidik dan sarana prasarana, juga berperan penting dalam keberhasilan implementasi. Hambatan penelitian yaitu terbatasannya buku ajar, kurangnya kompetensi guru dalam evaluasi penilaian, serta kendala yang dihadapi peserta didik. Simpulan, implementasi Kurikulum Merdeka di SD se-Kota Bima tergolong baik, namun perlu peningkatan lebih lanjut terutama dalam aspek penilaian dan penyediaan sumber belajar agar hasilnya lebih optimal.
Unduhan
Referensi
Angreza, B., & Purwanto, D. (2023). Inovasi pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional di SDN inti tomoli. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 99–106. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16577
Arzfi, B. P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2 SE-Articles), 747–753. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405
Barca, M., Quinto, A. M. V., & Sgrò, F. (2022). Assessing Declarative Tactical Knowledge in Physical Education. In Advances in Early Childhood and K-12 Education (pp. 277–293). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-9621-0.ch015
Divayana, D. G. H., Ariawan, I. P. W., & Giri, M. K. W. (2021). PENGARUH APLIKASI EVALUASI MODEL CIPP YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN METODE SAW TERHADAP EFEKTIVITAS PELAKSANAAN E-LEARNING. In Sebatik (Vol. 25, Issue 2, pp. 514–519). STMIK Widya Cipta Dharma. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1462
Gayatri, R., & Suklani. (2024). Pengaruh Kurikulum Merdeka Belajar Terhadap Keberhasilan Belajar Siswa SMA/MA Di Kota Cirebon. In Al-Mau’izhoh (Vol. 6, Issue 1, pp. 624–633). Universitas Majalengka. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.7827
Gutiérrez, F. G. (2022). El juego motor para la enseñanza y aprendizaje de las competencias de la educación física (The motor game for the teaching and learning of physical education competencies). In Retos (Vol. 45, pp. 1119–1126). Federacion Espanola de Asociaciones de Docentes de Educacion Fisica (FEADEF). https://doi.org/10.47197/retos.v45i0.90023
Harvianto, Y., & Bernisa, B. (2019). PELATIHAN PEMBELAJARAN PENJAS YANG MENARIK DENGANMETODE PROGRESS CARD MELALUI CIRCUIT TRAININGDANLADDER DRILL. Abdi Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.36312/abdi.v1i2.1090
Hasugian, A., Masyitoh, I. S., & Fitriasari, S. (2024). Cultivating local wisdom through the Profil Pelajar Pancasila program in Kurikulum Merdeka Belajar. In Inovasi Kurikulum (Vol. 21, Issue 1, pp. 501–514). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). https://doi.org/10.17509/jik.v21i1.66755
Ilham, A., Amri, M. F. L., Isnanto, J., & Kadir, S. S. (2022). Evaluation of The Physical Training Program of Table Tennis Clubs in Bengkulu City. In Asian Journal of Social and Humanities (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–12). Pelopor Publikasi. https://doi.org/10.59888/ajosh.v1i01.3
Kanca, I. N., Ginaya, G., & Astuti, N. N. S. (2021). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah secara Daring pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Pariwisata. Proceedings, 5, 95–100.
Kurniawati, W., Supriatna, E., Padli, A., Aristanto, A., Murthada, M., & Firdaus, M. (2023). THE TEACHERS’ ROLES IN EDUCATIONAL ASPECT OF MERDEKA BELAJAR AT SCHOOLS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2 SE-Articles), 735–741. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1131
kusuma, wening sekar, Sukmono, N. D., & Tanto, O. D. (2022). Stimulasi Perkembangan Kognitif Anak Melalui Permainan Tradisonal Dakon, Vygotsky Vs Piaget Perspektif. Raudhatul Athfal Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 67–81. https://doi.org/10.19109/ra.v6i2.14881
Lestiani, W., Bachtiarsbach, & Susarno, L. (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM MBKM (MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA) DI PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN UPR DALAM PERSPEKTIF TEORI BELAJAR. In Jurnal Teknologi Pendidikan (Vol. 4, Issue 1, pp. 1–10). Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Palangka Raya. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v4i1.12084
Majdi, M. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21: Peluang dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka Belajar pada STIT Buntet Pesantren Cirebon. In JIECO: Journal of Islamic Education Counseling (Vol. 3, Issue 1, pp. 12–25). STIT Buntet Pesantren. https://doi.org/10.54213/jieco.v3i1.254
Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Mughni, M. S. (2023). Desain Kurikulum Merdeka Belajar dan Transformasi Evaluasi Pendidikan Agama Islam. In JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA (Vol. 1, Issue 2, pp. 97–107). CV. Alim’s Publishing. https://doi.org/10.59024/jipa.v1i2.169
Mutaqin, A. Z. (2024). RELEVANSI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA (MBKM) DENGAN ERA SOCIETY 5.0. In HASBUNA : Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 4, Issue 2, pp. 357–368). Institut Agama Islam Tasikmalaya. https://doi.org/10.70143/hasbuna.v4i2.310
Nisa, K., Wiyanto, W., & Sumarni, W. (2021). SISTEMATIK LITERATUR REVIEW: LITERASI SAINS DAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, AND SOCIETY). EDUSAINS, 13(1), 73–82. https://doi.org/10.15408/es.v13i1.18717
Nurhamidah, S. D., Sujana, A., & Karlina, D. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ANDROID PADA MATERI SISTEM TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1318–1329. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3190
Paskarina, C., Rahmatunnisa, M., & Herdiansah, A. G. (2023). PENGEMBANGAN DESAIN KURIKULUM ILMU POLITIK DALAM KONTEKS MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA. In Dharmakarya (Vol. 11, Issue 4, p. 361). Universitas Padjadjaran. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.36717
Prasetyo, A. (2024). IMPLEMENTATION OF TECHNOLOGY APPROACH IN INDEPENDENT CURRICULUM DEVELOPMENT IN ELEMENTARY SCHOOL. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1 SE-Articles), 32–39. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1044
Pritasari, O., Wilujeng, B. Y., & Windayani, N. R. (2023). PENERAPAN KURIKULUM OUTCOME BASED EDUCATION (OBE) DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA DI PRODI S1 PENDIDIKAN TATA RIAS. In Journal of Vocational and Technical Education (JVTE) (Vol. 5, Issue 1, pp. 41–48). Universitas Negeri Surabaya. https://doi.org/10.26740/jvte.v5n1.p41-48
Putra, D. D. (2022). Konteks Preservasi Pengetahuan pada Preservasi Permainan Tradisional di Perpustakaan Umum dan Arsip Kabupaten Pacitan. LibTech Library and Information Science Journal, 2(1). https://doi.org/10.18860/libtech.v2i1.15958
Rifan, M., & Hartono, H. (2023). Penerapan Model Contex, Input, Procces, Product (Cipp) pada Pembinaan Piktar Kopel Bulu Tangkis dengan Metode Weighted Product di Akademi Angkatan Udara. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi dan Inovasi Indonesia (SENASTINDO) (Vol. 5, pp. 323–330). Akademi Angkatan Udara. https://doi.org/10.54706/senastindo.v5.2023.272
Santati, P., Saftiana, Y., Mavillinda, H. F., & Ghasarma, R. (2022). Peningkatan Literasi Teknologi Informasi Bagi Perangkat Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Ilir Barat Dua Kota Palembang. In Yumary : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2, Issue 4, pp. 175–188). Goodwood Publishing. https://doi.org/10.35912/yumary.v2i4.1037
Saputra, A., Gistituati, N., Ambiyar, A., Bentri, A., Aziz, I., & Hidayati, A. (2024). ANALYSIS OF TEACHER BARRIERS IN THE IMPLEMENTATION OF CURRICULUM MERDEKA IN SECONDARY SCHOOLS. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1 SE-Articles), 50–57. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1228
Siregar, N., Hanani, S., Sesmiarni, Z., Ritonga, P., & Pahutar, E. (2024). DAMPAK PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM . Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2 SE-Articles), 680–690. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1345
Soto, G. M. (2023). Efecto de ejercicios pliométricos modificados en voleibol categoría 13-15 años masculino (Effect of modified plyometric exercises in volleyball 13-15 years old male category). In Retos (Vol. 48, pp. 244–251). Federacion Espanola de Asociaciones de Docentes de Educacion Fisica (FEADEF). https://doi.org/10.47197/retos.v48.94226
Suparlan, S. (2019). Teori konstruktivisme dalam pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88.
Yasmansyah, Y., & Sesmiarni, Z. (2022). KONSEP MERDEKA BELAJAR KURIKULUM MERDEKA. In Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (Vol. 1, Issue 1, pp. 29–34). Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. https://doi.org/10.31004/jpion.v1i1.12
Yurnalis, B. (2022). KONVERGENSI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN TANTANGAN KEILMUAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN. In Inovasi Pendidikan (Vol. 9, Issue 1). LPPM Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. https://doi.org/10.31869/ip.v9i1.3272
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten