EFEKTIVITAS PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SEKOTA SUNGAI PENUH
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1596Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Karakter Siswa, Kota Sungai PenuhAbstrak
Kurikulum merdeka diperkenalkan pada tahun 2020 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Dalam Kurikulum Merdeka siswa tidak hanya dibentuk menjadi insan yang cerdas namun juga memiliki karakter yang baik sesuai dengan nilai – nilai luhur Pancasila. Meski sudah diperkenalkan sejak 2020 namun di sekolah menengah pertama se Kota Sungai Penuh sendiri penerapan P5 baru dilakukan pada tahun 2022 namun sampai saat ini belum seluruh sekolah melaksanakannya secara maksimal dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di Sekolah Menengah Pertama se-Kota Sungai Penuh dan pengaruhnya terhadap karakter siswa. Penelitian ini menggunakan metode penilaian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen di tiga sekolah yakni SMP Negeri 1 Sungai Penuh, SMP Negeri 2 Sungai Penuh dan SMP Negeri 9 Sungai Penuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pemahaman guru terhadap P5 masih terbatas dan masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh koordinator dan fasilitator dalam penerapannya, namun penerapan proyek ini telah memberikan dampak positif terhadap perubahan karakter siswa, termasuk peningkatan kerjasama, kreativitas, dan rasa percaya diri. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan bagi guru dan dukungan orang tua agar implementasi P5 dapat berjalan lebih optimal.
Unduhan
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (First). Syakir Media Press.
Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295–5301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2918
Dwi, E., Silvia, E., & Tirtoni, F. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH ADIWIYATA. Journal Visipena, 13(2), 130–144. https://ejournal.bbg.ac.id/visipena
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). EDUCATIONAL RESEARCH: Competencies for Analysis and Application (Tenth). Pearson.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).
Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.
Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas Reliabilitas (First). Health Book Publishing.
Ismail Shalahudin, Suhana Suhana, & Zakiah Qiqi Yuliati. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewajudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2.
Matondang, Z. (2009). VALIDITAS DAN RELIABILITAS SUATU INSTRUMEN PENELITIAN. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 6(1), 87–97.
Miladiah, S. S., Sugandi, N., & Sulastini, R. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP Bina Taruna Kabupaten Bandung. JURNAL ILMIAH MANDALA EDUCATION, 9(1). https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4589/http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME
Mustoip Sofyan. (2023). Analisis Penilaian Perkembangan dan Pendidikan Karakter di Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum, 1(3).
Novikasari, I. (2016). Uji Validitas Instrumen. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Noviyanti, A. I. (2023). Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TK Dharma Wanita Kencong Berdasarkan Modul P5. Journal of Elementary School (JOES), 6(1), 118–125. https://doi.org/10.31539/joes.v6i1.6744
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Hasna, S., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2).
Suryaman. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Tuckman Bruce, & Harper, B. (2012). Conducting Educational Research (Sixth). Rowman and Little Field Publisher.Inc.
Yaumi, M. (2016). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, & Implementasi (Second). Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten