Pengembangan Media Pembelajaran Sifocus (Scrabble Integrated Flashcard Focus) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Materi Wujud Zat Benda

Penulis

  • Elvira Risva Firda Amalia Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Febriana Ibnul Zakia Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Wiji Astuti Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • M. Anas Thohir Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1601

Kata Kunci:

Etnosains, Flashcard, Motivasi Belajar, Scrabble

Abstrak

Materi IPA tentang wujud zat benda seringkali memiliki tujuan untuk mengajarkan siswa tentang jenis-jenis zat, perubahan wujud, dan lain-lain. Namun, mencapai tujuan-tujuan tersebut bisa menjadi sulit jika guru masih menggunakan metode ceramah konvensional. Salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh guru adalah mengadopsi media pembelajaran yang lebih sesuai, sehingga siswa dapat dengan lebih mudah mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Media pembelajaran scramble berbasis flashcard merupakan metode yang menuntut siswa dapat bekerjasama dengan baik dalam memecahkan sebuah persoalan, sehingga siswa dibuat agar dapat lebih berpartisipasi aktif selama pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar validasi dan angket respon motivasi belajar siswa. Hasil penelitian ini bahwa skala kelayakan media pembelajaran SIFOCUS dari validasi materi memperoleh skor 90,41% dan ahli media memperoleh skor 90,54%, sehingga penilaian mendapatkan kategori “Sangat Layak”. Penilaian terhadap jawaban angket motivasi belajar siswa memperoleh kategori “Sedang”, dengan dengan nilai 0,44 Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran SIFOCUS layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2022). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. Pearson Education.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Press.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.

Cacmakci, H. (2020). Misconceptions in the properties and states of matter. Science Education Journal, 45(2), 150-160.

Clara, F. (2021). Misconceptions in the concept of matter: A study on elementary school students. Journal of Science Education and Technology, 29(1), 55-65.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education. Routledge.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction. Pearson.

Kean, D., & Middlecamp, C. (2019). The complexity of science: Teaching abstract concepts. Journal of Educational Research, 72(4), 435-442.

Kurnia, R. (2019). Factors influencing student difficulties in learning science: The case of states of matter. International Journal of Education and Learning, 23(3), 188-200.

Liu, S., & Xie, M. (2021). Cognitive challenges in learning science: Role of logic and language. Cognitive Development in Science Education, 10(2), 108-119.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). New York: Cambridge University Press.

Molenda, M. (2015). Instructional Design: A Definition. In The Instructional Design Knowledge Base: Theory, Research, and Practice. Routledge.

Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2019). Designing Effective Instruction. Wiley.

Muderawan, A., et al. (2018). Student perceptions of science as a difficult subject. Journal of Science Education, 60(5), 112-118.

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press.

Purwanto, N., dkk. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2).

Rahmawati, Y., Ridwan, A., & Kurniawan, A. (2019). Integrasi etnosains dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan literasi sains siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(3), 406–415.

Riduan, R. (2017). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.

Sari, D., et al. (2020). Conceptual learning and problem-solving in science education. International Journal of Science and Education, 34(3), 76-88.

Sari, L. A. (2021). Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Flashcard pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 95-104.

Shoimin, A. (2014). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Sugiyono, M. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2023). Perkembangan Pembelajaran di Sekolah Dasar: Pendekatan Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sundayana, R. (2015). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Amalia, E. R. F., Zakia, F. I., Astuti, W., & Thohir, M. A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Sifocus (Scrabble Integrated Flashcard Focus) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas 4 SD Materi Wujud Zat Benda. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(1), 242–252. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i1.1601

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.