POTENSI DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN DI ERA INDUSTRI 4.0 DALAM DUNIA PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1667Kata Kunci:
Potensi, Tantangan, Pembelajaran Era Industri 4.0, PendidikanAbstrak
Potensi dan Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0 dalam Dunia Pendidikan. Era Industri 4.0 menghadirkan berbagai teknologi canggih seperti kecerdasan buatan (AI), dan Internet of Things (IoT) yang mengubah metode pembelajaran dan pengajaran di dunia keguruan. Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mengetahui Potensi Pembelajaran di Era Industri 4.0 dalam Dunia Pendidikan, b) untuk mengetahui Tantangan Pembelajaran di Era Industri 4.0 dalam Dunia Pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik Pengumpulan Data Wawancara dan Studi literatur. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis tematik, yaitu: pengumpulan data, membaca dan memahami data, interpretasi dan analisis data, verifikasi dan simpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru merasakan manfaat dari penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan platform pembelajaran digital yang memungkinkan penyesuaian materi pelajaran dengan kebutuhan individu siswa. Guru melaporkan bahwa mereka dapat memberikan umpan balik secara real-time berdasarkan data yang dikumpulkan melalui perangkat Internet of Things (IoT) atau aplikasi pembelajaran. Hal ini membantu siswa belajar dengan kecepatan dan gaya belajar mereka sendiri, meningkatkan keterlibatan dan retensi informasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterbatasan infrastruktur teknologi menjadi hambatan utama dalam penerapan teknologi pembelajaran. Guru di daerah pedesaan atau sekolah dengan sumber daya terbatas mengungkapkan bahwa mereka mengalami kesulitan dalam mengakses perangkat digital dan konektivitas internet yang memadai. Keterbatasan ini menghalangi upaya untuk mengimplementasikan teknologi seperti AI, IoT secara efektif.
Unduhan
Referensi
Atzori, L., Iera, A., & Morabito, G. (2017). Memahami Internet of Things: Definisi, potensi, dan tantangan. Jurnal Jaringan Komputer, 54(15), 2787–2805. DOI: 10.1016/j.comnet.2010.05.010
Chen, X., Huang, X., & Li, Y. (2019). AR dan VR dalam pendidikan: Aplikasi dan potensinya. Jurnal Teknologi Pendidikan Tinggi Internasional, 16(1), 12–25
Gilchrist, A. (2016). Industri 4.0: Internet industri dari benda-benda. Apress
Hidayat, S., & Rachman, M. (2020). Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(2), 124–136. https://doi.org/10.17509/jtp.v22i2.24038
Li, Y., & Lau, R. (2020). Transformasi digital dalam pendidikan: Peluang dan tantangan. Jurnal Pengembangan dan Pertukaran Teknologi Pendidikan, 14(1), 45–61.
Schwab, K. (2017). Revolusi industri keempat. Penguin Random House
Selwyn, N. (2016). Pendidikan dan teknologi: Isu-isu utama dan debat. Bloomsbury Publishing.
Sudira, P. (2020). Pembelajaran Berbasis Industri 4.0 di Pendidikan Kejuruan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 10(1), 40–50. https://doi.org/10.21831/jpv.v10i1.28892
Spector, J. M., Merrill, M. D., Elen, J., & Bishop, M. J. (2014). Buku pedoman penelitian tentang komunikasi pendidikan dan teknologi. Springer
UNESCO. (2019). Kecerdasan buatan dalam pendidikan: Tantangan dan peluang untuk pembangunan berkelanjutan. Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Gajdzik, B., Wolniak, R., & Saniuk, S. (2020). Integrasi teknologi Industri 4.0 di institusi pendidikan tinggi: Tinjauan sistematis. Frontiers in Education, 5(3), 167–180
Perry, B., Gajdzik, B., & Wolniak, R. (2021). Dampak COVID-19 pada kesiapan pendidikan digital: Pelajaran dari Industri 4.0. Lingkungan Pembelajaran Cerdas, 8(2), 112–126. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00127-8. https://doi.org/10.3389/feduc.2020.00167
Zhang, X., & Wu, Y. (2021). Pendidikan cerdas menggunakan IoT: Meningkatkan pembelajaran dan pengajaran dalam Pendidikan 4.0. IEEE Access, 9, 759–778. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2021.3045999
Kumar, A., & Sharma, S. (2022). From Industry 4.0 to Education 4.0: Bridging the skills gap in the new workforce. Journal of Enhanced Technology Learning, 14(1), 43–58. https://doi.org/10.4018/JETL.20220101
Nguyen, T., & Bui, Q. (2020). The transformative impact of digital education on learning outcomes in Education 4.0. Journal of Educational Technology and Society, 23(4), 94–110. https://doi.org/10.1080/09485220.2020.097
Dhivya, D. S., Hariharasudan, A., & Nawaz, N. (2023). Unleashing potential: Multimedia learning and Education 4.0 in learning Professional English Communication. Cogent Social Sciences, 9(2), 1–22. https://doi.org/10.1080/23311886.2023.2248751
Gamar, M. M., Al Faruq, M. S., & Lina, L. (2018). Challenging the Indonesian Primary Education in Industrial Revolution 4.0 Era. 269(CoEMA), 46–48. https://doi.org/10.2991/coema-18.2018.12
Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(4), 31–47. https://doi.org/10.3991/IJIM.V15I04.20291
Robandi, B., Kurniati, E., & Puspita Sari, R. (2019). Pedagogy In The Era Of Industrial Revolution 4.0. 239, 38–46. https://doi.org/10.2991/upiupsi-18.2019.7
West, D. M. (2018). Masa depan pekerjaan: Robot, kecerdasan buatan, dan otomatisasi. Brookings Institution Press
Wicaksono, A., & Darmawan, E. (2019). Implementasi Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Industri 4.0 pada Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1), 56–62. https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.2323
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten