STRATEGI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS AGAMA KRISTEN (STUDI SMA SWASTA DI SURABAYA)
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v6i1.1692Kata Kunci:
Strategi Sekolah, Penerimaan peserta didik baru, SMA SwastaAbstrak
Perkembangan Sekolah swasta di Surabaya yang banyak mengakibatkan persaingan mendapatkan peserta didik antar sekolah semakin ketat. Tujuan penelitian ini untuk melihat strategi sekolah swasta di Surabaya berbasis agama Kristen dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik baru. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kualitatif Studi Kasus, pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuisioner. penelitian ini mengambil 1 sekolah swasta di surabya berbasis agama kristen. Subjek dari penelitian ini adala kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan wali murid/Komite. Hasil penelitian ini terdapat 3 Sub tema besar antara lain, (1) Penerapan strategi internal berpacu dengan pengembangan sumber daya manusia dan dorongan untuk mengenalkan sekolah, peningkatan sarana prasarana, pelayanan siswa, Kurikulum unggulan berbasis agama kristen, Kordinasi organisasi yang kuat, pengembangan IPTEK, Kebijakan internal yang memberikan keuntungan bagi calon peserta didik. (2) Penerapan Strategi Eksternal peran partsisipasi wali murid, alumni, dan masyarakat sekitar, Kebijakan pendidikan pemerintah pusat, dan pengembangan implementasi pemasaran pendidikan yang kreatif,. (3) Hambatan dalam penerapan strategi perlunya pengembangan fasilitas dan peningkatan layanan peserta didik baru perlu di tingkatkan mengikuti perkembangan zaman. Penerapan startegi eksternal memerlukan adanya upaya pemasaran yang strategis dan persaingan harga yang sesuai dengan pembiayaan sekolah.
Unduhan
Referensi
Agil, N. (2020). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 8 No. 2 (Mei, 2020). JUrnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2), 157–167. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/25434&ved=2ahUKEwic5fep2PHsAhUSeYKHU8fBGQQFjAAegQICRAC&usg=AOvVaw3Tezzh5erg5X3r51XrDwtW
Ahmad, M. (2021). A Comparative Study of Teachers ’ Academic & Professional Qualifications in Public and Private Secondary Schools in Malakand Division The research study was delimited to the following. VI(I). https://doi.org/10.31703/gesr.2021(VI-I).18
Amirudin. (2019). Model Manajemen Pondok Pesantren dalam Peningkatan Mutu Santri Bertaraf Internasional: Studi pada Pondok Pesantren Amanatul Ummah Mojokerto Jawa Timur. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 222–241. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idarohe-ISSN:2580-2453https://doi.org/10.24042/alidarah.v9i2.5607%0Ahttp://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/5607
Andreas. (2021). Penerapan Strategi Promosi Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan Di Masa Pandemi Covid-19. 6, 102–110.
Anisa, N., Furqorina, R., Gonadi, L., & Wulandari, R. T. (2020). PELATIHAN PEMBUKUAN KEUANGAN UNTUK. 3(2), 136–139.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
Arif, A., Mannan, M., & Darim, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Nahwu Sharaf Menggunakan Metode Tamyiz Pada Masa Pandemi Covid 19. Kharisma: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(1), 59–68. https://doi.org/10.59373/kharisma.v1i1.6
Arikunto, S. (2010). prosedur penelitian, jakarta: Rineka Cipta. Syarifudin, Y.(2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Armstrong, P. W., Brown, C., & Chapman, C. J. (2021). School-to-school collaboration in England : A configurative review of the empirical evidence. 9(1), 319–351. https://doi.org/10.1002/rev3.3248
Badriah, L., Pratiwi, E. S., & Yusuf, M. (2020). Strengthening Character Education through the Implementation of Madrasah’s Culture: A Study at State Islamic Primary School 1 Bantul. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(01), 37. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v6i01.2207
Bano, M. (2022). The Missing Link : Low-Fee Private Tuition and Education Options for the Poor – The Demand-Side Dynamics in Pakistan Masooda Bano. September.
Eseyin, E. O. (2022). TEACHER’S CAPACITY MANAGEMENT TECHNIQUES FOR IMPROVED EDUCATIONAL OUTCOME AMONG PRIVATE AND PUBLIC SECONDARY SCHOOL STUDENTS IN NIGERIA. 6(2), 243–261.
Fitriani, M. I., Viktor, M., Hakim, F., Kunci, K., Kepemimpinan, :, Sekolah, K., & Sekolah, K. (2021). Principal Leadership Patterns in Collaborating With School Committee. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam , 6(1), 194–205. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq
Hasibuan, M., Mendrofa, H., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG MENJALANI PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. Indonesian Trust Health Journal, 3, 387–393. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65
Hayudiyani, M., Saputra, B. R., Adha, M. A., & Ariyanti, N. S. (2020). Strategi kepala sekolah meningkatkan mutu pendidikan melalui program unggulan sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 89–95. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30131
Humaida, N., Aula Sa’adah, M., Huriyah, H., & Hasanatun Nida, N. (2020). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (Sustainable Development Goals) Dalam Perspektif Islam. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 18(1), 131. https://doi.org/10.18592/khazanah.v18i1.3483
Juhji, S. P. (2020). Manajemen humas pada lembaga pendidikan. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 6.
Karo-karo, S. (2024). Christian Education as an Effort to Build a Generation with Integrity. 3(7), 1638–1647.
Labobar, K. (2022). Christian family role in implementing Christian education in family context to Christian character building. 5(3), 110–115. https://doi.org/10.33750/ijhi.v5i3.157
Lee, J., & Lubienski, C. A. (2021). A Spatial Analysis on Charter School Access in the New York Metropolitan Area. Teachers College Record, 123(2), 1–30. https://doi.org/10.1177/016146812112300205
Marit, E., Nainggolan, P., Nainggolan, L., Purba, B., mardia, Sudarmanto, E., Alamodi, A., Nugraha, N. A., Kareth, M., Purba, E., Faried, A., & Hakima, A. (2021). Pengantar Ilmu Ekonomi.
Mohan, K. (2023). Employment Conditions of Private School Teachers in Tamil Nadu – Legal Regime and Judiciary’s Approach. International Journal For Multidisciplinary Research, 5(3), 1–7. https://doi.org/10.36948/ijfmr.2023.v05i03.3383
Nasution, N., & Hasan, M. A. (2021). IbM Aplikasi Keuangan Pada Sekolah Dasar Luhuring Budi Kecamatan Rumbai. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3 SE-Articles), 754–762. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.3492
Pennington, M. (2014). Say Anything Three things to know about Philadelphia ’ s school budget : Debt , pensions and safety. Sayanythingblog. https://www.sayanythingblog.com/entry/three-things-to-know-about-philadelphias-school-budget-debt-pensions-and-safety/
Pratomo, C., Tri Herlambang, Y., Peran, P., Dalam, K., Karakter, P., Pedagogik, J., Dasar, P., Pratomo, I. C., Herlambang, Y. T., & Artikel, S. (2021). Pentingnya Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter. Juni, 8(1), 7–15.
Rismita, R., & Istaryatiningtias, I. (2023). Management of Private School Social Marketing Strategies in Maintaining the Target Adopters Obtained. International Journal of Social Science and Human Research, 6. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v6-i10-58
Sandyakala, M. C. (2020). Peran Public Relations dalam Meningkatkan Citra Lembaga Pendidikan The Public Relations Role in Enhanching the Image of Educational Institutions. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum Dan Pendidikan, 30(4(90)), 33–37. https://doi.org/10.26642/ema-2019-4(90)-33-37
Santosa, A. B., & Zuhaery, M. (2021). MEMBANGUN KARAKTER SISWA MELALUI. XII(2).
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Title article. E-Tech, 08(02), XX–XX. https://doi.org/10.1007/XXXXXX-XX-0000-00
Satriadi, S. (2020). TINGKAT KUALITAS PELAYANAN BERDASARKAN KARAKTERISTIK PELANGGAN PADA HOTEL " X " BANDUNG. 13(100), 56–69. https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/603
Shaban, S., Omar Mokhtar, M., ahmad radzi, N., Saat, R., & Meerangani, K. (2022). Psychological Well-Being with Organizational Citizenship Behavior among Sra Teachers: A Concept Paper. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 12. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/v12-i9/14883
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, dan R&D (Issue January). Alfabeta.
Susanti, H. (2021). Manajemen Pendidikan, Tenaga Kependidikan, Standar Pendidik, dan Mutu Pendidikan. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 33–48. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.254
Tampubolon, H. (2023). Pendayagunaan Kepuasan dan Suasana Kerja dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah Swasta. Jurnal Simki Pedagogia, 6(1), 277–285. https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.323
Tohawi, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Pada Kurikulum Merdeka (Studi Kasus pada jenjang Sekolah Menengah pertama). Jurnal Pemikiran Dan PenelitianJurnal Pemikiran Dan Penelitian, 9(2), 51–58. https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/innovative/article/view/603
Uno, H. B., & Lamatenggo, N. (2016). Tugas guru dalam pembelajaran. In Bumi Aksara (p. 198).
Yadnya, I. G. A. O. (2020). PERAN STRATEGIS PENGAWAS SEKOLAH MENJAWAB GLOBALISASI PENDIDIKAN. Guepedia. https://books.google.co.id/books?id=KLVKEAAAQBAJ
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten