Evaluation Of Character Education Of El-Fash Islamic Elementary School With Cipp Model

Penulis

  • Sudarman Damanik Leadership and Managerial Education and Training Center, Ministry of Finance

DOI:

https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1752

Kata Kunci:

Character Building, CIPP, Life Skills, Learning Evaluation

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter level dasar (mandiri, kreatif, bermanfaat, dan terasah aspek spiritual) pada siswa kelas III SD Islam El-Fash Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana kuisioner oleh orang tua siswa, dokumentasi, dan portofolio dijadikan sebagai instrumen penelitian. Peneliti memiliki asumsi bahwa suatu nilai bisa disebut karakter yang melekat pada siswa jika nilai tersebut juga diterapkan di luar sekolah sehingga menjadi pembiasaan. Maka asumsi ini akan dinilai melalui kuisioner orang tua terhadap kebiasaan siswa di luar sekolah. Evaluasi yang dihasilkan dengan metode CIPP (Context, Input, Process, Product)  digunakan untuk menentukan apakah suatu program harus diganti, revisi atau dihentikan. Penggunaan model CIPP membantu peneliti dalam merumuskan revisi dan hal-hal yang berkaitan dengan berhasil atau tidaknya sebuah program pembelajaran. Rata-rata nilai karakter (mandiri, kreatif, bermanfaat, terasah aspek spiritual) berdasarkan visi dan misi SD Islam El-Fash yaitu 2,0 dari skala 0-3 (cukup efektif). Sedangkan berdasarkan nilai dari aspek-aspek karakter Kemendiknas 2010, pendidikan karakter SD Islam El-Fash telah memenuhi semua kriteria yang dimaksud. Oleh karena itu, peneliti menilai bahwa SD Islam El-Fash telah berhasil menjalankan visi dan misinya dengan program pendidikan karakter dan life skills yang telah diterapkan untuk level dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aitami, S., Syamsuri, & Setiani, Y. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM

PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Wilangan, 1. https://doi.org/10.21831/CP.V1I3.245

Akbar, E. (n.d.). Metode Belajar Anak Usia Dini (2020th ed.). Prenada Media.

https://books.google.co.id/books/about/Metode_Belajar_Anak_Usia_Dini.html?id=MYP1Dw

AAQBAJ&redir_esc=y

Cahyani, D. R., Mulyadi, S., & Sianturi, R. (2023). Penguatan Karakter Mandiri Melalui Metode

Pembiasaan di TK Alphabet Kota Tasikmalaya. JECIE (Journal of Early Childhood and

Inclusive Education), 7(1), 129–135. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1258

Chusniyah, T. (2014, September 16). Penyebab Kenakalan dan Kriminalitas Anak [Academic]. FPsi

UM.

https://fpsi.um.ac.id/penyebab-kenakalan-dan-kriminalitas

anak/#:~:text=Beberapa%20penelitian%20mengenai%20perkembangan%20kenakalan,seoran

g%20anak%20berperilaku%20anti%20sosial.

17

Sudarman Damanik | Evaluation Of Character Education Of El-Fash Islamic Elementary School With Cipp Model

Dewi, D. A. (2015). Matematika hijau sebagai salah satu upaya pendidikan karakter berwawasan

lingkungan.

Math

Didactic:

Jurnal

Pendidikan

Matematika,

1(1),

33–38.

https://doi.org/10.33654/math.v1i1.92

Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan

Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. 02(02).

Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan

Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173.

https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527

Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya

Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1),

78–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501

Hamidi, F. (2024, October). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka [Academic]. artikel

mahasiswa. https://pasca.uinsyahada.ac.id/pendidikan-karakter-dalam-kurikulum-merdeka/

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3),

1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924

Jumarudin, J., Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN

HUMANIS RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.

Jurnal

Pembangunan

Pendidikan:

https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2623

Fondasi

Dan

Aplikasi,

2(2).

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (n.d.). Pedoman Sekolah: Pengembangan

Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2010th ed.). Kementerian Pendidikan Nasional

Republik Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=swzkEAAAQBAJ

Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun

2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94

Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2012). Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to

Theory

and

Practice.

Springer

Science

& Business

https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-009-5656-8_6

Supartini, U. (2024). Handbook Parent (Elementary school). El-Fash Publishing.

Supriyono,

A.

(2009).

Jenis-jenis

Model

Pembelajaran.

Pustaka

Media.

Belajar.

https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&cluster=10900019430422375463&btnI=1&hl=id

Willya, E., Rumondor, P., & Busran. (2018). Buku Senarai Penelitian: Islam Kontemporer Tinjauan

Multikultural.

Budi

Utama.

https://deepublishstore.com/produk/buku-senarai

penelitian/?srsltid=AfmBOor-qtZMdxnMAvQJX4_dtUkRGcCAZvJpNaxVtUrN

MKgM7L91kiO

Diterbitkan

2025-09-03

Cara Mengutip

Damanik, S. (2025). Evaluation Of Character Education Of El-Fash Islamic Elementary School With Cipp Model. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 6(2), 7–18. https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1752

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.