Evaluation Of Character Education Of El-Fash Islamic Elementary School With Cipp Model
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v6i2.1752Kata Kunci:
Character Building, CIPP, Life Skills, Learning EvaluationAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter level dasar (mandiri, kreatif, bermanfaat, dan terasah aspek spiritual) pada siswa kelas III SD Islam El-Fash Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dimana kuisioner oleh orang tua siswa, dokumentasi, dan portofolio dijadikan sebagai instrumen penelitian. Peneliti memiliki asumsi bahwa suatu nilai bisa disebut karakter yang melekat pada siswa jika nilai tersebut juga diterapkan di luar sekolah sehingga menjadi pembiasaan. Maka asumsi ini akan dinilai melalui kuisioner orang tua terhadap kebiasaan siswa di luar sekolah. Evaluasi yang dihasilkan dengan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) digunakan untuk menentukan apakah suatu program harus diganti, revisi atau dihentikan. Penggunaan model CIPP membantu peneliti dalam merumuskan revisi dan hal-hal yang berkaitan dengan berhasil atau tidaknya sebuah program pembelajaran. Rata-rata nilai karakter (mandiri, kreatif, bermanfaat, terasah aspek spiritual) berdasarkan visi dan misi SD Islam El-Fash yaitu 2,0 dari skala 0-3 (cukup efektif). Sedangkan berdasarkan nilai dari aspek-aspek karakter Kemendiknas 2010, pendidikan karakter SD Islam El-Fash telah memenuhi semua kriteria yang dimaksud. Oleh karena itu, peneliti menilai bahwa SD Islam El-Fash telah berhasil menjalankan visi dan misinya dengan program pendidikan karakter dan life skills yang telah diterapkan untuk level dasar.
Unduhan
Referensi
Aitami, S., Syamsuri, & Setiani, Y. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Wilangan, 1. https://doi.org/10.21831/CP.V1I3.245
Akbar, E. (n.d.). Metode Belajar Anak Usia Dini (2020th ed.). Prenada Media.
https://books.google.co.id/books/about/Metode_Belajar_Anak_Usia_Dini.html?id=MYP1Dw
AAQBAJ&redir_esc=y
Cahyani, D. R., Mulyadi, S., & Sianturi, R. (2023). Penguatan Karakter Mandiri Melalui Metode
Pembiasaan di TK Alphabet Kota Tasikmalaya. JECIE (Journal of Early Childhood and
Inclusive Education), 7(1), 129–135. https://doi.org/10.31537/jecie.v7i1.1258
Chusniyah, T. (2014, September 16). Penyebab Kenakalan dan Kriminalitas Anak [Academic]. FPsi
UM.
https://fpsi.um.ac.id/penyebab-kenakalan-dan-kriminalitas
anak/#:~:text=Beberapa%20penelitian%20mengenai%20perkembangan%20kenakalan,seoran
g%20anak%20berperilaku%20anti%20sosial.
17
Sudarman Damanik | Evaluation Of Character Education Of El-Fash Islamic Elementary School With Cipp Model
Dewi, D. A. (2015). Matematika hijau sebagai salah satu upaya pendidikan karakter berwawasan
lingkungan.
Math
Didactic:
Jurnal
Pendidikan
Matematika,
1(1),
33–38.
https://doi.org/10.33654/math.v1i1.92
Fiolanisa, S., Lestari, D., Prasasti, D. A., & Santoso, G. (2023). Hubungan Pendidikan Karakter dengan
Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar. 02(02).
Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan
Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173.
https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527
Gustiranda, H., Syamsuri, S., & Purnama, S. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Budaya
Sekolah di SMPN 8 Teluk Keramat Kabupaten Sambas. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 10(1),
78–87. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v10i1.6501
Hamidi, F. (2024, October). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka [Academic]. artikel
mahasiswa. https://pasca.uinsyahada.ac.id/pendidikan-karakter-dalam-kurikulum-merdeka/
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3),
1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Jumarudin, J., Gafur, A., & Suardiman, S. P. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN
HUMANIS RELIGIUS DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.
Jurnal
Pembangunan
Pendidikan:
https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i2.2623
Fondasi
Dan
Aplikasi,
2(2).
Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (n.d.). Pedoman Sekolah: Pengembangan
Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (2010th ed.). Kementerian Pendidikan Nasional
Republik Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=swzkEAAAQBAJ
Machali, I. (1970). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun
2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 71. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94
Stufflebeam, D. L., & Shinkfield, A. J. (2012). Systematic Evaluation: A Self-Instructional Guide to
Theory
and
Practice.
Springer
Science
& Business
https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-94-009-5656-8_6
Supartini, U. (2024). Handbook Parent (Elementary school). El-Fash Publishing.
Supriyono,
A.
(2009).
Jenis-jenis
Model
Pembelajaran.
Pustaka
Media.
Belajar.
https://scholar.google.co.id/scholar?oi=bibs&cluster=10900019430422375463&btnI=1&hl=id
Willya, E., Rumondor, P., & Busran. (2018). Buku Senarai Penelitian: Islam Kontemporer Tinjauan
Multikultural.
Budi
Utama.
https://deepublishstore.com/produk/buku-senarai
penelitian/?srsltid=AfmBOor-qtZMdxnMAvQJX4_dtUkRGcCAZvJpNaxVtUrN
MKgM7L91kiO
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten