Faktor Penghambat Pelaksanan Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK Se Kabupaten Tegal Pada Masa Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i1.200Kata Kunci:
Pelaksanaan, Layanan, Bimbingan KonselingAbstrak
Layanan bimbingan dan konseling perlu diselenggarakan sebagai wujud nyata pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling. Fenomena yang terjadi di lapangan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling belum terlaksana secara optimal dikarenakan adanya hambatan, baik hambatan internal maupun eksternal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui faktor penghambat pada pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Se-Kabupaten Tegal.
Hasil penelitian dari faktor penghambat pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMK Se-Kabupaten Tegal yaitu faktor penghambat pelaksananaan layanan BK dilihat dari kompetensi konselor termasuk kedalam kriteria tinggi (20%). Faktor penghambat pelaksanaan layanan BK dilihat dari faktor beban tugas konselor termasuk dalam kriteria rendah (13%). Faktor penghambat pelaksanaan layanan BK dilihat dari faktor kepala sekolah termasuk kedalam kriteria sedang (18%). Faktor penghambat pelaksanaan layanan BK dilihat dari faktor guru masuk pada kategori sedang (19%). Faktor penghambat pelaksanaan layanan BK dilihat dari faktor Siswa termasuk dalam kriteria sedang (19%). Dan yang terakhir adalah faktor penghambat pelaksanaan layanan BK dilihat dari faktor sarana dan prasarana yang termasuk kedalam kriteria rendah (11%).
Unduhan
Referensi
Farida, F. (2016). Bimbingan Konseling Agama Dengan Pendekatan Budaya (Membentuk Resiliensi Remaja). Konseling Religi Jurnal Bimbingan Konseling Islam. https://doi.org/10.21043/kr.v7i1.1701
Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Selama Masa Pandemik Covid 19. Dharmas Education Journal, 1(2), 96–106. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/125
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40
Khairuddin. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Tengah Pandemi COPID-19. Jurnal Pendidikan “EDUKASI.”
Miati, E., Fussalam, Y. E., & Yelia, Y. (2019). Optimalisasi Peran Pengawas Sekolah Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Kabupaten Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan. https://doi.org/10.52060/mp.v4i1.134
Nanda, K. D. S., & Nanda, J. (2020). Recommendations and Management in Dental Practice during Corona Virus COVID-19. The Open Dentistry Journal. https://doi.org/10.2174/1874210602014010191
Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v4i2.4493
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan.
Siregar, I. A. (2019). Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Bimbingan Dan Konseling Sesuai Dengan Standar Pendidikan. … Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling ….
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sutirna, S. (2019). Layanan Bimbingan Dan Konseling: Bagi Guru Mata Pelajaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman. https://doi.org/10.31602/jbkr.v5i1.1762
Utami, S. F., Suarantalla, R., & Hermanto, K. (2020). Analisis Beban Kerja Mental Guru Sekolah Dasar Menggunakan Metode NASA-TLX Studi Kasus di SDN Batu Tering. Jurnal Industri & Teknologi Samawa.
Widiarti, P. W. (2017). Konsep Diri (Self Concept) Dan Komunikasi Interpersonal Dalam Pendampingan Pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta. INFORMASI. https://doi.org/10.21831/informasi.v47i1.15035.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten