HUBUNGAN ANTARA KESADARAN DIRI DENGAN SIKAP DISIPLIN BERLALU LINTAS PADA REMAJA KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.263Kata Kunci:
Hubungan, Kesadaran Diri, Sikap Disiplin, Berlalu LintasAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Hubungan Antara Kesadaran Diri Dengan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Pada Remaja Kota Medan. Penelitian ini dilakukan pada Remaja Kota Medan. Penelitian ini dilakukan guna untuk menemukan pemecahan masalah terhadap fenomena yang ditemukan yang kemudian ditetapkan oleh peneliti, dengan demikian dapat dikatakan penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambil sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan kesadaran diri dengan sikap disiplin berlalu lintas pada remaja kota medan maka dapat disimpulkan sebagai berikut :1. Berdasarkan hasil Analisa koefisien korelasi dketahui bahwa ada hubungan positif antara kesadaran diri dengan sikap disiplin berlalu lintas pada remaja kota medan.hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi 0.440 yang artinya ada hubungan antara kesadaran diri dengan sikap disiplin berlalu lintas pada remja kota medan. 2. Berdasarkan hasil perbandingan mean hipotetik dengan mean empirik dapat dilihat bahwa untuk skala kesadaran diri mean empiriknya 23.03 lebih tinggi daripada mean hipotetiknya yaitu 20.pada skala disiplin berlalu lintas mean empiriknya 74.11 lebih tinggi dari mean hipotetik yaitu 60.hal ini berarti bahwa responden penelitian memiliki disiplin berlalu lintas yang tinggi. 3. Dari hasil Uji Koefisien Determinasi sebesar 0,472,hubungan antara kesadaran diri dengan sikap disiplin berlalu lintas pada remaja kota medan pada tingkat hubungan yang cukup kuat dan kontribusi dari variabel kesadaran diri dengan sikap disiplin berlalu lintas sebesar 22,3%.
Unduhan
Referensi
Atmadja, R. W., & Aulizalsini, W. (2024). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Disiplin Berlalu Lintas Pada Pengendara Kendaraan Bermotor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 18–22. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.13150717
Dewi, H. A., Suryani, S., & Sriati, A. (2020). Faktor faktor yang memengaruhi cyberbullying pada remaja: A Systematic review. Journal of Nursing Care, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jnc.v3i2.24477
Di Bernardo, G. A., Vezzali, L., Stathi, S., McKeown, S., Cocco, V. M., Saguy, T., & Dixon, J. (2021). Fostering social change among advantaged and disadvantaged group members: Integrating intergroup contact and social identity perspectives on collective action. Group Processes & Intergroup Relations, 24(1), 26–47. https://doi.org/10.1177/1368430219889134
Diananda, A. (2019). PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Dwi Candra Buwana, F., & Kasturi, T. (2018). Hubungan Antara Kestabilan Emosi dan Sikap Disiplin Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Estikasari, P., & Pudjiati, S. R. R. (2021). Gambaran Psikologis Remaja Selama Sekolah Dari Rumah Akibat Pandemi Covid-19. Psikobuletin:Buletin Ilmiah Psikologi, 2(1), 23. https://doi.org/10.24014/pib.v2i1.11750
Hakim, N., Branscombe, N., & Schoemann, A. (2021). Group-Based Emotions and Support for Reparations: A Meta-analysis. Affective Science, 2(4), 363–378. https://doi.org/10.1007/s42761-021-00055-9
Hammes, E. K. (2016). Summary, Conclusion, and Outlook. In Glorifying the Simple Life (bll 175–188). Springer Fachmedien Wiesbaden. https://doi.org/10.1007/978-3-658-14364-0_5
Hani, U. (2021). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini Melalui Tradisi Jawa “Among-Among”: Kajian Parenting di Desa Bandung, Kebumen. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 5, 127–136. https://conference.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/641%0A
Hasan, R., & Faisal, F. (2018). Kesadaran Hukum Berlalu Lintas pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 2 Kota Ternate. Jurnal Geocivic, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33387/geocivic.v1i1.860
Herdajani, F. (2020). Jurnal Penelitian Hubungan antara Kematangan Emosi dan Kesadaran Diri dengan Perilaku Disiplin pada Santriwati Kelas XI di Pondok Pesantren YAPIDH Bekasi. Hubungan antara Kematangan Emosi dan Kesadaran Diri dengan Perilaku Disiplin pada Santriwati Kelas XI di Pondok Pesantren YAPIDH Bekasi.
Japeri, M. F. M., Mohamad, A. D., & Osman, K. (2022). PENAGIHAN DADAH DALAM KALANGAN BELIA DAN IMPAKNYA TERHADAP PSIKOLOGI IBU BAPA. Al-Hikmah, 14(1), 21–36. https://spaj.ukm.my/jalhikmah/index.php/jalhikmah/article/view/474
Josefsson, T., Ivarsson, A., Gustafsson, H., Stenling, A., Lindwall, M., Tornberg, R., & Böröy, J. (2019). Effects of Mindfulness-Acceptance-Commitment (MAC) on Sport-Specific Dispositional Mindfulness, Emotion Regulation, and Self-Rated Athletic Performance in a Multiple-Sport Population: an RCT Study. Mindfulness, 10(8), 1518–1529. https://doi.org/10.1007/s12671-019-01098-7
Junaedi, R., & Harmanto, H. (2019). Hubungan Antara Sosialisasi Keselamatan Berkendara Dengan Peningkatan Sikap Disiplin Lalu Lintas Masyarakat Jombang. Hubungan Sosialisasi Sikap Disiplin Lalu Lintas Masyarakat JCMS, 4(2), 119–132. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/sosio%20religi.v18i1.28723
Marwoko, G. (2019). Psikologi Perkembangan Masa Remaja. Tasyri: Jurnal Tarbiyah-Syariah-Islamiyah, 26(1), 60–75. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.69
Nugrahani, D. K. (2018). PENGARUH KEMATANGAN EMOSI DENGAN DISIPLIN BERLALU LINTAS PADA REMAJA. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/sw9zf
Rachmawati, B. D., Listiyandini, R. A., & Rahmatika, R. (2019). Resiliensi psikologis dan pengaruhnya terhadap kualitas hidup terkait kesehatan pada remaja di panti asuhan. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 11(1), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/analitika.v11i1.2314
Restubog, S. L. D., Ocampo, A. C. G., & Wang, L. (2020). Taking control amidst the chaos: Emotion regulation during the COVID-19 pandemic. Journal of Vocational Behavior, 119, 103440. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103440
Rofiah, D., & Setiawan, A. (2020). Konformitas dan Sifat Mencari Sensasi dengan Disiplin Berlalu Lintas. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 72–90.
Siti Rosmayati, Arman Maulana, Sofyan Sauri, & Ujang Cepi Barlian. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Dalam Proses Pengembangan Sosial Emosional Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 45–54. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.215
Supriyono, S., Abdulah, M. N., & Nuraeni, S. (2020). Revolusi mental: peranan orang tua dalam penanaman sikap tertib berlalu lintas. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 18(1).
Syaifulina, S. (2022). Aspek Psikologis Anak Usia Sekolah Terdampak Pandemi Covid-19. http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/6180
SYALIS, E. R., & Nurwati, N. N. (2020). Analisis Dampak Pernikahan Dini Terhadap Psikologis Remaja. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 3(1), 29. https://doi.org/10.24198/focus.v3i1.28192
Utomo, E. K., & Uyun, Z. (2018). Disiplin Berlalu Lintas Ditinjau dari Kontrol diri pada Remaja di Kabupaten Klaten. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69273
White, M. H., & Crandall, C. S. (2022). Perceived authenticity as a vicarious justification for prejudice. Group Processes & Intergroup Relations, 136843022210804. https://doi.org/10.1177/1368430222108046
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten