PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SARANA DAN SUMBER BACAAN DALAM KEGIATAN LITERASI BAGI GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Fransiska Arina Ehgo Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Sutama Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Artika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.271

Kata Kunci:

Kegiatan Literasi, Pandemi Covid-19, Pengembangan Blog

Abstrak

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan sumber bacaan dalam pelaksanaan kegiatan literasi guru dan siswa pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan blog sebagai sarana dan sumber bacaan dalam kegiatan literasi pada masa pandemi covid-19 serta untuk mengetahui respons guru dan siswa setelah menggunakan blog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan R & D (Research and Development). Subjek penelitiannya adalah guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII 2 di SMP Negeri 6 Singaraja. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan media blog yang dikembangkan sebagai sarana dan sumber bacaan dalam kegiatan literasi pada masa pandemi covid-19 dinyatakan sesuai dan layak (hasil penilaian angket ahli isi rata-rata 92,5). Skor ini berada dalam interval 76 <SR  ≤ 100 dengan kategori (SS) sangat sesuai dan dari ahli media rata-rata yang diperoleh dari ahli media yaitu 77,5. Skor tersebut berada dalam interval 76 <SR ≤ 100 yaitu sangat sesuai (SS). Selain itu, uji coba terbatas yang dilakukan terhadap guru rata-rata diperoleh skor 97,7. Skor ini termasuk ke dalam interval 76 <SR  ≤ 100 yaitu sangat sesuai (SS). Serta respons siswa 75,5 % termasuk ke dalam interval 61 – 80 % dengan kategori kelayakan “layak”.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adrianti, N. K. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Bahasa Jepang Berbasis Adobe Flash untuk Sekolah Dasar.

Ali, M. & M. A. (2014). Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan.

Amalia, R. R. (2015). Literasi Digital Pelajar SMA : Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewah Yogyakarta melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1).

Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran.

Diputra, K. S. (2020). No Title. Journal of Character Education Society, 3(1).

Haryanto. (2015). Teknologi Pendidikan.

Hidayat, H. dkk. (2020). Peranan Teknologi dan Media Pembelajara bagi Siswa Sekolah Dasar di dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Dan Kewarganegraan Undiksha, 8(2).

Husaini, M. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-education). Jurnal Mikrotik, 2(1).

Kristiyanti, M. (2011). Blog Sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Majalah Ilmiah Informatika.

Leonindita, dkk. (2020). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Siswa Kelas VIII pada Materi Baris dan Deret Ditinjau dari Pemahaman Konsep. De-Journal (Dharmas Education Journal), 1(2).

Nanda, R. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantantuan Blog untuk Meningkatkan Habits Of Mind pada Materi Sistem Gerak pada Manusia.

Nugroho, A. A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Blog pada Materi Trigonometri.

Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 1(2).

Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar.

Rahman, A. (2016). Pengaruh Negatif Era Teknologi Informasi Komunikasi pada Remaja (Perspektif Pendidikan Islami). Jurnal Studi Pendidikan, XIV(1).

Rahmandhani, R. (2016). Pengembangan Pembelajaran Menggunakan Media Blog untuk Meningkatkan Belajar Siswa SMK Negeri 1 Purworejo.

Safitri, A. dkk. (2019). Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Siswa IPS di SMAN 1 Singaraja. E-Journal Pendidikan Sosiologi Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Sejarah, Sosiologi Dan Perpustakaan, 1(3).

Salahuddin, A. (2021). MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suryani. (2019). Sumber Daya pada Pola Pembelajaran Jarak Jauh di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Riau. Jurnal Wedana, V(4).

Diterbitkan

2021-08-06

Cara Mengutip

Arina Ehgo, F., Sutama, I. M. ., & Artika, I. W. . (2021). PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SARANA DAN SUMBER BACAAN DALAM KEGIATAN LITERASI BAGI GURU DAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 208–218. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.271

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.