PENGGUNAAN RUANG GURU PADA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMP NEGERI 2 SERIRIT
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.272Kata Kunci:
Kata kunci: Pembelajaran, Ruang Guru,Teks ulasanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt. Subjek penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt. Objek penelitian ini ialah pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan Ruang Guru, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran. Pengumpulan data memanfaatkan metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilaksanakan sesuai model analisis deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, reduksi data, klasifikasi data, deskripsi data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini mencakup (1) Pelaksanaan pembelajaran teks ulasan dengan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt melalui 3 tahap kegiatan yakni, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: laptop, video pembelajaran Ruang Guru, dan gawai. (2) Kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran teks ulasan dengan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt terfokus pada pembelajaran daring yang meliputi: beberapa siswa terlambat bergabung dalam kelas WhatsApp Group (b) beberapa siswa belum memiliki sarana penunjang pembelajaran, (c) jaringan yang tidak merata, (d) motivasi awal siswa yang kurang maksimal, dan (e) beberapa orang tua belum dapat menunjang sarana dan prasarana pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Giovani, A. P., Ardiansyah, A., Haryanti, T., Kurniawati, L., & Gata, W. (2020). ANALISIS SENTIMEN APLIKASI RUANG GURU DI TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI. Jurnal Teknoinfo. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.679
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Sultan Ageng Tirtayasa.
Kaswara, I. (2017). PENGARUH PEMBERIAN APERSEPSI KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.
Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lexy, J. (2010). Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Marno & Idris, M. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Ar-Ruzz Media (Ilyya Muhsin Ed).
Rahadian, D. (2018). PERAN DAN KEDUDUKAN GURU DALAM MASYARAKAT. JURNAL PETIK. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.56
Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343
Salahuddin, A. (2021). MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER.
Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Rineka Cipta.
Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.9
Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan.
Zakiah, Z. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada anak tunanetra kelas I. Jurnal Pendidikan Khusus.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten