PENGGUNAAN RUANG GURU PADA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMP NEGERI 2 SERIRIT

Penulis

  • Kadek Putri Indah Lestari Indah Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ade Asih Susiari Tantri Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.272

Kata Kunci:

Kata kunci: Pembelajaran, Ruang Guru,Teks ulasan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt. Subjek penelitian ini yakni guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Seririt. Objek penelitian ini ialah pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan menggunakan Ruang Guru, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran. Pengumpulan data memanfaatkan metode observasi, metode wawancara, serta metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini meliputi lembar observasi dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data dilaksanakan sesuai model analisis deskriptif kualitatif dengan empat tahapan, reduksi data, klasifikasi data, deskripsi data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini mencakup (1) Pelaksanaan pembelajaran teks ulasan dengan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt melalui 3 tahap kegiatan yakni, kegiatan pendahuluan,  kegiatan inti, dan  kegiatan penutup. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran meliputi: laptop, video pembelajaran Ruang Guru, dan gawai. (2) Kendala-kendala yang dihadapi pada pembelajaran teks ulasan dengan Ruang Guru di SMP Negeri 2 Seririt terfokus pada pembelajaran daring yang meliputi: beberapa siswa terlambat bergabung dalam kelas WhatsApp Group (b) beberapa siswa belum memiliki sarana penunjang pembelajaran, (c) jaringan yang tidak merata, (d) motivasi awal siswa yang kurang maksimal, dan (e) beberapa orang tua belum dapat menunjang sarana dan prasarana pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Giovani, A. P., Ardiansyah, A., Haryanti, T., Kurniawati, L., & Gata, W. (2020). ANALISIS SENTIMEN APLIKASI RUANG GURU DI TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA KLASIFIKASI. Jurnal Teknoinfo. https://doi.org/10.33365/jti.v14i2.679

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Sultan Ageng Tirtayasa.

Kaswara, I. (2017). PENGARUH PEMBERIAN APERSEPSI KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL KESETIMBANGAN BENDA TEGAR. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VIII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lexy, J. (2010). Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif.

Marno & Idris, M. (2009). Strategi dan Metode Pengajaran: Menciptakan Keterampilan Mengajar yang Efektif dan Edukatif. Ar-Ruzz Media (Ilyya Muhsin Ed).

Rahadian, D. (2018). PERAN DAN KEDUDUKAN GURU DALAM MASYARAKAT. JURNAL PETIK. https://doi.org/10.31980/jpetik.v1i1.56

Rinawati, A., Mirnawati, L. B., & Setiawan, F. (2020). Analisis Hubungan Keterampilan Membaca dengan Keterampilan Menulis Siswa Sekolah Dasar. Education Journal : Journal Educational Research and Development. https://doi.org/10.31537/ej.v4i2.343

Salahuddin, A. (2021). MODUL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER.

Setiawati, N. S. R. dan 2Mia. (2019). Aplikasi Pendidikan Online “Ruang Guru” Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2010). Prosedur Peelitian Suatu Penekatan Praktik. Rineka Cipta.

Widiyastuti, N., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN SOFTWARE ADOBE FLASH MATERI BUMI DAN ALAM SEMESTA. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.9

Yusuf, B. B. (2017). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. In Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan.

Zakiah, Z. (2015). Pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan alam (IPA) pada anak tunanetra kelas I. Jurnal Pendidikan Khusus.

Diterbitkan

2021-08-10

Cara Mengutip

Indah, K. P. I. L., Yasa, I. N. ., & Tantri, A. A. S. . (2021). PENGGUNAAN RUANG GURU PADA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN DI SMP NEGERI 2 SERIRIT. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 2(2), 229–235. https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.272

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.