HUBUNGAN EMOTIONAL AMBIVALENCE DENGAN TENDENSI CART ABANDONMENT PADA PENGGUNA E-COMMERCE
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.279Kata Kunci:
Hubungan, Emotional Ambivalence, Tendensi Cart Abandonment, E-CommerceAbstrak
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Hubungan Emotional Ambivalence Dengan Tendensi Cart Abandonment Pada Pengguna E-Commerce. Penelitian ini dilakukan pada Pengguna E-Commerce. Penelitian kuantitatif bertujuan untuk mengetahui seberapa besarnya hubungan Emotional Ambivalence dengan tendensi Cart Abandoment. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang melakukan tendensi cart abandonment di Sumatera Utara yang tidak diketahui jumlahnya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan judul penelitian Hubungan antara Emotional Ambivalence dengan Tendensi Cart Abantdonment pada pengguna E-Commerce di Sumatera Utara, maka dapat disimpulkan bahwa : Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan yaituTerdapat hubungan yang positif antara variabel Emotional Ambivalence dengan Tendensi Cart Abantdonment, dengan nilai korelasi sebesar 0,638 dengan p = < 0,001 (< 0,05) yang berarti hipotesis penelitian diterima. Nilai korelasi Spearman 0,638 menunjukkan dengan tingkat klasifikasi yaitu kuat dengan arah hubungan positif, yang artinya apabila semakin tinggi Emotional Ambivalence maka semakin tinggi Tendensi Cart Abantdonment pada pengguna e-commerce di Sumatera Utara. dan sebaliknya apabila semakin rendah Emotional Ambivalence maka semakin rendah Tendensi Cart Abantdonment pada pengguna E-commerce di Sumatera Utara. Hasil kategorisasi berdasarkan jenis kelamin terbanyak pengguna e-commerce di Sumatera Utara adalah Jenis kelamin Perempuan. Hasil kategorisasi berdasarkan usia, Usia subjek terbanyak pada penelitian ini adalah berusia 21 dan 22 Tahun. Hasil kategorisasi data subjek berdasarkan Aplikasi E-commerce tertinggi ada pada aplikasi Shoppe.Data pada penelitian ini tidak berdistribusi normal dengan nilai <0,001,Oleh karena itu uji hipotesis dilakukan dengan uji Spearman Correlations.
Unduhan
Referensi
Abednego, F. A., Kuswoyo, C., Cen Lu, & Wijaya, G. E. (2021). Analisis Pemilihan Social Media Influencer Instagram Pada Generasi Y Dan Generasi Z Di Bandung. Jrb-Jurnal Riset Bisnis, 5(1), 57–73. Https://Doi.Org/10.35814/Jrb.V5i1.2558
Ahdiyanti, I., & Waluyati, I. (2021). Perilaku Keberagamaan Dan Fenomena Media Sosial Tik-Tok Pada Generasi Z. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 6(2), 74–83. Https://Doi.Org/10.24252/Sosioreligius.V6i2.27617
Aprianti, K., & Wendari, W. (2022). Fenomena Sindrom Fear Of Missing Out (Fomo) Pada Digital Natives: Kontribusi Positif Atau Negatif Bagi Kualitas Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 8(2), 67–76. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V8i2.58866
Aqmarina, F., & Awali, H. (2023). Pengaruh Experiential Marketing Dan Emotional Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Platform E-Commerce Tokopedia. Journal Of Islamic Economics (Joie), 3(2), 93–106. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21154/Joie.V3i2.7049
Assa, A. F. (2022). Dampak Kecerdasan Emosional, Inovasi Dan Budaya Kerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Startup E-Commerce Xyz. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (Mea), 6(3), 1433–1449.
Azzalina, Z., & Supriyanto, A. (2024). Peran Afek Positif Untuk Meningkatkan Dorongan Pembelian Secara Impulsif Pada E-Commerce Shopee. Jebisku: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Kudus, 2(1), 29–43.
Denia, R. (2023). Pengaruh Sales Promotion Dan Hedonic Shopping Terhadap Impulse Buying Behavior Melalui Positive Emotion Pada Pengguna E-Commerce Di Jabodetabek.
Gratia, G. P., Merah, E. L. K., Triyanti, M. D., Paringa, T., & Primasari, C. H. (2022). Fenomena Racun Tik-Tok Terhadap Budaya Konsumerisme Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Konstelasi: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1). Https://Doi.Org/10.24002/Konstelasi.V2i1.5272
Hernita, N., Istiono, D., & Nur, L. Z. (2022). Budaya Hedonic Shopping Motivation Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pengguna E-Commerce Shopee. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 6(2), 194–210. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Titian.V6i2.21597
Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i6.754
Kristanto, D., Sushartami, W., & Irawanto, B. (2022). Realita Visualitas Generasi Z Dalam Mise En Scene Iklan Shopee Men Sale. Ultimart: Jurnal Komunikasi Visual, 15(1), 01–15. Https://Doi.Org/10.31937/Ultimart.V15i1.2410
Mardhiyah, R. S. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Perempuan E-Commerce Shopee Di Kota Mojokerto). Upn" Veteran’jawa Timur. Http://Repository.Upnjatim.Ac.Id/Id/Eprint/2517
Muharam, G. M., Sulistiya, D., Sari, N., Zikrinawati, K., & Fahmy, Z. (2023). The Effect Of Fear Of Missing Out (Fomo) And Peer Conformity On Impulsive Buying In Semarang City Students (Study On Tiktok Shop Consumers). Experimental Student Experiences, 1(8), 687–695. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58330/Ese.V1i8.277
Pangemanan, A. S., Sahetapy, K., Muntu, W., & Oroh, V. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Iklan Di Tiktok Dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Generasi Z. Seiko: Journal Of Management & Business, 6(2), 47–50. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37531/Sejaman.V6i2.4252
Permana, S. N., & Adelina, I. (2021). Hubungan Trait Kepribadian Dan Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce “X”. Jurnal Ikra-Ith Humaniora Vol, 5(1).
Putri, A. S., & Pinandito, A. (2023). Pengaruh Utilitarian Value Dan Emotional Value Terhadap Impulsive Buying Melalui Kepercayaan Konsumen Pada E-Commerce Di Indonesia. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7(4), 1921–1928.
Rahmawati, A. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka. Com. Jakarta: Fakultas. Ekonomi Dan Bisnis Uin Syaraif Hidayatullah. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/41747
Salwanisa, E. A. (2023). Digital Marketing Analysis On The Consumer Decision-Making Process Of Millennials And Gen Z Generation Groups On The Tiktok Application. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 11(2), 112–125. Https://Doi.Org/Http://Doi.Org/10.25273/Equilibrium.V11i2.17374
Santoso, I. H., Widyasari, S., & Soliha, E. (2021). Fomsumerism : Mengembangkan Perilaku Conformity Consumption Dengan Memanfaatkan Fear Of Missing Out Konsumen. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(2), 159–171. Https://Doi.Org/10.32815/Jibeka.V15i2.230
Savira, A. K. (2022). Perbedaan Fear Of Missing Out Dalam Penggunaan Media Sosial Ditinjau Dari The Big Five Personality Pada Remaja Di Medan. Universitas Medan Area. Http://Repository.Uma.Ac.Id/Handle/123456789/18454
Shafly, L. N., & Dewanti, R. L. (2023). Pengaruh Atmosfer Situsr Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Emotional Arousal Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs E-Commerce. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 6(4), 430–445. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31842/Jurnalinobis.V6i4.288
Utami, F. P. (2023). Peran Mindfulness Untuk Mengatasi Fear Of Missing Out (Fomo) Media Sosial Remaja Generasi Z : Tinjauan Literatur. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 4(2). Https://Doi.Org/10.35334/Jbkb.V4i2.3261
Wachyuni, S. S., & Wiweka, K. (2020). Kepuasan Wisatawan Dalam Penggunaan E-Commerce Agoda Dalam Pemesanan Hotel. Journal Of Tourism Destination And Attraction, 8(1), 61–70.
Wijaya, I. G. N. S., & Ekayasa, M. D. (2022). Perilaku Keputusan Pembelian Generasi Y Dan Z Dalam Penggunaan E-Commerce Di Masa Pasca Pandemi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 7(2), 338–357. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29407/Nusamba.V7i2.18357
Yulianto, A., Wibowo, U. D. A., Kharismasyah, A. Y., Primadona, S. E., & Herniah Syamsudin, S. E. (2023). Gen Z Marketing Menggali Potensi Dan Memahami Karakteristik Generasi Z Dalam Menerapakan Strategi Pemasaran Digital. Penerbit Lakeisha.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dharmas Education Journal

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten