PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.330Kata Kunci:
Model Pembelajaran, Kooperatif, Tipe Team Assissted, Prestasi BelajarAbstrak
Analisis ini dilatarbelakangi karena hasil belajar peserta didik yang masih banyak Kriterianya belum mencapai Ketuntasan Minimal (KKM), karena itu pembelajaran yang diterapkan guru masih kurang maksimal dan model pembelajaran yang digunakan tidak bermacam-macam maka peserta didik akan merasakan kejenuhan sehingga tidak tertarik dalam proses menuntut ilmu di dalam kelompok tersebut. Analisis dalam penelitian ini bermaksud agar bisa menerapkan bentuk pembelajaran kooperatif tipe Team Individually (TAI) agar reaksi peserta didik menuntut ilmu di kelas IV lebih Efektif khususnya Daerah Tempat Tinggalku tema 8. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 089x Tanjung Solok pada semester I (satu) tahun ajaran 2020/2021. Jenis data riset ini merupakan informasi kuantitatif serta informasi kualitatif. Informasi kuantitatif ialah berbentuk prestasi belajar yang diperoleh dari uji yang dicoba pada setiap akhir pertemuan sebaliknya informasi kualitatif ialah informasi yang berbentuk lembar observasi. Hasil riset menampilkan terdapatnya kenaikan prestasi belajar siswa kelas IV SDN SDN 89x Tanjung Solok pada siklus I dan siklus II, nilai yang didapat di siklus I yaitu 43,75% dengan rata-rata 63,43 meningkat menjadi 75% dengan rata-rata 70,31, lalu di siklus II terjadi kenaikan prestasi belajar siklus pertama dan kedua sebesar 6,88% dan sudah memenuhi KKM 65%.
Unduhan
Referensi
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Yrama Widya.
Arikunto, S. (2013). Prosedure Penelitian. Rineka Cipta.
Diani Ayu Pratiwi, D. (2021). Perencanaan Pembelajaran SD/Mi (Thofan Ram). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. 2020.
Isa, M., Khaldun, I., & Halim, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i2.9696
Mandacahyati. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Pendidikan.
Mintarjo, M. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.222
Nur Latifah, Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051
Onibala, C., Paendong, M., & Hatidja, D. (2015). Analisis Faktor-Faktor Penentu Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kota Manado Menggunakan Analisis Faktor. D’CARTESIAN. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9054
Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Ridha, D. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Sisdikas. (2003). Udang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.
Suharsimi, A. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Sukron, M., & Ricky, Z. (2020). Peningkatan Karakter Peserta Didik (Religius, Jujur, Dan (Disiplin) Melalui Pencak Silat. DE_JOURNAL, 1(1), 1–9. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/31
Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA. https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Sutiari, N. L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tai (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Tata Graha. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17107
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten