PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN KANTONG KIPAS PINTAR (KKP) DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.492Kata Kunci:
Kantong Kipas Pintar, Keterampilan, Menulis PuisiAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini mengangkat masalah peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media kantong kipas pintar (KKP). Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah PTK yaitu penelitian tindakan kelas dan merupakan penelitian deskriptif kualitatif, penelitian dilaksanakan dengan subjek terdiri dari 30 peserta didik, dilaksanakan ke dalam II siklus yakni siklus I dan siklus II, kumpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi dan tes hasil belajar, untuk mengamati peserta didik dan pendidik dilihat dari aktivitas observasi. Instrumen hasil belajar dilakukan untuk mengetahui daya serap dan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik, ketuntasan belajar yang ditetapkan sekolah untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi peserta didik kelas VIII adalah dengan KKM 70. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pada siklus I menunjukan peningkatan keterampilan menulis puisi dimana belum terjadi ketuntasan dengan nilai 40% dan rata-rata 63, siklus II menunjukan peningkatan keterampilan menulis puisi dengan nilai ketuntasan 90% dan rata-rata 82 dan persentase peserta didik mencapai lebih dari nilai KKM.
Unduhan
Referensi
Asri, S. A. and Ayuningrum, S. (2020) ‘Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Estafet Writing’, pp. 148–155.
Avicenna, A. and Muhammadiyah, U. (2021) ‘YUME : Journal of Management Aplikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas 1 SMA Satria Makassar Abstrak’, 4(3), pp. 357–369. doi: 10.37531/yume.vxix.432.
Bahasa, J. and Issn, P. (2017) ‘No Title’, 2(1), pp. 151–162.
Biomass, B. F. (2019) ‘No Hubungan Minat Belajar dengan Keterampilan Menilis Puisi Siswa Kleas Busana 3 SMK Negeri 3 Payakumbuh. Ensiklopediaaof journal, 2(1)
Cahyani, I. and Sulistyowati, E. (2018) ‘Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Media Gambar pada Siswa Kelas VII MTsN Sei Pimping Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong’, STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(1), pp. 27–38. doi: 10.33654/sti.v3i1.503.
Dinamika, J. and Dasar, P. (2017) ‘Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Audio Visual Pokok Bahasa Melengkapi Puisi Anak’, 9(1), pp. 13–22.
Fitria, H., Kristiawan, M. and Rahmat, N. (2019) ‘Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas’, Abdimas Unwahas, 4(1), pp. 14–25. doi: 10.31942/abd.v4i1.2690.
Hutagalung, I. W. and Tanjung, H. R. (2021) ‘Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Circ ( Cooperative Integrated Reading And Composition ) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Modern Siswa Kelas X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN’, 1(2).
Ismunandar, D. and Gunadi, F. (2020) ‘Pelatihan Penggunaan Mendeley dan Pemaparan Pembuatan Artikel Bagi Guru di Kabupaten Indramayu’, 2(1), pp. 22–27.
Johar, M. (2018) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Menggunakan Media Gambar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), pp. 592–601. Available at: http://repository.upy.ac.id/589/1/Dokumen 1_ hlm. Sampul%2C Abstrak%2C Persetujuan...hingga Daftar.pdf.
Kara, R. B., Fathurohman, I. and Fajrie, N. (2020) ‘Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Media Ludo Pintar’, 4(3), pp. 363–370.Kelas, T., Smp, D. I. and Tolitoli, N. (2020) ‘TOLIS ILMIAH : JURNAL PENELITIAN TOLIS ILMIAH : JURNAL PENELITIAN’, 2(2), pp. 140–147.
Menulis, K. and Kontekstual, O. (2018) ‘ALKHAIRAAT BULURI MELALUI OBJEK KONTEKSTUAL’, 1(2), pp. 110–118.
Rositayani, N. P. E. and Surya Abadi, I. B. G. (2019) ‘Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa’, Mimbar Ilmu, 24(1), p. 63. doi: 10.23887/mi.v24i1.17452.
Susanti, R. E. (2020) ‘Available Online at : http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva Peningkatan Kemampuan Mengingat Kosakata Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournaments ( TGT ) Berbasis Karuta Calis Abstrak Copyright © 2020 , ISSN : 2598-3040 online Available Online’, 4(4), pp. 543–559.
Sutirta, E. (2021) ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kediri dalam Menulis Puisi dengan Pengembangan Model AIT ( Aku Ingin Tapi )’, 4(1), pp. 1–10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten