PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH BANTUL
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v2i2.528Kata Kunci:
Peran, Guru bimbingan dan konseling, Kejenuhan belajarAbstrak
Kejenuhan belajar siswa disebabkan karena situasi dan kondisi pandemi covid-19 sehingga kegiatan belajar terpaksa dilaksanakan secara daring. Selama pembelajaran daring berlangsung kegiatan pembelajaran dirasa kurang efektif, siswa tidak dapat berinteraksi langsung dengan teman maupun gurunya, kegiatan pembelajaran hanya membebankan siswa pada tugas, layanan bimbingan dan konseling dilakukan sama setiap harinya. Hal ini menyebabkan siswa jenuh belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa SMP Muhammadiyah Bantul. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini guru bimbingan dan konseling dan siswa kelas VII A, VIIA dan IX E tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya kejenuhan belajar yang ditunjukkan dengan perilaku menyimpang siswa selama pandemi covid-19. Kejenuhan belajar diatasi guru bimbingan dan konseling melalui pemberian layanan bimbingan maupun konseling secara situasional. Perubahan siswa setelah diberi layanan dilihat dari adanya peningkatan belajar. Beberapa siswa mengatakan adanya perubahan setelah diberikan layanan, sedangkan beberapa siswa lain tidak pernah mengalami perubahan. Langkah yang dilakukan jika siswa tidak mempunyai perubahan guru akan berusaha semaksimal mungkin merubah sikap siswa melalui konfrensi kasus.
Unduhan
Referensi
A.M. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Persada.
Arirahmanto, S. B. 2018. Pengembangan Aplikasi Penurunan Kejenuhan Belajar Berbasis Android Untuk Siswa Smpn 3 Babat. Skripsi. UNESA Surabaya.
Astaman, Kadir, S., & Masdul, M. R. 2018. Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar (Tinjauan Pendidikan Islam Pada Sdn 10 Banawa Kabupaten Donggala). Skripsi. Donggala: Universitas Muhammadiyah Palu.
Dayana, I., & Juliaster marbun. 2018. Motivasi kehidupan. Jakarta: Guepedia.
Fauziah, N.2013. Faktor Penyebab Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Pada Siswa Kelas XI Jurusan Keagamaan Di MAN Tempel Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.
Lisman, M., & Wicaksono, H. 2020. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Mts Al-Maarif Banyorang. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 54–69.
Lubis, N. L. 2011. Memahami Dasar-dasar Konseling. Jakarta: Kencana.
Mailita, Basyir, M. N., & Dahliana. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa Di Smp Negeri Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling (1) 2
Muna, I. N., Sa’dijah, C., Atiqoh, L. N., & Dina, L. N. A. B. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Pelanggaran Moral Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) Kota Batu. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 4(4), 148-154.
Ningsih, S. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.
Putra, A. R. B. 2015. Peran Guru Bimbingan Dankonseling Dalam Mengatasikecenderungan Perilakuagresif Peserta Didik Di Smkn2 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Redana, D. N. 2017. Hasil Belajar Sebagai Alat Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Revitalisasi Tata Kelola Perguruan Tinggi Juni 2017, 148–161.
Rizqi, M. 2021. PERAN GURU BIMBINGAN KONSELINGDALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIKSELAMA PANDEMI COVID 19DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANJAR. Disertasi. Universitas Islam Kalimantan MAB
S, L. Y., & Guba. 1985. Naturalistic Inquiry. Baverly Hills: Sage Publication.
Sudjana, N. 2012. Teknik Penentuan Populasi dan Sampel. Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sutarjo, E., WMP, D. A., & Suarni, N. K. 2014. Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym untuk Menurunkan Burnout Belajar pada siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Buleleng: Laboratorium UNDIKSHA Singaraja.
Tim Penulis UNIKA Soegijapranta. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: UNIKA Soegijapranata.
Vitasari, I.2016. Kejenuhan (Burnout) Belajar Ditinjau Dari Tingkatkesepian Dan Kontrol Diri Pada Siswakelas Xi Sma Negeri 9 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
Wibowo, M. E. 2013. Profesi Konselor dalam Kurikulum 2013 dan Permasalahannya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 1(2), 63-85.
Zulfia, I., Meilinda, M., Ilma, N., & Muskhafiyah, S. 2021. Kesehatan Mental Remaja Pada Masa Pandemi. Counseling As Syamil, I (01), 11–19.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten










