Bahasa Indonesia PENYESUAIAN DIRI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SMP NEGERI 27 SEMARANG DI MASA PANDEMI

Penulis

  • Lisa Dewi Lestari Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Chr. Argo Widiharto Widiharto Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.621

Kata Kunci:

Penyesuaian Diri, Kegiatan Pembelajaran Siswa, Covid-19.

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penyesuaian diri dalam kegiatan pembelajaran siswa SMP Negeri 27 Semarang di masa Pandemi Covid-19? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri dalam kegiatan pembelajaran siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengamatan lapangan dilakukan dengan mengamati objek penelitian, yaitu siswa di SMP Negeri 27 Semarang. Pengamatan lapangan juga mengumpulkan dokumen berupa hasil belajar siswa. Proses wawancara yang dilakukan dengan narasumber siswa dan guru. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil analisis mengenai penyesuaian diri dalam kegiatan pembelajaran siswa di masa pandemi menunjukkan adanya hubungan dari masing-masing tema superordinat, yang muncul pada lebih dari setengah partisipan. Kesimpulan menunjukkan bahwa penyesuaian diri dalam kegiatan pembelajaran siswa SMP Negeri 27 Semarang di masa Pandemi Covid-19 cukup baik. Hal tersebut ditunjukkan dari perilaku yang ditunjukkan seperti mencari solusi, melakukan pelepasan emosi (katarsis) dan mencari dukungan sosial. Penyesuaian diri siswa cukup baik karena adanya dukungan dari orang tua dan temannya serta mampu mencari solusi ketika mengalami kendala dalam pembelajaran daring. Siswa juga menunjukkan perasaan tertekan dengan melakukan pelampiasan emosi. Saran yang dapat peneliti sampaikan, guru BK hendaknya dapat memberikan layanan yang sesuai dengan kondisi siswa guna mengatasi membantu siswa siswa melakukan penyesuaian diri selama mengikuti pembelajaran baik daring maupun luring. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andrianto Pangondian, R., Insap Santosa, P., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. SAINTEKS 2019.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Pembelajaran Dari Rumah. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis.

Fadilla, A. N., & Relawati, A. S. (2021). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Jendela Pendidikan.

Fajriani, Yulizar, Bahri, S., & Bakar, A. (2020). Penyesuaian Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Daring di SMA Laboratorium Unsyiah pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional.

Hayati, H. N., & Yoedtadi, M. G. (2020). Konstruksi Berita Covid-19 Di Kompas.com dan Tribunnews.com. Koneksi. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8114

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia.

Juneman. (2011). Teori-teori dalam Psikologi Sosial. Humaniora.

Kahija, Y. F. La. (2017). Penelitian fenomenologis. jalan memahami pengalaman hidu. Empati.

Kahija, Y. (2017). Penelitian Fenomenologis. Ranisius Journal, 1(Education).

Mabruria, A. (2021). Konsep Diagnosis Kesulitan Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling Islam.

Rokhani, C. T. S. (2020). Pengaruh Work From Home (WFH) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Dengkek 01 Pati Selama Masa Pandemi Covid-19. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Safri, S. (2020). Analisis Sistem Pembelajaran Online; Persiapan Pra Pembelajaran. In JSI (Jurnal sistem Informasi) Universitas ….

Setyawan, A., Novitri, Q. A., Rahartini, S., Pratiwi, E., Walidain, M. B., Guru, P., Dasar, S., Madura, U. T., & Indonesia, J. T. (2020). Kesulitan Belajar Siswa di Sekolah Dasar (SD). Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro.

Setyawan, D. A., & Febriyanti, R. (2020). Penyesuaian Sosial Siswa Baru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Juran Bimbingan Konseling Undiksha.

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). OPTIMALISASI PERAN PENGAWASAN ORANG TUA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-05

Cara Mengutip

Lestari, L. D. ., Fitriana, S. ., & Widiharto, C. A. W. (2022). Bahasa Indonesia PENYESUAIAN DIRI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN SMP NEGERI 27 SEMARANG DI MASA PANDEMI. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 96–102. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.621

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.