UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.803Kata Kunci:
Metode Demonstrasi, Pembelajaran IPA, Hasil BelajarAbstrak
Permasalahan riset ini rendahnya hasil belajar anak didik pada kegiatan belajar mengajar IPA di kelas VI. Tujuan riset ini ialah untuk tingkatkan kegiatan serta hasil belajar anak didik dalam cara pembelajaran sehingga cara pembelajaran itu aktivitasnya tidak cuma didominasi oleh guru. Riset ini ialah riset action research. Riset ini memakai bentuk riset aksi dari Kemmis serta Taggart ialah berupa siklus yang satu ke daur yang selanjutnya. Tiap daur mencakup planning (konsep), action (aksi), observation (observasi), serta reflection (refleksi). Instrumen yang dipakai silabus, RPP, LKS. Sebaliknya buat uji dipakai uji formatif dalam wujud pertanyaan adil. Metode analisa informasi memakai persentase ketuntasan. Pertemuan awal daur I, pertemuan kedua daur I, pertemuan awal daur II, serta pertemuan kedua daur II) ialah tiap- tiap 55%, 65%, 75%, serta 95%. Sebaliknya pada umumnya daur I 68, 5% pertemuan I, 73, 5% pertemuan II, Buat Daur II 77, 25% pertemuan I, 84, 5 pertemuan II. Aplikasi tata cara demonstrasi memiliki akibat positif, anak didik terpikat serta berkeinginan dengan tata cara demonstrasi alhasil mereka jadi termotivasi buat belajar.
Unduhan
Referensi
Ahmadi, A. (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS). Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.64
Azrai, E. P., Suryanda, A., & Rini, D. S. (2020). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU IPA DALAM PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MANDIRI SEBAGAI SARANA BELAJAR SISWA. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.35914/tomaega.v3i2.313
Latip, A., & Faisal, A. (2021). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa melalui Media Pembelajaran IPA Berbasis Komputer. Jurnal Pendidikan UNIGA. https://doi.org/10.52434/jp.v15i1.1179
Nurlaeli, H. (2021). PENGARAHAN PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI DI SD NEGERI CIPOROS 03 KARANGPUCUNG, KABUPATEN CILACAP. Dharmakarya. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i1.21305
Puspita Hadi, W., Hidayati, Y., & Rosidi, I. (2020). RESPON GURU IPA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA BERINTEGRASI ETNOSAINS: STUDI PENDAHULUAN DI KABUPATEN BANGKALAN. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.92
Rustina, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE DEMONTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS II.B SD NEGERI 65 PALEMBANG. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v19i1.4998
Suryani, E. (2016). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE DEMONTRASI DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VII G SMP NEGERI 1 STABAT. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v6i1.6003
Susanti, N. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gaya Magnet Melalui Penerapan Metode Demontrasi. Jurnal Pendidikan Sosial, Sains,Dan Humaniora (SG-JPSSH).
Zunidar, Z. (2019). PERAN GURU DALAM INOVASI PEMBELAJARAN. NIZHAMIYAH. https://doi.org/10.30821/niz.v9i2.550
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten