PENERAPAN METODE MODELING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI KELAS II SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i2.806Kata Kunci:
Metode Modeling, Keterampilan Membaca Puisi, Bahasa IndonesiaAbstrak
Pembelajaran Bahasa Indonesia belum optimal, Perihal ini diakibatkan kurang optimalnya pembelajaran antara lain:( 1) tata cara serta alat pembelajaran kurang variatif;( 2) strategi pembelajaran yang sedikit;( 3) kurang berikan peluang buat meningkatkan kompetensi yang dipunyai oleh anak didik; (4) Minimnya dorongan anak didik dalam pembelajaran; (5) Kurangnya atensi anak didik dalam membaca; (6) Anak didik tidak turut aktif dalam pembelajaran. Tujuan riset ini buat membenarkan keahlian membaca lewat tata cara modeling. Konsep riset ini ialah pemograman, penerapan, pemantauan, refleksi. Tempat riset di SD Negeri 190/VIII Perintis Kabupaten Tebo, Subjek riset berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan informasi memakai lembar pemantauan anak didik. Pangkal didapat dari hasil uji observasi serta pemilihan. Hasil pemantauan yang membuktikan terbentuknya pergantian kegiatan anak didik buat lebih aktif dalam pembelajaran membaca puisi pada daur I didapat rata- datar 2, 91 dengan persentase 73% serta daur II didapat pada umumnya 3,18 dengan persentase 78%. Hasil keahlian membaca puisi anak didik pada daur I, pada umumnya angka yang didapat oleh 67 sebaliknya pada daur II pada umumnya bertambah jadi 76 dengan KKM 65, itu artinya sudah memenuhi KKM yang ditetapkan.
Unduhan
Referensi
Arief Hidayat. (2020). Metode Pembelajaran Aktif. Jurnal Pendidikan Islam : Edukasi Islami.
Arifin Alatas, M., & Albaburrahim, A. (2021). PENGGUNAAN TEKNIK MODELLING DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. https://doi.org/10.21154/ibriez.v6i2.160
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Frans, G. (2020). PENERAPAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DALAM MENYAMPAIKAN PIDATO PERSUASIF DI KELAS IXA SMP NEGERI 1 MEGO. Journal on Teacher Education. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1146
HARLITA, D., HADIYANTI, A. H. D., & SAPTORO, A. (2021). MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i3.328
Ilham, I. (2020). Implementasi PERMENDIKNAS NO. 28 Tahun 2010 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah Pada Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1243
Jaronah, J. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Keterampilan Membaca Puisi Bahasa Indonesia. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia. https://doi.org/10.30998/diskursus.v2i03.6702
Mardika, I. P., Parmiti, D. P., & Tirka, I. W. (2017). Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD. Mimbar PGSD.
Nasrin Nabila, N. N. (2020). ANALISIS PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI. https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3692
Pathuddin, P. (2013). Pola Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Di Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP).
Silvia, S., Pebriana, P. H., & Sumianto, S. (2021). Penerapan Metode Silaba Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK). https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1336
Swadayani, L. P. A., Sutama, I. M., & Gunatama, G. (2019). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI FABEL DI KELAS VII 4 SMP NEGERI 2 SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20626
Yuki, L. K. (2019). Pembelajaran Membaca Puisi Dengan Model Contextual Teaching And Learning (CTL). Jurnal Soshum Insentif. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.167
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten