ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP SWASTA PEDESAAN

Penulis

  • Ayu Sulistya Kumening Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta, Indonesia
  • Luthfiasari Ramadhani Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta, Indonesia
  • Sumbaji Putranto Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Provinsi Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.825

Kata Kunci:

Problematika, Pembelajaran Matematika, SMP

Abstrak

Problematika pembelajaran matematika ditemukan pada setiap jenjang pendidikan, untuk itu perlu diperhatikan secara khusus dan diberikan solusi agar tidak dapat mengganggu kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis problematika yang terjadi pada pembelajaran matematika di SMP swasta pedesaan. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis problematika yang berasal dari guru dan siswa saat proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu mendeskripsikan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran matematika di SMP swasta pedesaan meliputi kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika, siswa tidak fokus mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, rendahnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, dan kurangnya kemampuan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Azis, E. R., Herliyani, M., & Maria, S. K. (2002). Analisis Problematika Pembalajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara. 23(4), 1–16.

Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.

Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar dalam Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Talang 1. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 667–671.

Maolia, N., Bramasta, D., & Andriani, A. (2020). Sikap Toleransi Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Patikraja. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 22. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3866

Meliyani, N. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika dan Solusi Alternatif di SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1718–1723. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1530

Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135

Pujiman, Rukayah, & Matsuri. (2021). Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 124–128. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47616

Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510

Siddiq, M. U. A. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 122–132. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186.

Sumadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Kelas VIII ditinjau dari Minat Belajar Siswa. 2(Juli), 65–69.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Kumening, A. S., Ramadhani, L., & Putranto, S. (2024). ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP SWASTA PEDESAAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 133–140. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.825

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.