ANALISIS PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP SWASTA PEDESAAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.825Kata Kunci:
Problematika, Pembelajaran Matematika, SMPAbstrak
Problematika pembelajaran matematika ditemukan pada setiap jenjang pendidikan, untuk itu perlu diperhatikan secara khusus dan diberikan solusi agar tidak dapat mengganggu kegiatan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis problematika yang terjadi pada pembelajaran matematika di SMP swasta pedesaan. Fokus dalam penelitian ini adalah menganalisis problematika yang berasal dari guru dan siswa saat proses pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu mendeskripsikan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran matematika di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran matematika di SMP swasta pedesaan meliputi kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran matematika, siswa tidak fokus mengikuti kegiatan pembelajaran matematika, rendahnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, dan kurangnya kemampuan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Unduhan
Referensi
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Azis, E. R., Herliyani, M., & Maria, S. K. (2002). Analisis Problematika Pembalajaran Matematika pada Siswa Kelas IV SD Islam Terpadu Mutiara. 23(4), 1–16.
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.36312/jime.v6i1.1119
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Khauro, K., Setiyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Pengaruh Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar dalam Pelajaran Matematika Kelas 1 SDN Talang 1. LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 1(1), 667–671.
Maolia, N., Bramasta, D., & Andriani, A. (2020). Sikap Toleransi Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Patikraja. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 9(1), 22. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v9i1.3866
Meliyani, N. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika dan Solusi Alternatif di SMP Negeri 1 Rambang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1718–1723. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1530
Nasution, N. C. (2018). Dukungan Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Al-Hikmah, 12(2), 159–174. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v12i2.1135
Pujiman, Rukayah, & Matsuri. (2021). Penerapan Prinsip Manajemen Kelas dan Pengaruhnya terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(2), 124–128. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/47616
Sari, R. K. (2019). Analisis Problematika Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama dan Solusi Alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i1.510
Siddiq, M. U. A. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 122–132. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32
Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9(2), 177–186.
Sumadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Kelas VIII ditinjau dari Minat Belajar Siswa. 2(Juli), 65–69.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten