STUDENTS’ ABILITY AND DIFFICULTIES IN CONSTRUCTING CONDITIONAL SENTENCE TYPE II AT SMAN 10 KERINCI JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.898Kata Kunci:
Grammar, Kalimat Bersyarat, Tipe II, Kemampuan Siswa, Kesulitan SiswaAbstrak
Kalimat bersyarat tipe II adalah bagian penting dari komunikasi, terutama dalam mengungkapkan situasi hipotesis. Ini dapat membantu siswa memahami cara berkomunikasi dengan lebih efektif, serta keterampilan ini penting dalam kemahiran berbahasa dan dapat membantu mengidentifikasi aspek-aspek yang memerlukan perbaikan, yang mengarah pada pengembangan kemampuan bahasa yang lebih baik. Penelitian ini mengidentifikasi kesulitan siswa dalam memahami dan memproduksi kalimat kondisional tipe II dengan menggunakan metode tes tertulis dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyusun kalimat kondisional tipe 2 dan permasalahan yang dihadapi siswa. Desain penelitian adalah deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas II SMAN 10 Kerinci Provinsi Jambi dan sampelnya adalah siswa kelas XI MIPA I. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes Grammar dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan siswa dalam mengkonstruksi kalimat Kondisional adalah rendah, dengan nilai 62 (dikategorikan C). Kesulitan yang dihadapi siswa adalah kebingungan dalam penggunaan verb-2 dan to be untuk past tense, ketidaktahuan siswa terhadap kata kerja tidak beraturan, kebingungan dalam menentukan bagian kalimat sebab-akibat dalam kalimat kondisional. Terakhir, kalimat kondisional tipe 2 sulit, namun dapat dipelajari dengan baik jika siswa lebih banyak berlatih dalam menyusun kalimat.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rhineka Cipta. https://irigasi.info/wp-content/uploads/2021/03/PROSEDUR-PENELITIAN-17-Mar-2021-14-11-12.pdf
Azar, B. S. (2013). Understanding and Using English Grammar. In Clear Grammar 4, 2nd edition: Keys to Advanced ESL Grammar (3rd ed.). Pearson Education. https://doi.org/10.3998/mpub.273343
Brown, H. D. (2008). Language Assessment: Principles and Classroom Practices (J. Townsane (ed.)). Pearson Education Inc. https://evelintampubolon.files.wordpress.com/2016/09/h-_douglas_brown_-_language_assessment.pdf
Cowan, R. (2008). The Teacher’s Grammar of English with Answers: A Course Book and Reference Guide. Cambridge University Press. https://books.google.co.id/books?id=WCCk829jmzUC&printsec=frontcover&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Haza’ Al Rdaat, S., & Gardner, S. (2017). An Analysis of Use of conditional Sentences by Arab Students of English. Advances in Language and Literary Studies, 8(2), 1. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.8n.2p.1
L R Gay, Geoffrey E. Mill, P. A. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications (J. W. Johnston (ed.); 10th ed.). https://yuli-elearning.com/mod/resource/view.php?id=677
Lena, N. (2018). an Error Analysis in Using Conditional Sentence Type II. http://repository.radenintan.ac.id/3037/
Lestari, N. P. (2014). A DESCRIPTIVE STUDY ON THE STUDENTS’ CONDITIONAL SENTENCE MASTERY AT THE SECOND GRADE OF SMP MUHAMMADIYAH 9 WATU KEBO IN THE 2013-2014 ACADEMIC YEAR. English Journal, 85(1), 2071–2079. http://digilib.unmuhjember.ac.id/download.php?id=2970
Ningsih, PEA. Sari, M. (2021). Are Learning Media Effective in English Online Learning ?: The Students ’ and Teachers ’ Perceptions. 17(2), 173–183. https://doi.org/https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1012
Perry, S. P. (2014). Brushing Up English to Learn Greek. https://www.google.co.id/books/edition/Brushing_Up_English_to_Learn_Greek/-XhgCgAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=Brushing+Up+English+to+Learn+Greek&pg=PT4&printsec=frontcover
Rizki Lestari, Nurma Dinda, A. W. (2014). An Analysis On Students’ Errors in Using Conditional Sentences Type II. Journal of Education in Muslim Society UIN Syarif Hidayatullah, 1–19.
Saadilah, H. (2020). AN ANALYSIS OF STUDENTS’ ABILITY IN USING CONDITIONAL SENTENCES OF THE SIXTH SEMESTER STUDENTS IN ENGLISH DEPARTMENT OF TARBIYAH FACULTY IAIN ANTASARI. 1(2), 1–11. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/30807/1/HADIROTUSHOLIHAH-FITK.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten