RELAVANSI KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.925Kata Kunci:
Kurikulum, Pembelajaran, Pendidikan.Abstrak
Perubahan kurikulum yang sering berubah dari waktu ke waktu memberi pengaruh terhadap cara pembelajaran di sekolah. Kurikulum memberikan panduan bagi guru untuk merancang aktivitas pembelajaran di yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan masa. Perubahan kurikulum dilakukan untuk memperbaharui atau meningkatkan kualitas Pendidikan. Dengan cara memperbarui materi pelajaran atau menambah konten terbaru yang relevan dengan zaman sekarang. Kurikulum dan pembelajaran saling berkaitan karena kurikulum adalah rencana pembelajaran yang melingkupi tujuan, isi, metode dan evaluasi yang akan dilakukan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan peserta didik yang mengacu pada tujuan yang telah ditentukan dalam kurikulum. Pembelajaran melibatkan penggunaan metode yang tepat untuk memfasilitasi proses perolehan kognitif, psikomotor dan afektif pada peserta didik. Dalam kajian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (library research) dengan teknik menganalisis literatur atau sumber informasi tertulis yang relevan. Pembelajaran dan perubahan kurikulum saling terkait. Pembelajaran yang baik akan membantu memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang diinginkan siswa dari perubahan kurikulum dan perubahan kurikulum yang tepat akan membantu meningkatkan keefektifan pembelajaran di kelas.
Unduhan
Referensi
Baharun, H., & Java, E. (2018). Pengembangan Kurikulum : Teori dan Praktik (Issue April).
Dahlan, J. A. (2014). Kurikulum dan Pengembangannya. 1–34.
Elisa, E. (2021). Pengertian Kurikulum Menurut Beberapa Ahli. https://educhannel.id/blog/artikel/pengertian-kurikulum-menurut-beberapa-ahli.html
Endang Rusyani. (2011). DESAIN PEMBELAJARAN. Journal Pendidikan Luar Biasa, 12 Suppl 1(9), 1–29. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195705101985031-ENDANG_RUSYANI/DESAIN_PEMBELAJARAN.pdf
Fauzan. (2017). Kurikulum & Pembelajaran (F. Arifin (ed.); Issue 1). GP Press.
Hamalik, O. (2010). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Cet.IV). PT Remaja Rosdakarya.
Hernawan, A. H., & Andriyani, D. (2011). pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Bahasa Inggris. Modul Pembelajaran, 1–42. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PBIS4303-M1.pdf
Humaedahmeda. (2022). Desain Pengembangan Kurikulum. Jurnal Mahasiswa Pendidikan, 2(2), 137–148. https://doi.org/10.37286/jmp.v2i2.183
Iman, A. (2018). Kurikulum Sebagai Pedoman Program dan Proses Pembelajaran. 105(3), 129–133.
Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi,, 5(01), 36-39.
Mahrus, M. (2021). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran dalam Sistem Pendidikan Nasional. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(1), 41–80. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i1.59
Nazir. (1988). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.
Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar dan Kesiapan Kepala Sekolah terhadap Penyesuaian Pembelajaran di Sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472–487.
Putrawangsa, S. (2018). DESAIN PEMBELAJARAN Design Research sebagai Pendekatan Desain Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Issue April).
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Soemadinata, N. (2018). Bentangkan Sayap Demi Menggapai Masa Depan. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D), 308.
Sukariyadi, T. . (2022). Manajem Kurikulum (Vol. 6, Issue 2).
Sukiman. (2015). Pengembangan Kurikulum perguruan Tinggi. Remaja Rosda Karya.
Sukmadinata, N. S. (1997). PENGEMBANGAN KURIKULUM TEORI DAN PRAKTEK. Remaja Rosda Karya.
UU No 20 Tahun 2003. (2003).
Wahyudi, W. E. (2020). Relasi Kurikulum dan Pembelajaran serta Kontekstualisasinya dengan Nilai-Nilai Multikultural. Kuttab, 3(2). https://doi.org/10.30736/ktb.v3i2.99
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten