PERENCANAAN PENGEMBANGAN SEKOLAH ADIWIYATA DI SMP N 7 SIJUNJUNG DENGAN PENGELOLAAN SAMPAH MENJADI ECOBRICK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1625Keywords:
Adiwiyata School, Waste Management, SMPN 7 Sijunjung, Environmental EducationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan sekolah dalam pemanfaatan sampah menjadi ecobrick bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan keterampilan siswa dalam mengelola limbah. Inisiatif ini melibatkan pengumpulan sampah plastik yang tidak terpakai dan mengubahnya menjadi ecobrick, yaitu bata dari botol plastik yang diisi dengan limbah plastik. Melalui pelatihan dan workshop, siswa diajarkan tentang dampak negatif sampah terhadap lingkungan dan pentingnya proses daur ulang. Pelaksanaan program ini tidak hanya membantu mengurangi jumlah sampah di lingkungan sekolah, tetapi juga menghasilkan produk yang bermanfaat untuk berbagai proyek konstruksi di sekolah. Kegiatan ini mendorong keterlibatan aktif siswa, guru, dan orang tua dalam menjaga kebersihan lingkungan. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan kesadaran lingkungan di kalangan siswa serta memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan limbah plastik. Diharapkan, inisiatif ini bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain dalam menerapkan pengelolaan sampah yang berkelanjutan.
Downloads
References
Alfatiah. (2022). Manajemen Program Guru Penggerak sebagai Peningkatan Profesionalisme Guru Pada Dinas Pendidikan (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Prof K.H Syaifudin Zuhri.
Apriyani, A., Putri, M. M., & Wibowo, S. Y. (2020). Pemanfaatan sampah plastik menjadi ecobrick. Masyarakat Berdaya Dan Inovasi. https://doi.org/10.33292/mayadani.v1i1.11
Aryanto, S., Markum, M., Pratiwi, V., & Husadha, C. (2019). Ecobrick sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik. https://doi.org/10.20961/jdc.v3i1.34076
Camelia, A., & Suryandari, N. (2021). Pendidikan Multikultural: Sebuah Perspektif Global. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1649
Choirunnisa, F., & Hestiana, R. A. (2021). Solusi Cerdas dan Praktis Pengolahan Sampah Plastik dengan Ecobriks. Jurnal Bina Desa.
Dina Destari. (2023). Pendidikan Global di Era Digital: Transformasi dalam Skala Internasional. Jurnal Pendidikan West Science. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.602
Fajriani, N., Yusri, H., Joliastari, F. A., Febrianti, M. S., Pariarsana, I. W., Wathoni, R., Putri, Y., Rahmatun, D. R., Oktaviana, A., & Karyawan, I. D. M. A. (2023). PEMANFAATAN SAMPAH ANORGANIK MENJADI ECOBRICK SEBAGAI UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK. Jurnal Wicara Desa. https://doi.org/10.29303/wicara.v1i4.3401
Hapsari, D. R. (2016). PERAN JARINGAN KOMUNIKASI DALAM GERAKAN SOSIAL UNTUK PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i1.33
Helmiati, H. (2021). Faktor–faktor Lokal dan Global Dalam Implementasi Manajemen Pendidikan Islam. NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan. https://doi.org/10.51311/nuris.v8i1.263
Ichsan, Aulia Sofianora, Desy, Yayat Suharyat, Tomi Apra Santosa, & Agus Supriyadi. (2023). Pengaruh Profesionalitas Guru Matematika Dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa Era Revolusi Industri 5.0 Di Indonesia: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 49–58. https://doi.org/10.36085/mathumbedu.v10i2.4868
Mina, R. (2016). DESENTRALISASI PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI ALTERNATIF MENYELESAIKAN PERMASALAHAN LINGKUNGAN HIDUP. Arena Hukum. https://doi.org/10.21776/ub.arenahukum.2016.00902.1
Narto, S., & Suparno, B. A. (2020). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility Pelatihan Ecobrick dalam Mengelola Sampah Plastik. Jurnal Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.31315/jik.v17i3.3778
Purnami, W. (2021). Pengelolaan Sampah di Lingkungan Sekolah untuk Meningkatkan Kesadaran Ekologi Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083
Puspita, M. P., Wulandari, A., & Syaifudin, . (2022). Dampak Sampah Plastik terhadap Hewan yang direpresentasikan pada Tubuh Manusia. Spectā : Journal of Photography, Arts, and Media. https://doi.org/10.24821/specta.v5i2.3756
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (1st ed.). KBM Indonesia.
Sugiyono, M. C. (2017). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D (25th ed.). Alfabeta.
W. Tuahatu, J., D. Manuputty, G., & Ch. Tuhumury, N. (2022). PENINGKATAN KESADARAN MASYARAKAT TERHADAP DAMPAK SAMPAH LAUT DAN PENGELOLAANNYA MELALUI PENGENALAN KONSEP ECOBRICKS DI GUDANG ARANG, KELURAHAN BENTENG, KOTA AMBON. JURNAL HIRONO. https://doi.org/10.55984/hirono.v2i1.84
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET). https://doi.org/10.51454/jet.v2i1.63
Yani, N. L. S., Zakaria, M. S., Sulistia, N., & ... (2024). Ecobrick Goes To School: Pelatihan Mengolah Sampah Plastik Berbasis Sekolah Adiwiyata Di Smp Negeri 25 Malang. Jurnal Abdimas …, 5(1), 717–723.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten