PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI MATAWAI LA PAWU
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.933Kata Kunci:
Model Pembelajaran, PBL, Hasil belajarAbstrak
pembelajaran problem based learning (PBL) pada materi plantae. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas X IPA SMA Negeri Matawai La Pawu. Hasil belajar kognitif siswa diukur menggunakan pretest dan posttest siklus I dan siklus II. Hasil belajar afektif diukur menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar siswa pada siklus I nilai pretest sebesar 45%, posttest sebesar 75%, dan siklus II nilai pretest sebesar 35%, dan posttest sebesar 90%. Hasil belajar afektif Pada siklus I diperoleh hasil kategori rendah 60%, kategori sedang 20%, sedangkan kategori tinggi 20%. Pada siklus II diperoleh hasil kategori rendah 0%, kategori sedang 20% sedangkan kategori tinggi 80%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar kelas X IPA SMA Negeri Matawai La Pawu.
Unduhan
Referensi
Albert, L. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Microsoft Power Point (PPT) terhadap Hasil Belajar Siswapada Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. 26–29. http://repository.unmuhpnk.ac.id/1103/1/111630543b.pdf
DAI KOI, Y., & Bano, V. O. (2022). The Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Stuktur Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biogenerasi, 7(1), 225–230. https://doi.org/10.30605/biogenerasi.v7i1.1702
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Mingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Hayati, M. N., Fatkhurrohman, M. A., & Learning, B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktifitas siswa Pada pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pangah Kabupaten Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, 2(2), 118–124.
Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan BiologiBINOMIAL, 5(2), 126–135.
Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 299–306. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/5728
Nardin, Muris, & Tawil, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Minat Belajar Dan Penguasaan Konsep Fisika Pada Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 26 Makassar. Sains Dan Pendidikan Fisika, 70, 117–127.
Siswanto, Maridi, & Marjono. (2012). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 Effect of Model Problem Based Learning (Pbl) To Solve the Problem and th. Pendidikan Biologi, 4, 53–59.
Subekti, T., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Implementation of Problem Based Learning To Improve Learning Activities and Biology Learning Outcomes of High Schoo Students. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 8(2), 83–88.
Tarapanjang, G., & Bano, V. O. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMAN 1 Kahaungueti. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 14(2), 175–182. https://doi.org/10.25134/quagga.v14i2.5747
Triani, D. S., Winarni, E. W., & Muktadir, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Sikap Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 78 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 13–21. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8677
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam teori dan praktek. Prestasi Pustaka.
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten