PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBANTUAN MEDIA POSTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.936Kata Kunci:
Model Pembelajaran; Kooperatif, Jigsaw; Hasil BelajarAbstrak
Riset ini bermaksud buat mengenali akibat bentuk kegiatan belajar mengajar kooperatif jenis jigsaw kepada hasil berlatih anak didik Kelas X MIPA di SMA Negeri 1 Rindi Umalulu. Tipe penelitian ini yakni tipe penelitian dengan konsep memakai pretest- posttest with control tim design. Pengumpulan ilustrasi memakai purposive sampling. Populasi dalam riset ini yakni anak didik Kelas X MIPA pada semester genap tahun anutan 2022 atau 2023. Ilustrasi riset ini ialah 36 siswa Kelas X MIPA 2 selaku Kelas pengawasan serta 36 siswa X MIPA 1 selaku Kelas penelitian. Hasil analisa yang didapat dari angka posttest membuktikan kalau angka pada umumnya Kelas penelitian lebih besar ialah 74, 22 lebih besar dibanding Kelas pengawasan ialah 66, 69. Tidak hanya itu, dari hasil percobaan anggapan paired sample t- test didapat angka sig( 2- tailed) 0, 000<0, 05, hingga bisa disimpulkan kalau bentuk kegiatan belajar mengajar kooperatif jenis jigsaw berbantuan alat plakat mempengaruhi kepada hasil berlatih anak didik.
Unduhan
Referensi
Adam, D. H., Irmayanti, Hasibuan, M. N. S., Hasibuan, E. R., & Nazliah, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Development, 9(2), 437–439.
Bano, V. O., Marambaawang, D. N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis Kriteria Butir Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Jurnal Ideas, 8(1), 145–152. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.660
Eti, A. U. N. R., & Bano, V. O. (2022). Application of the Problem Based Learning ( PBL ) Learning Model to Improve Student Learning Outcomes at SMP Negeri 4 Umbu Ratu Nggay. Formosa Journal of Multidisciplinary Research (FJMR), 1(8), 1601–1616. Retrieved from https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjmr
Farida, & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan Reliabilitas dalam Analisis Butir Soal. Al-Mu’Arrib: Journal of Arabic Education, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32923/al-muarrib.v1i1.2100
Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (Rte) Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Sdn Pinggir Papas 1 Sumenep. Widyagogik : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 112. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v6i2.5195
Lokat, Y. T., Bano, V. O., & Enda, R. R. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2), 126–135.
Maiyena, S. (2013). Pengembangan Media Poster Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Materi Global Warming. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3, 18–26.
Marpaung, A., Pendong, D. F., & Lihiang, dan A. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Virus di SMA Keberbakatan Banda Aceh. Jurnal Sains Pendidikan Biologi, 2(3), 257–262.
Octobrianta, A. R., & Utami, R. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Mind Map Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 3 YOGYAKARTA. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 124–130.
Prihatanti, G. G., & Koeswanti, H. D. (2017). Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V SD Imbas Gugus Diponegoro Kabupaten Blora. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(1), 110–118. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i1.6408
Riandi, D. M., Rahayu, H. M., & Kurniawan, A. D. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Media Flash Terhadap Hasil Belajar Materi Kingdom Animalia Pada Siswa Kelas X Di Man Filial Pontianak. Jurnal Biologi Education, 3(2), 53–62.
Safitri, A. D., Morin, J. V, & Larasati, C. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA Negeri 1 Prafi Kelas X (Pada Pokok Bahasan Minyak Bumi). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 2(4), 33–40. Retrieved from http://journalfkipunipa.org/index.php/accej/article/view/47/43
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto, ed.). BANDUNG: ALFABETA,cv.
Sulastri, Y., & Rochintaniawati, D. (2009). Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran Biologi Di SMPN 2 Cimalaka. Jurnal Pengajaran, 13(1), 15–20.
Wantah, M. J. (2010). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Asesmen Anak TK berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 14, pp. 122–141. https://doi.org/10.21831/pep.v14i1.1979
Yusandika, A. D., Istihana, & Susilawati, E. (2018). Pengembangan Media Poster Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika Materi Tata Surya. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education,01(November),187–196.Retrievedfrom https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/index
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten