UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN KREATIVITAS SISWA KELAS II SDN 11 SITIUNG DENGAN MENERAPKAN MODEL MIND MAPPING
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.962Kata Kunci:
Mind Mapping, Model, Pembelajaran.Abstrak
Latar belakang masalah yang muncul dalam penelitian ini yaitu dalam pembelajaran di kelas motivasi dan kreativitas siswa masih belum muncul dengan baik. Sebagai upaya mengatasi permasalahan tersebut dipilih model Mind Mapping dalam pembelajaran di kelas. Tujuan pada penelitian yang telah dilakukan yaitu untuk meningkatkan kembali proses pembelajaran di kelas serta mengembangkan kreativitas dan motivasi Siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas II SD Negeri 11 Sitiung. Sasaran penelitian yang telah dilakukan yaitu murid kelas II di SDN 11 Sitiung sejumlah 18 siswa. Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan selama 1 siklus. Penelitian dilaksanakan secara tatap muka dengan siswa di kelas. Metode yang dilakukan yaitu merencanakan penelitian, melaksanakan penelitian, mengamati dan merefleksikan hasil penelitian. Melalui lembar pengamatan aktivitas siswa dan penilaian mind mapping diperoleh hasil kreativitas dan motivasi siswa pada kriteria baik. Ada peningkatan kreativitas dan motivasi siswa dalam belajar. Hasil penelitian dengan menerapkan model belajar Mind Mapping memberikan dampak pada peningkatan tingkat motivasi dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Terdapat 15 orang siswa (83,33%) sudah termotivasi dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang kreatif 12 orang (66,67%) Terbukti pada motivasi dan kreativitas siswa di Kelas II SDN 11 Sitiung menunjukkan dampak yang baik dan Mind Mapping dapat mengembangkan motivasi dan kreativitas siswa.
Unduhan
Referensi
Abdurrahman, A. (2021). EVALUASI PELAKSANAAN KURIKULUM DI MADRASAH IBTIDAIYAH. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.33394/realita.v5i2.3415
Asrul, A., & Pia, M. (2022). Implementasi Model Mind Mapping terhadap Kreativitas Belajar IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i2.2670
Betaubun, S. L., Hermansyah, A. K., Sumarsono, A., Purwanty, R., & Tembang, Y. (2018). METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEHATAN. Musamus Journal of Primary Education. https://doi.org/10.35724/musjpe.v1i1.843
Husni, M., & Zainuddin. (2018). Memahami Konsep Pemikiran Mind Map Tony Buzan (1970) dalam Realitas Kehidupan Belajar Anak. Al-Ibrah.
Ikhsan, K. N., & Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan Dan Akuntansi). https://doi.org/10.25157/je.v6i1.1682
Ma’ruf, A. H., Syafii, M., & Kusuma, A. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis HOTS terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.552
Nasution, D. S. (2020). Mind Mapping to Improve Students’ Speaking Skill. English Jorunal for Teaching Learning.
Novioleta, R., Wedyawati, N., & Kurniati, A. (2020). MODEL MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SISWA SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.645
Nurhasnah, N., Maulida, L., Mufti, Z. A., Latifah, A., & Agung, R. (2022). Implementasi Kurikulum 2013. Educational Journal of Islamic Management. https://doi.org/10.47709/ejim.v2i2.1903
Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. JEE (Journal of Elementary Education).
Oktaviyanti, I., Jiwandono, I. S., Nurhasanah, Khair, B. N., Ratnadi, & Affandi, L. H. (2020). Worksop Penyusunan Rancangan Pembelajaran Model Mind Mapping Untuk Sd Negeri 3 Midang. Jurnal Pepadu.
Purnamadewi, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Mind Mapping. Madrascience: Jurnal Pendidikan Islam, Sains, Sosial, Dan Budaya.
Putri, A. C. D., Sumardi, S., & Hidayat, S. (2018). Pengaruh Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR .
Rofi’ah, R. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaaan Islam Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.54069/attadrib.v3i2.109
Saputra, J., Triyogo, A., & Frima, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1563
Subakti, H., Eka Selvi Handayani, Anisa Anindi Muslimah, Sella Shinta, & Dodi Alfayed. (2020). PENGENALAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DI SD NEGERI 002 SUNGAI PINANG KOTA SAMARINDA. Jurnal Abdimas Bina Bangsa. https://doi.org/10.46306/jabb.v1i1.6
Wati, N. N. K. (2022). Dampak Model Pembelajaran Mind Mapping dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.43652
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten