EFEKTIVITAS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN

Penulis

  • Amril Amril S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.971

Kata Kunci:

Flipped classroom, Menganalisis, Mengevaluasi, Mencipta, Mann-whitney

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa PGSD Universitas Dharmas Indonesia pada mata kuliah media pembelajaran dengan menerapkan model flipped classroom. Hasil yang diinginkan menguji efektivitas model flipped classroom pada mata kuliah media pembelajaran terhadap kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta mahasiswa.  Jenis penelitian R&D dengan prosedur pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas model flipped classroom pada kegiatan pembelajaran mata kuliah media pembelajaran mahasiswa PGSD Universitas Dharmas Indonesia memiliki rerata sebesar 1,84. pada kemampuan menganalisis, rerata sebesar 1,84 pada kemampuan mengevaluasi dan reata 1,09 pada kemampuan mencipta. Menguji efektivitas model dilakukan dengan statistik uji analisis non parametrik Mann-Whitney memperoleh tingkat signifikansi sebesar 0,002 untuk kemampuan menganalisis, 0,007 untuk kemampuan mengevaluasi dan 0,008 untuk kemampuan mencipta. Nilai-nilai ini lebih kecil dari 0,05 yang bermakna model flipped classroom yang dilaksanakan mampu meningkatkan kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi dan kemampuan mencipta mahasiswa PGSD Universitas Dharmas Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chen Hsieh, J. S., Huang, Y. M., & Wu, W. C. V. (2017). Technological acceptance of LINE in flipped EFL oral training. Computers in Human Behavior, 70, 178–190. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2016.12.066

Crews, T., & Butterfield, J. B. (2014). Data for Flipped Classroom Design: Using Student Feedback to Identify the Best Components from Online and Face-to-Face Classes. Higher Education Studies, 4(3), 38–47. https://doi.org/10.5539/hes.v4n3p38

Enfield, J. (2013). Looking at the Impact of the Flipped Classroom Model of Instruction on Undergraduate Multimedia Students at CSUN. TechTrends, 57, 14–27.

Gariou-Papalexiou, A., Papadakis, S., Manousou, E. (Gelly), & Georgiadu, I. (2017). Implementing a flipped classroom: A case study of biology teaching in a greek high school. Turkish Online Journal of Distance Education, 18(3), 47–65. https://doi.org/10.17718/tojde.328932

Havwini, T., & Wu, Y.-T. (2019). the Implementation of Flipped Classroom in Efl Class: a Taiwan Case Study. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 2(02), 79–88. https://doi.org/10.30871/deca.v2i02.1536

Johnson, G. B. (2013). Student perceptions of the Flipped Classroom [University of British Columbia]. https://doi.org/10.14288/1.0073641

Lo, C. K., & Hew, K. F. (2017). A critical review of flipped classroom challenges in K-12 education: possible solutions and recommendations for future research. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 12(1). https://doi.org/10.1186/s41039-016-0044-2

Love, B., Hodge, A., Grandgenett, N., & Swift, A. W. (2014). Student learning and perceptions in a flipped linear algebra course. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(3), 317–324. https://doi.org/10.1080/0020739X.2013.822582

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Krit. Edutcehnologia, 3(2), 160–170.

Melissa Bond. (2020). Facilitating student engagement through the flipped learning approach in K-12: A systematic review. 151.

Mohan, D. (2018). Flipped Classroom, Flipped Teaching and Flipped Learning in the Foreign/Second Language Post–Secondary Classroom. Nouvelle Revue Synergies Canada, 11(11), 1–12. https://doi.org/10.21083/nrsc.v0i11.4016

Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Murillo-Zamorano, L. R., López Sánchez, J. Á., & Godoy-Caballero, A. L. (2019). How the flipped classroom affects knowledge, skills, and engagement in higher education: Effects on students’ satisfaction. Computers & Education, 141, 103608. https://doi.org/10.1016/J.COMPEDU.2019.103608

Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia (Vol. 2011).

Salatiga, M., Materi, P., Karim, M., & Saptono, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik (Issue 2016).

Stephanie, S. (2015). Advances in Engineering Education The Evolution of a Flipped Classroom : Evidence-Based Recommendations. 1–37.

Sutama, Yulia Maftuhah Hidayati, M. N. (2022). Metode penelitian pendidikan. Muhammadiyah University Press.

Yuniarsih, Y., Hapsari, E. K., & Zakaria, M. (2020). Blended Learning Approach Using Flipped Classroom Model on Kaiwa Iii. Jurnal Kata, 1, 28. https://doi.org/10.22216/kata.v1i0.5064

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Amril, A. (2024). EFEKTIVITAS FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH MEDIA PEMBELAJARAN. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(1), 311–317. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i1.971

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.