PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1127Keywords:
Project Based Learning, Kemampuan Litersi SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, dan desain nonnequvalent kontrol group design. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV UPT SDN 066650 Medan, yang dibagi menjadi dua kelas yaitu IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan berupa tes dan dokumentasi, serta terknik analisis yaitu uji statistik diskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa dilihat dari nilai t-hitung yaitu 12, 643 > dari t-tabel 2,032 yang menunjukan hipotesisi Ha diterima dan Ho ditolak artinya terdapat ada perbedaan rata-rata pada posttest kelas eksperimen dan kontrol sedangan dilihat dari nilai sig 2-tailed sebesar 0,000 < 0,05 artinya hipotesisi Ha diterima dan Ho ditolak jadi Temuan ini menggambarkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning yang signifikan terhadap kemampuan literasi sains siswa kelas IV UPT SDN 066650 Medan.
Downloads
References
Allanta, T. R., & Puspita, L. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dan Self Efficacy Peserta Didik: Dampak Pjbl-Stem Pada Materi Ekosistem. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 7(2), 158–170. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V7i2.42441
Anjarini, D. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Outdoor Study Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemampuan Menyusun Karya Ilomiah Geografi Sma. Universitas Negeri Malang. Http://Repository.Um.Ac.Id/Id/Eprint/62404
Aryani, W. D. (2022). Implementasi Model Pjbl Dengan Infografis Canva Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Viib Smpn 1 Kandeman. Ristek: Jurnal Riset, Inovasi Dan Teknologi Kabupaten Batang, 7(1), 37–49.
Budiyanti, F., Mohzana, M., & Aminah, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Pjbl Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Diskusi. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (Kibasp), 7(1), 154–166. Https://Doi.Org/10.31539/Kibasp.V7i1.6875
Dr. Rian Vebrianto, M. E. L. A. H. S. P. A. H. N. S. P. D. A. S. P. F. S. P. G. A. S. P. (2021). Bahan Ajar Ipa Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Versi Daring. Cv. Dotplus Publisher.
Ervina, R., Pradana, A. B. A., & Meinita, P. (2022). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Dengan Media Scrapbook Terhadap Hasil Belajar Ppkn (Penelitian Pada Siswa Kelas 3 Sd Negeri Podosoko I). Prosiding University Research Colloquium, 344–354. Https://Repository.Urecol.Org/Index.Php/Proceeding/Article/View/2160
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis Pjbl (Project-Based Learning) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis. Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209–226. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Ip.V10i1.17642
Izzania, R. D. S. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Project Based Learning (Pjbl) Terintegrasi Steam Untuk Memfasilitasi Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(2), 146–157. Https://Doi.Org/10.33369/Dikdas.V4i2.15914
Kamaruddin, I., Subrayanti, D., Viktor Purhanudin, M., Amri, N., Negeri Makassar, U., P Pettarani, J. A., Rappocini, K., Makassar, K., Selatan, S., Bina Insani Sakti, A., & Sri Sudewi Maschun Sofwan Kawasan Sentiong Kec Sungai Bungkal, J. D. (2024). Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis. Journal On Education, 06(03), 17734–17743.
Khofifah, I. N., & Mitarlis, M. (2021). Student Worksheet Oriented On Science, Technology, Engineering, And Mathematics (Stem) With Pjbl Model On Acid Base Matter By Using Natural Product. Jurnal Pendidikan Kimia, 13(1), 22–37. Https://Doi.Org/10.24114/Jpkim.V13i1.24141
Kurniasih, H. D., Mastur, Z., & Juhana, J. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Models With Folklore Nuance To Enhance Students’ Writing Skills And Self-Confidence. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 451–465. Https://Doi.Org/10.37680/Scaffolding.V5i2.3087
Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dan Think Pair Share (Tps) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. Https://Doi.Org/10.26740/Jp.V3n2.P80-85
Mahanani, P., & Muchtar, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Menggunakan Model Inkuiri Dan Project Based Learning (Pjbl) Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(1), 43–49. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v28i12019p043
Maharani, B., & Yohandri. (2020). How Is The Student Worksheet Design (Lapd) Based On Project Based Learning (Pjbl) Models In Senior High School Physics X Learning? Literature Review. Journal Of Physics: Conference Series, 1481(1), 012061. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1481/1/012061
Noordin, M. K., Ali, D. F., Nasir, A. N. M., Pairan, M. R., & Azmi, A. N. (2018). Improving Knowledge And Skills Retention For Future Teachers In Technical And Vocational Education Through Project-Based Learning (Pjbl). Turkish Online Journal Of Design, Art & Communication, 8, 769–780.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357
Rahardjanto, A., & Fauzi, A. (2019). Hybrid-Pjbl: Learning Outcomes, Creative Thinking Skills, And Learning Motivation Of Preservice Teacher. International Journal Of Instruction, 12(2), 179–192. Http://Www.E-Iji.Net
Ramadhan, S., Indriyani, V., Asri, Y., & Sukma, E. (2020). Design Of Learning Modules Writing Narrative Text Based On Project Based Learning (Pjbl) By Using Mobile Devices. Journal Of Physics: Conference Series, 1471(1), 012029. Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1471/1/012029
Riani, N. (2023). All Fields Of Science J-Las Efektifitas Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Analysis Of Parking Characteristics On Sudirman Street, Binjai City. Afosj-Las, 3(3), 24–31.
Rismawati, Idawati, & Fitri Yanty Muchtar. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (Pjbl) Berbasis Video Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Ips Murid Sd Inpres 5/81 Ponre-Ponre Kabupaten Bone. Jkp: Jurnal Pendidikan Khasanah, 2(1), 120–126. Https://Doi.Org/10.58738/Jkp.V2i1.218
Rusmansyah, R., Leny, L., & Sofia, H. N. (2023). Improving Students’ Scientific Literacy And Cognitive Learning Outcomes Through Ethnoscience-Based Pjbl Model. Journal Of Innovation In Educational And Cultural Research, 4(1), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46843/Jiecr.V4i1.382
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023a). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440.
Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023b). Efektifitas Model Project Based Learning (Pjbl) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i1.4390
Sukmawijaya, Y., Suhendar, S., & Juhanda, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Stem-Pjbl Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Bioeduin: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(2), 28–43. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15575/Bioeduin.V9i2.5893
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 9, 176–186.
Wahyuni, R. D. I., Alam, H. V., & Laliyo, L. A. R. (2023). Strengthening The Profile Of Pancasila Students Through Extracurricular Activities Of The Project Learning-Based Waste Bank Program (Pjbl). Novateur Publications, 1, 113–124. Http://Novateurpublication.Org/Index.Php/Np/Article/View/75
Watun, F. F. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Dalam Materi Teks Persuasif Pada Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 1 Kota Jambi.
Widarti, H. R., Rokhim, D. A., & Syafruddin, A. B. (2020). The Development Of Electrolysis Cell Teaching Material Based On Stem-Pjbl Approach Assisted By Learning Video: A Need Analysis. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, 9(3), 309–318.
Yasa, I. (2023). Analisis Keterampilan Guru Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Di Gugus Viii Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Pendidikan Ganesha. Http://Repo.Undiksha.Ac.Id/Id/Eprint/15890
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten