REKONSTRUKSI CERITA LISAN BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BATAK TOBA DI DESA PALIPI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1169Keywords:
Rekonstruks, Cerita Lisan, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka BelajarAbstract
Penelitian ini akan dilaksanakan di kecamatan Palipi Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan Palipi merupakan tempat lahirnya peradaban batak, Boru Saruding dan Batu Somong. Di kecamatan ini terdapat Istana Boru Saruding. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggali dan merekonstruksi ceritacerita lisan yang ada di Kawasan Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir ; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan jenis cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai kearifan lokal dalam cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; 4) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; dan 5) mengembangkan produk artikel berdasarkan hasil rekonstruksi cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir. Kelima tujuan ini terintegrasi untuk menguatkan literasi dalam kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kualitatif deskriptif. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan pelapor hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini bukan berupa angka-angka melainkan pengkajian dan pendeskripsian objek yang diteliti.
Downloads
References
Amir, M. A. A. A. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Milenial Di Lingkungan Kampus. Jurnal Abdimu (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32627/Abdimu.V1i1.5
Bulqis, D. B. Q. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budi Pekerti (Bp) Di Sekolah Penggerak Smpn 1 Kemang Bogor. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/72059
Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal Of Elementary Education, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V7i2.1944
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V7i1.14250
Flora, F., Tamba, K. N., Manullang, N., & Siburian, P. (2021). Parafrasa Legenda “Boru Saroding” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di Sma. Jurnal Basataka (Jbt), 4(2), 93–101.
Ibrahim, I., & Suranti, N. M. Y. (2024). The Trend Ethnopedagogy Research As Contribution In Elementary Science Learning In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 642–652. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i1.2000
Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V5i1.7842
Komara, E., & Adiraharja, M. I. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Di Smk Negeri 10 Kota Bandung. Mimbar Pendidikan, 5(2), 117–130. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.2121/Mp.V5i2.1353
Kurniawan, S. A., & Asman, A. (2019). Cerita Rakyat Sebagai Fragmentaris Sastra Anak Dan Kesesuaiannya Dengan Perkembangan Anak. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/.V3i2.3266
Lo, C. K., Lie, C. W., & Hew, K. F. (2018). Applying “First Principles Of Instruction” As A Design Theory Of The Flipped Classroom: Findings From A Collective Study Of Four Secondary School Subjects. Computers & Education, 118, 150–165. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2017.12.003
Maisaroh, I., & Hayani, R. A. (2022). Urgensi Kearifan Lokal Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter Jawara (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1). Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jawara/Article/View/15618/8968
Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak: Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(1), 129–138.
Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study Of Students’ And Teachers’ Perceptions In A Finnish High School During The Covid Pandemic. International Journal Of Technology In Education And Science, 4(4), 352–369. Http://Www.Ijtes.Net
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8264.G9053
Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695.
Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V6n3.P230-237
Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. Jrpm (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2022.7.1.55-72
Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3274
Saihu, S., & Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 435–452. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30868/Ei.V8i2.477
Sibarani, R., & Sinulingga, J. (2022). Rekonstruksi Cerita Rakyat Geosite Geopark Toba Humbang Hasundutan Tapanuli Utara: Kajian Tradisi Lisan. Jurnal Basataka (Jbt), 5(2), 220–230. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V5i2.183
Sinaga, R. R. F., & Pustika, R. (2021). Exploring Students’ Attitude Towards English Online Learning Using Moodle During Covid-19 Pandemic At Smk Yadika Bandarlampung. Journal Of English Language Teaching And Learning, 2(1), 8–15. Https://Doi.Org/10.33365/Jeltl.V2i1.850
Suardana, I. P. O. (2023). Restorasi Dan Dokumentasi Cerita Lisan Sebagai Bahan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Kedisan, Kintamani. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 64–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V6i1.11137
Suparjan, E., & Nurnaningsih, N. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter, Revolusi Mental Dan Nilai-Nilai Budaya Bima. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 159–167. Https://Doi.Org/10.52266/Tadjid.V4i2.519
Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah Dengan Analisis Interaktif Bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V7i1.6464
Wendra, I. W. (2020). Representasi Nilai Karakter Dan Kearifan Lokal (Local Genius) Pada Cerpen Surat Kabar Bali Post (Sebagai Dasar Menentukan Cerpen Yang Layak Diterbitkan). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V10i2.29104
Wiradnyana, K. (2011). Lesung Batu, Cerminan Pandangan Hidup Masyarakat Batak Toba. Berkala Arkeologi Sangkhakala, 14(2), 266–286.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten