REKONSTRUKSI CERITA LISAN BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BATAK TOBA DI DESA PALIPI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA

Authors

  • Martua Reynhat Sitanggang Gusar Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Monalisa Frince S Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Rolan Manurung Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia
  • Immanuel Santoso Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1169

Keywords:

Rekonstruks, Cerita Lisan, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Penelitian ini akan dilaksanakan di kecamatan Palipi Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Kecamatan Palipi merupakan tempat lahirnya peradaban batak, Boru Saruding dan Batu Somong. Di kecamatan ini terdapat Istana Boru Saruding. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggali dan merekonstruksi ceritacerita lisan yang ada di Kawasan Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir ; 2) mendeskripsikan dan menjelaskan jenis cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; 3) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai kearifan lokal dalam cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; 4) mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir; dan 5) mengembangkan produk artikel berdasarkan hasil rekonstruksi cerita lisan yang ada di Desa Palipi kecamatan Palipi kabupaten Samosir. Kelima tujuan ini terintegrasi untuk menguatkan literasi dalam kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini merupakan jenis penilitian kualitatif deskriptif. Kedudukan peneliti dalam penelitian kualitatif merupakan perencana, pelaksana, pengumpul data, penganalisis, penafsir data, dan pelapor hasil penelitiannya. Hasil penelitian ini bukan berupa angka-angka melainkan pengkajian dan pendeskripsian objek yang diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Martua Reynhat Sitanggang Gusar, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Monalisa Frince S, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Rolan Manurung, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Immanuel Santoso, Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas HKBP Nommensen, Indonesia

References

Amir, M. A. A. A. (2021). Pendidikan Karakter Pada Generasi Milenial Di Lingkungan Kampus. Jurnal Abdimu (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 1–11. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32627/Abdimu.V1i1.5

Bulqis, D. B. Q. (2023). Persepsi Guru Terhadap Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dan Budi Pekerti (Bp) Di Sekolah Penggerak Smpn 1 Kemang Bogor. Jakarta: Fitk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/72059

Fadil, K., Amran, A., & Alfaien, N. I. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Mewujudkan Suistanable Developments Goal’s. Attadib: Journal Of Elementary Education, 7(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32507/Attadib.V7i2.1944

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V7i1.14250

Flora, F., Tamba, K. N., Manullang, N., & Siburian, P. (2021). Parafrasa Legenda “Boru Saroding” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di Sma. Jurnal Basataka (Jbt), 4(2), 93–101.

Ibrahim, I., & Suranti, N. M. Y. (2024). The Trend Ethnopedagogy Research As Contribution In Elementary Science Learning In The Era Of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 642–652. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V9i1.2000

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. Kembara: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Kembara.V5i1.7842

Komara, E., & Adiraharja, M. I. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran Kewirausahaan Di Smk Negeri 10 Kota Bandung. Mimbar Pendidikan, 5(2), 117–130. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.2121/Mp.V5i2.1353

Kurniawan, S. A., & Asman, A. (2019). Cerita Rakyat Sebagai Fragmentaris Sastra Anak Dan Kesesuaiannya Dengan Perkembangan Anak. Prosiding Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia (Senasbasa), 3(2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/.V3i2.3266

Lo, C. K., Lie, C. W., & Hew, K. F. (2018). Applying “First Principles Of Instruction” As A Design Theory Of The Flipped Classroom: Findings From A Collective Study Of Four Secondary School Subjects. Computers & Education, 118, 150–165. Https://Doi.Org/10.1016/J.Compedu.2017.12.003

Maisaroh, I., & Hayani, R. A. (2022). Urgensi Kearifan Lokal Dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter Jawara (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel), 8(1). Https://Jurnal.Untirta.Ac.Id/Index.Php/Jawara/Article/View/15618/8968

Manalu, J. (2022). Program Pendidikan Guru Penggerak: Pijakan Kurikulum Merdeka Sebagai Implementasi Merdeka Belajar. Pendar: Jurnal Pengajaran Dan Riset, 2(1), 129–138.

Niemi, H. M., & Kousa, P. (2020). A Case Study Of Students’ And Teachers’ Perceptions In A Finnish High School During The Covid Pandemic. International Journal Of Technology In Education And Science, 4(4), 352–369. Http://Www.Ijtes.Net

Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Jupiis.V10i1.8264.G9053

Rochmania, D. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Pondok Pesantren. Jurnal Basicedu, 6(2), 1687–1695.

Rohim, D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230–237. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V6n3.P230-237

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Dwi Kirana, R., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. Jrpm (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55–72. Https://Doi.Org/10.15642/Jrpm.2022.7.1.55-72

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i4.3274

Saihu, S., & Rohman, B. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Model Pendidikan Transfromatife Learning Pada Santri Di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Bali. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 435–452. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30868/Ei.V8i2.477

Sibarani, R., & Sinulingga, J. (2022). Rekonstruksi Cerita Rakyat Geosite Geopark Toba Humbang Hasundutan Tapanuli Utara: Kajian Tradisi Lisan. Jurnal Basataka (Jbt), 5(2), 220–230. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36277/Basataka.V5i2.183

Sinaga, R. R. F., & Pustika, R. (2021). Exploring Students’ Attitude Towards English Online Learning Using Moodle During Covid-19 Pandemic At Smk Yadika Bandarlampung. Journal Of English Language Teaching And Learning, 2(1), 8–15. Https://Doi.Org/10.33365/Jeltl.V2i1.850

Suardana, I. P. O. (2023). Restorasi Dan Dokumentasi Cerita Lisan Sebagai Bahan Literasi Berbasis Kearifan Lokal Di Desa Kedisan, Kintamani. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 64–67. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Elementary.V6i1.11137

Suparjan, E., & Nurnaningsih, N. (2020). Integrasi Pendidikan Karakter, Revolusi Mental Dan Nilai-Nilai Budaya Bima. Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 159–167. Https://Doi.Org/10.52266/Tadjid.V4i2.519

Utami, I. S., & Nurlaili, L. (2022). Optimalisasi Peran Sekolah Dengan Analisis Interaktif Bagi Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 32–43. Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.21067/Jmk.V7i1.6464

Wendra, I. W. (2020). Representasi Nilai Karakter Dan Kearifan Lokal (Local Genius) Pada Cerpen Surat Kabar Bali Post (Sebagai Dasar Menentukan Cerpen Yang Layak Diterbitkan). Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 1–9. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V10i2.29104

Wiradnyana, K. (2011). Lesung Batu, Cerminan Pandangan Hidup Masyarakat Batak Toba. Berkala Arkeologi Sangkhakala, 14(2), 266–286.

Published

2025-04-28

How to Cite

Sitanggang Gusar, M. R. ., S, M. F. ., Manurung, R. ., & Santoso, I. . (2025). REKONSTRUKSI CERITA LISAN BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BATAK TOBA DI DESA PALIPI SEBAGAI UPAYA PENGUATAN LITERASI DALAM KURIKULUM MERDEKA. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(3), 719–726. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1169

Similar Articles

<< < 18 19 20 21 22 23 24 25 26 27 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.