PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 3 PONGGOK
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.145Kata Kunci:
covid-19, daring, modul pembelajaran, siswa kelas VIII.Abstrak
Pandemi covid-19 mengubah sistem pembelajaran di Indonesia yang semula berbasis tatap muka menjadi berbasis daring. Banyak strategi yang digunakan oleh para guru untuk tetap mengondusifkan pembelajaran, salah satunya dengan penggunaan modul pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan modul pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di UPT SMP Negeri 3 Ponggok. Penelitian ini memiliki jenis penelitian kualitatif, karena memiliki data berupa kata-kata. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian yang akan dianalisis adalah modul pembelajaran Bahasa Indonesia, dengan objek kelas VIII-C dan kelas VIII-D. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner. Setelah data terkumpul, data akan diolah menggunakan teknik Miles dan Huberman, yang meliputi beberapa tahap; reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nantinya hasil penelitian yang didapat diharapkan mampu menjadi referensi bagi para guru dalam mengondisikan kegiatan belajar Bahasa Indonesia di tengah pandemi covid-19.
Kata kunci : covid-19, daring, modul pembelajaran, siswa kelas VIII.
Unduhan
Referensi
-Agustina, Irnin. 2017. Bahan Ajar Modul. Surakarta: UNS
Anugraha, Andi. 2020. Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 10 No. 3, September 2020: 282-289
Fatikhah, Ismu, dan Izzat, Nurma. 2015. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Bermuatan Emotion Quotient pada Pokok Bahasan Himpunan. Jurnal EduMa Vol. 4 No. 2 Desember 2015
Hasanah, Jamilatul. 2017. Analisis Pengaruh Media Iklan terhadap Minat Beli Pada Kartu Perdana Telkomsel (Survei Pada Masyarakat Desa Jambewungu Kab. Bondowoso). Jemebr: Fakultas Ekonomi Muhammadiyah Jember
John, Dewey. ___. Unsur-unsur Modul Pembelajaran. https://www.silabus.web.id/unsur-unsur-modul-pembelajaran/. Diakses pada 19 Desember 2020 pukul 19.00
Kuntjojo. 2019. Metodologi Penelitian. Kediri: ___
Mastura, Santaria, Rustan. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Agustus 2020
Mufidah, Izzatul. 2014. Mengembangan Modul Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Hubungan Masyarakat Kelas X APK 2 di SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP)
Nasution, Hamni Fadlilah. 2016. Instrumen Penelitian dan Urgensinya Dalam Penelitian Kuantitaif. Padangsidimpuan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan
Prasetio, Anggun Dwi. 2019. Persepsi Siswa terhadap Modul Nihongo Kyoukasho sebagai Bahan Ajar Bahasa Jepang Kelas X IPA IPS SMAK Yski Semarang. Skripsi. Semarag: UNNES
Putri, Ananda. 2020. Persebaran Virus COVID-19 di Indonesia. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 2, No. 1, Tahun 2020
Santoso, Sugeng, dkk. 2018. Penerapan Tri Hita Karana untuk Membentuk Karakter Siswa Taman Kanak-kanak dalam Menuju Indonesia Emas 2045. Paper. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Satuan Tugas (Satgas) Penganan COVID-19 Indonesia. 2020. Peta Persebaran. www.covid-19.go.id/peta-persebaran. Diakses pada 16 Desember 2020, pukul 16.00
Siyoto, Sandu, dan Sodik, Ali 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing
Wicaksono, Vicky Dwi, dan Rachmadyanti, Putri. 2018. Pembelajaran Blended Learning melalui Google Classroom di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 DE_Journal (Dharmas Education Journal)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten