PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP OPTIMISME DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA AKHIR DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.56667/de_journal.v5i1.1194Keywords:
Dukungan Sosial, Optimisme, SkripsiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Optimisme Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Akhir Di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan sosial mahasiswa akhir di Kota Medan masih tergolong rendah hingga sedang bila ditinjau dari kategorisasi skor total. Tingkat optimisme mahasiswa akhir secara keseluruhan tergolong cukup tinggi. Sebanyak 73% responden berada pada kategori tinggi, 25,7% pada kategori sedang, dan hanya 1,3% pada kategori rendah. Pada dimensi optimisme (permanence, pervasiveness, dan personalization), mayoritas responden konsisten berada pada kategori tinggi, dengan aspek personalization (86%) menunjukkan tingkat optimisme paling dominan. Hal ini menggambarkan bahwa mahasiswa akhir memiliki keyakinan kuat bahwa usaha pribadi mereka berperan penting dalam pencapaian keberhasilan akademik. Hasil uji asumsi menunjukkan bahwa data terdistribusi normal dan hubungan antarvariabel bersifat linear. Uji regresi linear sederhana memperlihatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan optimisme mahasiswa akhir. Koefisien korelasi (R) sebesar 0,451 menunjukkan adanya hubungan positif dengan kekuatan sedang, sementara nilai determinasi (R²) sebesar 0,204 menunjukkan bahwa dukungan sosial memberikan kontribusi sebesar 20,4% terhadap variasi optimisme. Sisanya, sebesar 79,6%, dipengaruhi oleh faktor lain seperti efikasi diri, motivasi intrinsik, kondisi psikologis, dan faktor lingkungan akademik.
Downloads
References
Alvina, S., & Dewi, F. I. R. (2017). Pengaruh Harga Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Mahasiswa Dengan Pengalaman Bullying Di Perguruan Tinggi. Psibernetika, 9(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30813/Psibernetika.V9i2.472
Amelia, Y., Tatiyani, T., & Sovitriana, R. (2022). Dukungan Sosial Dan Kepribadian Terhadap Penyesuaian Diri Pada Masa Pensiun Karyawan Di Perumperuri Karawang. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 51–62. Https://Journals.Upi-Yai.Ac.Id/Index.Php/Psikologikreatifinovatif/Issue/Archive
Amiroh, S. (2018). Pemanfaatan Pojok Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Siswa Kelas Iv Di Mi Taufiqiyah Semarang Skripsi. Https://Eprints.Walisongo.Ac.Id/Id/Eprint/14304
Andari, T. W., Utami, A. D. W., Satrio, P. U. D., & Arif, S. (2023). Optimisme Dalam Poster Digital Bonus Demografi Pada Akun Instagram Presiden Joko Widodo. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(07), 534–543. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58812/Jmws.V2i07.514
Arrosyidah, S. (2022). Hubungan Antara Regulasi Diri Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas X Yang Mengerjakan. Universitas Islam Sultan Agung.
Budiati, Y. M., & Muhadi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua Dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) Di Sma Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Akuntansi, 15(2), 27–36. Https://Doi.Org/10.24071/Jpea.V15i2.4600
Desiningrum, D. R. (2015). Kesejahteraan Psikologis Lansia Janda/Duda Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Dukungan Sosial Dan Gender. Jurnal Psikologi Undip, 13(2), 102–106. Https://Doi.Org/10.14710/Jpu.13.2.102-201
Fitri, K. (2020). Hubungan Optimisme Dengan Kebersyukuran Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Uin Ar-Raniry Banda Aceh Di Masa Pandemi Covid-19. Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Https://Repository.Ar-Raniry.Ac.Id/Id/Eprint/14809
Girindani, W. A., & Elisa, N. N. (2022). Dukungan Sosial Dan Penerimaan Diri Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Down Syndrome. Jpk (Jurnal Pendidikan Khusus), 18(2), 107–112. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21831/Jpk.V18i2.46996
Hamidah, H. M. N. H. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Tingkat Stres Pada Anak Broken Home Di Desa Ngranget Dagangan Madiun. Iain Ponorogo.
Haryani, M. E. (2022). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan Rekognisi Pembelajaran Lampau (Rpl) Dalam Menyusun Skripsi Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022. Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Http://Repo.Stikesbethesda.Ac.Id/Id/Eprint/2344
Hasanah, M., & Hakim, D. L. (2022). Kemampuan Literasi Matematis Pada Soal Matematika Pisa Konten Quantity Dan Konten Change And Relationship. Juring (Journal For Research In Mathematics Learning), 5(2), 157. Https://Doi.Org/10.24014/Juring.V5i2.13785
Karunia, R. M., Puspaningtyas, A., & Rohim, A. I. (2018). Implementasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Di Surabaya Studi Pada (Kampung Kreatif Putat Jaya) Surabaya. Administrasi Negara, 1–10.
Kemendikbud, H. D. P. T. (2020). Praktik Baik Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi Masa Pandemi Covid-19. Siaran Pers Nomor : 030/Sipers/Iv/2020.
Kintama, A. Y., Larasati, D. A., & Yuliana, L. (2021). Bimbingan Skripsi Daring Selama Pademi Covid-19 Pada Mahasiswa Pgsd Uwks: Hambatan Dan Solusi. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57–71.
Mahendra, O. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Dan Penerimaan Diri Dengan Resiliensi Pada Penderita Kanker Payudara Di Rsud Arifin Achmad Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Http://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/Id/Eprint/58760
Nor Afifah Humaira, & Dyta Setiawati Hariyono. (2024). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self-Regulated Learning Pada Remaja Pprsar Mulia Satria. Jurnal Psikologi, 1(4), 14. Https://Doi.Org/10.47134/Pjp.V1i4.2865
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26–33. Https://Doi.Org/10.31289/Tabularasa.V2i1.284
Pambudhi, Y. A., Abas, M., Marhan, C., & Fajriah, L. (2022). Strategi Coping Stress Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Amal Pendidikan, 3(2), 110–122.
Pasyola, N. E., Abdullah, A. M., & Puspasari, D. (2021). Peran Parenting Self-Efficacy Dan Optimisme Terhadap Psychological Well-Being Ibu Yang Memiliki Anak Intellectual Disability. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 131–142.
Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di Smkn Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal Of Finance, Entrepreneurship, And Accounting Education Research, 1(3), 192–207. Https://Doi.Org/Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akuntansi Di Smkn Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal Of Finance, Entrepreneurship, And Accounting Education Research, 1(3), 192-207.
Putra, E. D. O. P. (2022). Hubungan Self Efficacy Dengan Stress Mahasiswa Rekognisi Pembelajaran Lampau (Rpl) Dalam Menyelesaikan Skripsi Di Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2022. Stikes Bethesda Yakkum Yogyakarta. Http://Repo.Stikesbethesda.Ac.Id/Id/Eprint/2179
Putri, A., Darmayanti, N., & Menanti, A. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. Jiva: Journal Of Behaviour And Mental Health, 4(1). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30984/Jiva.V4i1.2528
Rabbani, M. R., & Wahyudi, H. (2023). Pengaruh Academic Self-Efficacy Terhadap Stress Akademik Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(1), 202–211. Https://Doi.Org/10.29313/Bcsps.V3i1.5188
Rahman, N. M. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Regulasi Diri Terhadap Resiliensi Pada Muallaf. Fakultas Psikologi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta. Https://Doi.Org/Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/50268
Sajidah, N. A. (2018). Dukungan Sosial Pada Komunitas Angklung Di Yogyakarta. Jurnal Fakultas Psikologi.
Saraswaty, D., Abdurrahmat, A. S., & Novianti, S. (2020). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dan Pengetahuan Dengan Perilaku Pengendalian Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya. Journal Health & Science : Gorontalo Journal Health And Science Community, 2(2), 283–295. Https://Doi.Org/10.35971/Gojhes.V2i2.5272
Sari, D. M. P., Lestari, C. Y. D., Putra, E. C., & Nashori, F. (2018). Kualitas Hidup Lansia Ditinjau Dari Sabar Dan Dukungan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(2), 131–141.
Sarina, S. (2022). Gambaran Psychological Well-Being Pekerja Sosial Dian Bersinar Foundation Medan. Jurnal Diversita, 4(1), 16. Https://Doi.Org/10.31289/Diversita.V4i1.1567
Siregar, N. P. S., Menanti, A., & Hasanuddin, H. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Regulasi Diri Belajar Terhadap Resiliensi Pada Siswa Sma Tunas Harapan Mandiri Rantau Prapat. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 5(1), 284–292. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V5i1.1200
Sophia Shearly, S. (2024). Peran Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Keterbukaan Diri Pada Mahasiswa. Universitas Islam Indonesia.
Utami, A. J. L., & Zukarnaen, R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Xi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (Spltv). Prosiding Sesiomadika, 2(1b), 448–458.
Wicaksono, R. P. (2011). Faktor-Fakor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 [Skripsi]. Universitas Diponegoro, Semarang.
Yunita, Y. (2023). Pengaruh Penyesuaian Sosial, Dukungan Sosial Dan Keterampilan Sosial Sebagai Moderator Pembentukan Perilaku Sosial Siswa Di Sekolah. Indonesian Journal Of Social Science Education (Ijsse), 5(1), 41–50.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten