PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI BILANGAN BULAT DI KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.559Keywords:
Pembelajaran, Contextual Teaching Learning, Berpikir Kritis, Bilangan BulatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP swasta deli murni sukamaju T.A 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan quasi eksperiment dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas VII SMP Swasta Deli Murni Sukamaju dan Sampel penelitian ini menggunakan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol dan kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dengan bentuk essay yang telah diuji cobakan. Soal essay yang digunakan sebanyak 5 soal pre-test dan 5 soal post-test dengan menggunakan indikator operasional kemampuan berpikir kritis pada materi bilangan bulat. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa kelas eksperimen memberi pengaruh lebih dari pada kelas kontrol. Dimana t hitung > t tabel (3,6 > 1,98) maka dari itu ada pengaruh model pembelajaran CTL terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi bilangan bulat di kelas VII SMP swasta deli murni sukamaju T.A 2024/2025.
Downloads
References
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Menggunakan Media Kartu Terhadap Minat Belajar Ipa Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (Jpfs), 3(1), 6–12. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.52188/Jpfs.V3i1.76
Ahrisya, L., Praherdhiono, H., & Adi, E. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Tema 9 Subtema 1 Di Mi Ypsm Al Manaar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 306–314.
Arsyad, A., Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 6(2), 185–204.
Bahri, S. (2019). Pengaruh Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema Daerah Tempat Tinggalku Di Sdn Sumbersari 01 Jember. Http://Repository.Unej.Ac.Id//Handle/123456789/94226
Bange, E. M., Han, N. A., Wileyto, P., Kim, J. Y., Gouma, S., Robinson, J., Greenplate, A. R., Hwee, M. A., Porterfield, F., & Owoyemi, O. (2021). Cd8+ T Cells Contribute To Survival In Patients With Covid-19 And Hematologic Cancer. Nature Medicine, 27(7), 1280–1289.
Damayanti, S. D., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2020). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Tipe Higher Order Thinking Skills. Jurnal Alphaeuclidedu, 1(2), 59–69.
Hajerina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smpn 18 Sigi Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(2), 113–122. Https://Doi.Org/10.24256/Jpmipa.V5i2.270
Harahap, T. D., Husein, R., & Suroyo, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Berpikir Kritis. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 3(3), 972–978. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V3i3.462
Haris, P. A. A. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbantuan Media Boneka Tongkat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Di Sdn Kebonsari 01 Jember. Http://Repository.Unej.Ac.Id/Handle/123456789/89278
Imamah, N. (2022). Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv). Iain Kudus.
Kartikasari, A. D. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel Ipa Materi Perubahan Wujud Benda. Sittah: Journal Of Primary Education, 1(1), 57–66. Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V1i1.2074
Mandasari, N., & Rosalina, E. (2021). Jurnal Basicedu. 5(3).
Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Kimia. Journal Of The Indonesian Society Of Integrated Chemistry (On Progress), 13(1), 58–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Jisic.V13i1.14507
Sachdeva, S., & Eggen, P.-O. (2021). Learners’ Critical Thinking About Learning Mathematics. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 16(3), Em0644.
Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan Iai Agus Salim, 2(3), 1–7.
Seri, E. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Virus Di Kelas X Mia1 Sma Negeri 1 Bubon Aceh Barat. Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).
Setyani, M. R. (2018). Analisis Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. Https://Doi.Org/10.30738/Wa.V1i2.1413
Sugiyono, D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan.
Suprayogi, I. H., Sarjana, K., & Kurniati, N. (2019). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii-G Smp Negeri 5 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 1(2), 124–130.
Syuhada, F. A., Dalimunthe, M., Sari, W. S. N., & Sihombing, J. L. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Media Lks Untuk Meningkatkan Kerjasama Danhasil Belajar Kimia Siswa. Js (Jurnal Sekolah), 4(2), 150–157. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24114/Js.V4i2.17971
Wulandari, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di Min 8 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Uin Raden Intan Lampung.
Yanala, N. C., Uno, H. B., & Kaluku, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Di Smp Negeri 4 Gorontalo. Jambura Journal Of Mathematics Education, 2(2), 50–58.
Yusransal, Y., Agustina, A., Arifah, M., Nurliana, N., Kurniawan, A., Ismail, N., Amiruddin, A., & Salfiyadi, T. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Pada Tema Panas Dan Perpindahannya Melalui Model Pembelajaran Take And Give Di Kelas V Sd Negeri Reudeup Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Guru Kita Pgsd, 6(3), 309. Https://Doi.Org/10.24114/Jgk.V6i3.36590
Zulfa, K., Santosa, A. B., & William, N. (2020). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Terhadap Hasil Belajar Tematik. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 4(2), 101–111. Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V4i2.74
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten