PENGARUH FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP PENGALAMAN BELAJAR MAHASISWA DI STIE GANESHA
DOI:
https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i3.1203Keywords:
Fasilitas Perpustakaan, Pengalaman Belajar, MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas perpustakaan terhadap pengalaman belajar mahasiswa di STIE Ganesha yang dilaksanakan bulan Oktober 2024. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan fokus menggali secara mendalam peran fasilitas perpustakaan, seperti ketersediaan koleksi buku, ruang baca, dan akses internet, dalam mendukung proses pembelajaran mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas perpustakaan memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi, efektivitas, serta kepuasan belajar mahasiswa. Wawancara mendalam dengan mahasiswa yang aktif menggunakan perpustakaan mengungkapkan bahwa fasilitas yang baik mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar, serta memperkuat interaksi antar mahasiswa dalam kerja kelompok. Namun, penelitian ini juga menemukan beberapa kendala yang menghambat pemanfaatan optimal fasilitas perpustakaan, seperti terbatasnya koleksi buku pada mata pelajaran tertentu, jumlah ruang baca yang tidak mencukupi, serta keterbatasan koneksi internet. Kendala ini dapat mengurangi kenyamanan dan efektivitas belajar mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan fasilitas perpustakaan melalui penambahan koleksi buku yang lebih variatif dan terkini, perluasan ruang baca yang lebih nyaman, serta peningkatan akses internet yang stabil. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengalaman belajar mahasiswa dan mendukung prestasi akademik mereka secara maksimal di STIE Ganesha.
Downloads
References
Akbar, A., Aplisalita, W. O. D., & Rusadi, L. O. (2021). Fungsi Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 203–212. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i1.286
Amalia, D. A. (2023). Pengaruh Minat Baca Dan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.18860/Dsjpips.V2i4.4115
Andriani M, D. (2018). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Terhadap Minat Baca Siswa Di Smk Negeri 4 Makassar [Diploma, Universitas Negeri Makassar]. Https://Eprints.Unm.Ac.Id/12017/
Arikanto, S. (2016). Manajemen Perpustakaan Dalam Mendukung Kualitas Layanan Di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 12(1), 45–60.
Astanto, T., Saefullah, A., Ardianto, M., Pambudi, R., Sarkum, S., Ahhari, A., & Saputri, H. (2023). Peran Closed Circuit Television (Cctv) Dalam Meningkatkan Keamanan Di Kampus Stie Ganesha. Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (Emba), 2(03), Article 03. Https://Doi.Org/10.34152/Emba.V2i03.849
Bandura, A. (1986). Social Foundations Of Thought And Action: A Social Cognitive Theory. Prentice Hall.
Candra, H., Fadli, A., Saefullah, A., Pardian, R., Ramayanti, P. N., Saputri, H., Sutariyono, S., Asmana, Y., & Kusnaedi, U. (2024). Pelatihan Pemutakhiran Akun Sinta Dan Akun Bima Bagi Dosen Tetap Stie Ganesha, Jakarta. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(2), 1247–1256. Https://Doi.Org/10.31764/Jpmb.V8i2.22858
Dame, J., Tiwow, G., & Sumangkut, J. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Internet Dan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Korespondensi Siswa Kelas X Jurusan Manajemen Perkantoran Dan Layanan Bisnis Smk Negeri 1 Tondano. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.53682/Jpeunima.V3i2.5606
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). Intrinsic And Extrinsic Motivations: Classic Definitions And New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 54–67. Https://Doi.Org/10.1006/Ceps.1999.1020
Frediyanto, D. (2012). Pengaruh Fasilitas Perpustakaan Dan Pelayanan Pustakawan Terhadap Minat Baca Masyarakat Di Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali. Https://Digilib.Uns.Ac.Id/Dokumen/28188/Pengaruh-Fasilitas-Perpustakaan-Dan-Pelayanan-Pustakawan-Terhadap-Minat-Baca-Masyarakat-Di-Perpustakaan-Daerah-Kabupaten-Boyolali
Gusti, G. P., & Hilda. (2023). Metode Penelitian Eksperimen Untuk Pemula: Edisi Pertama. Wawasan Ilmu.
Jalaluddin, M. (2021). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (Jpaii), 2(2), 23–27. Https://Doi.Org/10.37251/Jpaii.V2i2.593
Mayadevi, R. A. A. (N.D.). Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pengguna Di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro.
Molyaningrum, N., & Suyata, P. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris Siswa. Lingtera, 8(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.21831/Lt.V8i1.12657
Muhaimin, H., Santosa, S., & Abdullah, R. (2022). Peran Dan Efektivitas Pelayanan Perpustakaan Dalam Mengembangkan Literasi Di Kota Mojokerto: (Studi Kasus Di Perpustakaan Kota Mojokerto). Journal Of Governance And Policy Innovation, 2(2), 86–93. Https://Doi.Org/10.51577/Jgpi.V2i2.339
Nartin, Faturrahman, Deni, A., Santoso, Y. H. S., S. E. ,. S. Sos, Paharuddin, Suacana, I. W. G., Indrayani, E., Utama, F. Y., S. Pd, Tarigan, W. J., & Eliyah. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. Cendikia Mulia Mandiri. Https://Books.Google.Co.Id/Books?Hl=En&Lr=&Id=43ejeqaaqbaj&Oi=Fnd&Pg=Pa71&Dq=Metode+Penelitian+&Ots=Ddamqypviu&Sig=Rxiqwrdktna0jlxcl1cdxgahpey&Redir_Esc=Y#V=Onepage&Q=Metode%20penelitian&F=False
Pardian, R., Fadli, A., Fahri, F., Saefullah, A., Tahang, M., Candra, H., Ramayanti, P. N., Arda, D. P., & Siregar, F. G. (2024). Penyusunan Rencana Strategis Dalam Rangka Transformasi Stie Ganesha Menuju Universitas Graha Ganesha. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1868–1880. Https://Doi.Org/10.31004/Cdj.V5i1.25685
Rahmawati, N. (2020). Rahmawati, N. (2020). Peningkatan Kualitas Layanan Perpustakaan Melalui Pengembangan Teknologi Dan Kolaborasi Edukatif. Jurnal Manajemen Perpustakaan, 12(2), 145-158. Jurnal Manajemen Perpustakaan, 12(2), 145–158.
Rizky, C. A. N., & Amin, S. (2023). Pengaruh Minat Baca Dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Prestasi Siswa Pada Pelajaran Ips. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 56–67. Https://Doi.Org/10.18860/Dsjpips.V2i1.2621
Saefullah, A., Sutiharni, Indriyani, Nurhidayati, Budyartati, S., & Marhawati. (2024). Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Hibah Penelitian Dan Pengabdian Di Lldikti Wilayah 3 Jakarta. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.51214/00202404899000
Santoso, O. F. (2021). Pengaruh Penilaian Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Daerah Perpusda Sidoarjo [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. Http://Etheses.Uin-Malang.Ac.Id/54267/
Slamet, W. (2018). Peran Fasilitas Perpustakaan Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Efektivitas Belajar Mahasiswa. J. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(2), 85–97.
Tukunang, T. T., Tamboto, H. J., & Pontoh, J. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Bolaang. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.53682/Jpeunima.V5i1.9718
Wiyarsih, W., Widarto, I., & Fathurohmah, M. (2023). Pengalaman Pengguna Dalam Memanfaatkan Learning Space Perpustakaan. Media Informasi, 32(1), 83–96. Https://Doi.Org/10.22146/Mi.V32i1.6888
Yuliani, R. (2019). Analisis Keterbatasan Fasilitas Perpustakaan Dalam Mendukung Kebutuhan Akademik Mahasiswa. Jurnal Pengelolaan Perpustakaan, 8(3), 210–223.
Yusuf, A., Dami, S., & Aminin, S. (2024). Pengaruh Fasilitas Pembelajaran Dan Kinerja Mengajar Guru Terhadap Efektivitas Belajar Siswa Sd Negeri Bumi Setia Kecamatan Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Poace: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24127/Poace.V4i1.4427
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dharmas Education Journal (DE_Journal)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Makalah yang disampaikan diasumsikan tidak mengandung bahan propietary yang tidak dilindungi oleh hak paten