PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS MURID SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Deswita Deswita Universitas Terbuka Indonesia
  • Hasnawati Hasnawati Universitas Terbuka Indonesia
  • Yumiati Yumiati Universitas Terbuka Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1207

Kata Kunci:

Berdiferensiasi, Berfikir Kreatif, Kemandirian Belajar.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen pada kelas IV SD N 32 Tanjuang Bonai. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah semua murid kelas IV SDN 32 Tanjuang Bonai yang terdiri dari dua kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A dan kelas IV B. Instrumen digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes dan angket. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Rata-rata gain score N-Gain kelas eksperimen sebesar 0, 72 dan kelas kontrol sebesar 0,46. Sedangkan mengenai hubungan pembelajaran berdiferensiasi dengan kemandirian belajar siswa diperoleh besar t-hitung pada t-tabel sebesar 0,758 < 2,069 maka menolak Ha dan menerima H0 maka dapat disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abida. (2017). Abida, Rahma (2017) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Teknologi Tepat Guna Terhadap Keterampilan Berpik ir Kreatif dan Retensi Kelas X SMA Negeri 14 Bandar Lampung Pada Materi Pencemaran Lingk ungan. In Undergraduate thesis, UIN Raden Int.

Ahmad, P. T. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 21(2).

Arfani, L. (2016). Mengurai hakikat pendidikan, belajar dan pembelajaran. Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, 11(2), 81–97.

Ariani, R. (2019). Analisis Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan dalam Pengembangan Multimedia Interaktif. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 5(2), 155–162.

Armandita, P. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas Xi Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi Analysis the Creative Thinking Skill of Physics Learning in Class Xi Mia 3 Sman 11 Jambi City. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 129.

Barabai. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 8 Barabai. Jurnal Pembelajaran, 1(2), 89–100.

Dewanti, S. S. (2011). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Bangsa Melalui Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4(1), 29–37.

Diana, P. Z., Wirawati, D., & Rosalia, S. (2020). Blended Learning dalam Pembentukan Kemandirian Belajar. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 9(1), 16.

Firdaus. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENGATASI KEBERAGAMAN TINGKAT KETANGGAPAN SISWA – SISWI DI UPT SDN 25 GRESIK. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(1), 2135–2147.

Hidayati, K. (2012). Improving Instruments Of Students’ Self-Regulated Learning. Jurnal Administrasi Pendidikan, 3(1).

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25.

Marlina. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Upaya Meningk atkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sek olah Inklusif. Technical Report. PLB FIP UNP, Padang. Technical Report, 3(1).

Maulida. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS IX MTs WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN. In (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

Onde, O. (2020). INTEGRASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) ERA 4.0 PADA PEMBELAJARAN BERBASIS TEMATIK INTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(2).

Ramdani, M., & Apriansyah, D. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN BERFIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–7.

Siburian, R. (2019). Penerapan Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 1–3.

Sriyanti. (2019). Evaluasi pembelajaran matematika. In Uwais Inspirasi Indonesia.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung : Alfabeta, CV.

Yusuf. (2018). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Pembelajaran Guided Discovery. Prosiding Seminar Nasional Universitas Pekalongan, 4(1), 84–91.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-08

Cara Mengutip

Deswita, D., Hasnawati, H., & Yumiati, Y. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIS MURID SEKOLAH DASAR. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1207

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.