TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-HUDA BUMIAYU DI MASA PEMBELAJARAN DARING

Penulis

  • Amanda Tasya Puspita Univeristas PGRI Semarang
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Univeristas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.639

Kata Kunci:

Kemandirian Belajar, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Abstrak

Pandemi Covid-19 lalu mengakibatkan perubahan pada pengelolaan sistem pendidikan di Indonesia. Pemerintah memberi kebijakan untuk menerapkan pembelajaran daring (online) agar proses pembelajaran tetap dapat dilaksanakan. Tujuan yang ingin diraih dari penelitian salah satunya agar mengetahui tinggi atau rendahnya tingkat kemandirian belajar siswa dimasa pembelajaran daring. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif survey. Populasi penelitian antara lain semua siswa kelas XII SMK Al-Huda Bumiayu. Sampel yang diambil 106 siswa dengan memanfaatkan teknik Sampling Jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala kemandirian belajar melalui google form. Hasil penelitian menunjukan 77,3% siswa memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi, bisa dilihat dari persiapan sebelum mengikuti pembelajaran seperti membuat jadwal belajar tambahan untuk memenuhi target belajar tercapai, membuat ringkasan materi, mempelajari materi dari berbagai referensi, menganggap tugas yang diberikan guru merupakan tantangan yang harus diselesaikan. Jika dilihat dari jenis kelamin perempuan cenderung memiliki kemandirian yang tinggi dibanding laki-laki sebanyak 55 responden. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat kemandirian belajar dimasa pembelajaran daring dengan kategori tinggi. Meskipun dari keseluruhan siswa mampu secara mandiri mengatur proses pembelajarannya tetapi masih ada sebagian siswa yang masih belum bisa mengatur waktu belajarnya. Guru masih menjadi pusat dalam proses pembelajaran dan mendominasi aktivitas belajar mengajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, F., & Ibda, H. (2021). Desain Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran Daring. In Qahar Publisher.

Ali, M., & Asrori, M. (2008). Psikologi Perkembangan Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara,. Hal.

Ciotti, M., Ciccozzi, M., Terrinoni, A., Jiang, W. C., Wang, C. Bin, & Bernardini, S. (2020). The COVID-19 pandemic. In Critical Reviews in Clinical Laboratory Sciences. https://doi.org/10.1080/10408363.2020.1783198

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects. https://doi.org/10.1007/s11125-020-09464-3

Firdaus, F. (2020). IMPLEMENTASI DAN HAMBATAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID 19. Utile: Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Handayani, A. S., & Ariyanti, I. (2020). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Disaat Pandemi Covid-19. UrbanGreen Conference Proceeding ….

Kusuma, D. A. (2020). DAMPAK PENERAPAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF-REGULATED LEARNING) MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI SELAMA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Marhayani, D. A. (2020). Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD dalam Perkuliahan Secara Daring Pada Masa Pademi Covid-19. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2156

Mariana, D. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Siswa SD Pada Masa Pandemi Covid-19. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Muhali. (2018). Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas pada Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Onah, D. F. O., & Sinclair, J. E. (2017). Assessing Self-Regulation of Learning Dimensions in a Stand-alone MOOC Platform. International Journal of Engineering Pedagogy (IJEP). https://doi.org/10.3991/ijep.v7i2.6511

Pujiriyanto, P. (2021). Pembelajaran menyenangkan sebagai upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Epistema. https://doi.org/10.21831/ep.v2i1.40129

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE).

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sumarmo, U. (2002). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada Peserta Didik Oleh: Utari Sumarmo, FPMIPA UPI. Academia.Edu.

Sundari, S., Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2233

Surahman, E., Santaria, R., & Setiawan, E. I. (2020). Tantangan Pembelajaran Daring di Indonesia. JKelola: Journal of Islamic Education Management.

Widodo, L. S., Prayitno, H. J., & Widyasari, C. (2021). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar melalui Daring dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom. Jurnal Basicedu.

Yusri, D., Dausat, J., & Yukl, A. (2020). Analisis Kemandirian Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring ( Studi Tentang Model dan Penerapannya di MTs Swasta Zakiyun Najah Sei Rampah ). Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam.

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-02

Cara Mengutip

Puspita, A. T. ., Rakhmawati, D. ., & Ismah, I. (2022). TINGKAT KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XII SMK AL-HUDA BUMIAYU DI MASA PEMBELAJARAN DARING. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 89–95. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.639

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.